Alat Musik Rindik Khas Bali, Perangkat Musik Tradisional Kombinasi Angklung dan Gamelan

Alat Musik Rindik Khas Bali

via Setting The World To Right

Budaya yang dimiliki oleh masyarakat Bali memang sudah lama terkenal memiliki keunikannya tersendiri. Di waktu yang sama, budaya Bali juga begitu kental dengan adanya campuran unsur Jawa. Ada begitu banyak bukti yang memperlihatkan kehadiran unsur Jawa, salah satunya adalah keberadaan alat musik rindik khas Bali.

Alat Musik Rindik Khas Bali 3 1024x644 » Alat Musik Rindik Khas Bali, Perangkat Musik Tradisional Kombinasi Angklung dan Gamelan

via Bagi-in

Alat musik rindik khas Bali ini merupakan sebuah perangkat musik tradisional yang kerap digunakan oleh masyarakat Bali. Rindik mereka manfaatkan untuk beragam perhelatan tari tradisional di Bali, termasuk di antaranya adalah ketika pementasan tari pendet, tari barong, dan sebagainya.

Sejarah Alat Musik Rindik Khas Bali

Keberadaan alat musik rindik di Bali tidak lepas dari kehadiran Kerajaan Majapahit di masa lalu. Anda dapat menelusuri sejarah rindi di Bali saat Wengker yang kini disebut Ponorogo, melakukan pemberontakan terhadap Kerajaan Majapahit. Padahal, waktu itu angklung reyog khas Weengker menjadi senjata kerajaan dan dipakai sebagai alat musik.

Alat Musik Rindik Khas Bali 2 1024x915 » Alat Musik Rindik Khas Bali, Perangkat Musik Tradisional Kombinasi Angklung dan Gamelan

via DWPK BRI Wina

Situasi kemudian diperburuk ketika pasukan Majapahit menginjakkan kaki ke Bali. Mereka kesulitan untuk membawa gamelan serta angklung. Di waktu yang sama, mereka juga tidak bisa membuat kedua alat musik tersebut. Akhirnya, terciptalah alat musik rindik khas Bali yang bisa dibilang merupakan perpaduan dari gamelan serta angklung reyog.

Alat Musik Rindik Khas Bali yang Memiliki Bentuk Sangat Unik

Ketika melihat bentuk dari alat musik ini, Anda mungkin akan terheran-heran. Penampilan dari alat musik rindik dari Bali memang begitu unik. Anda bisa menjumpai alat musik ini sengaja dibuat dari bahan bambu layaknya sebuah angklung. Hanya saja, cara penggunaan alat musik rindik tidak digoyang-goyang dengan tangan, melainkan dipukul seperti sebuah gamelan.

Proses pembuatan alat musik ini memanfaatkan bambu yang sudah dipotong-potong dan diatur ukurannya. Biasanya, Anda akan menjumpai potongan bambu berjumlah antara 11 buah hingga 13 buah. Seperti halnya gamelan, masing-masing potongan bambu pada alat musik rindik khas Bali ini akan menghasilkan suara tertentu. Ketika ukurannya kecil, rindik menghasilkan suara dengan nada tinggi. Sementara itu, bambu berukuran besar punya nada rendah.

baca juga: Monumen Tri Yudha Sakti Singaraja, Monumen Bersejarah Simbol Perjuangan Pahlawan Buleleng

Alat Musik Rindik Khas Bali 1 » Alat Musik Rindik Khas Bali, Perangkat Musik Tradisional Kombinasi Angklung dan Gamelan

via Setting The World To Right

Selanjutnya, potongan bambu yang dipakai untuk rindik itu ditempatkan pada sebuah tempat atau pelawah. Potongan bambu berukuran paling besar sengaja ditempatkan pada sudut paling kiri. Sementara itu, sudut yang ada di kanan menjadi tempat untuk potongan bambu berukuran paling kecil.

Ketika memainkan alat musik rindik khas Bali ini, Anda akan menjumpai nada pentatonic atau laras slendro dengan 5 nada utama. Untuk memainkannya, Anda juga akan membutuhkan 2 alat pukul yang dibuat dari bahan karet dan sengaja didesain dengan ukuran berbeda. Pemukul berukuran besar dipakai untuk memukul bagian kiri, sementara itu, pemukul berukuran kecil dipakai pada bagian sebelah kanan.

baca juga: Tradisi Tumpek Kandang di Bali, Bentuk Rasa Kasih Sayang Pada Hewan Peliharaan

Untuk memainkan alat musik rindik, Anda harus menggunakan dua tangan sekaligus. Cukup sulit untuk memainkan rindik, karena harus memiliki kemampuan khusus. Tangan bagian kanan berguna untuk memainkan kotekan. Sementara itu, bagian kiri berfungsi untuk memainkan melodi.

Saat ini, keberadaan alat musik rindik dari Bali sudah sangat mengakar di masyarakat. Bahkan, nama alat musik ini juga sudah sangat dikenal luas. Kalau mau, Anda juga bisa membeli perangkat musik ini dengan sangat mudah.