Anjing Ras Kintamani, Anjing Asli Bali yang Lucu dengan Penampilan Mirip Siberian Husky

anjing ras kintamani

Anjing ras jenis siberian husky punya tampilan yang lucu dengan bulu tebalnya. Nah, Anda bakal tidak menyangka kalau Indonesia memiliki anjing ras yang punya penampilan mirip anjing dari Rusia tersebut. Anjing tersebut adalah anjing ras kintamani yang dikenal sebagai anjing asli Bali. Popularitas anjing ini juga begitu tinggi, baik di tingkat nasional ataupun mancanegara.

Seperti halnya anjing siberian husky, anjing ras kintamani merupakan anjing yang hidup di kawasan ketinggian. Anjing ini dapat dijumpai dengan begitu mudah di kawasan Kintamani dengan ketinggian mencapai 1.000 meter di atas permukaan laut (mdpl). Oleh karena itu, tidak heran kalau anjing kintamani punya bulu tak kalah tebal dibandingkan siberian husky.

anjing ras kintamani 1 » Anjing Ras Kintamani, Anjing Asli Bali yang Lucu dengan Penampilan Mirip   Siberian Husky

via Wikipedia

Anjing Ras Kintamani Adalah Anjing Ras Indonesia

Dulu, banyak yang beranggapan kalau anjing kintamani bukan merupakan anjing asli dari Indonesia. Anjing ini disangka sebagai anjing hasil persilangan antara anjing lokal dengan anjing chow-chow. Bulu tebal yang dimiliki anjing kintamani, dianggap berasal dari anjing chow-chow yang dikenal sebagai salah satu anjing ras tertua berasal dari Tiongkok.

baca juga: Fakta Unik dan Menarik Pawai Ogoh-Ogoh Saat Perayaan Nyepi di Bali

Namun, sebuah penelitian yang dilakukan oleh tim Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Universitas Udayana Bali mengungkapkan fakta berbeda. Anjing ras ini terbukti merupakan bagian dari anjing ras yang hidup di Indonesia. Keberadaannya terbentuk oleh suasana hutan pegunungan yang begitu banyak dijumpai di kawasan Kintamani.

Selain itu, anjing kintamani juga telah terdaftar di Federasi Kinologi Internasional. Federasi ini melakukan pencatatan mengenai keaslian anjing ras dari sebuah negara. Oleh karena itu, Anda akan mendapati sertifikat yang berisi data mengenai silsilah anjing kintamani. Dengan sertifikat tersebut, keaslian dari anjing ras ini akan selalu terjaga dan bisa diketahui asal-usulnya.

baca juga: Berenang Bersama Ikan Mola-Mola, Aktivitas Seru Saat Liburan ke Nusa Penida

Terbiasa hidup di hutan pegunungan, anjing kintamani terkenal sebagai anjing dengan ketangkasan tinggi. Selain itu, anjing ini juga memiliki sikap waspada tinggi, yang menjadikannya sebagai opsi tepat untuk anjing penjaga. Selain itu, anjing kintamani juga punya nilai kesetiaan tinggi kepada pemiliknya.

Anjing ras kintamani memiliki tingkat keramahan yang begitu besar. Anda akan mendapati anjing ini sebagai anjing yang senang bersahabat dengan manusia. Apalagi, daya ingat yang dimiliki oleh anjing kintamani juga begitu tajam. Oleh karena itu, anjing ini menarik untuk dipilih sebagai teman bermain di rumah.

Ciri-Ciri Anjing Ras Kintamani dari Bali

Anjing ini bisa Anda temui dalam 3 pilihan warna. Tiga warna tersebut adalah hitam, putih, cokelat, serta hitam. Anjing ini juga memiliki usia yang begitu panjang. Anda bisa mendapati anjing ras kintamani yang mampu bertahan lebih dari 20 tahun.

baca juga: Tradisi Mesbes Bangke Bali, Tradisi Mencabik Mayat saat Ngaben yang Kontroversial

Selain itu, ada pula perilaku unik yang membedakan anjing ras kintamani dengan anjing lain. Kebiasaan tersebut adalah menggali lubang yang kemudian digunakan sebagai tempat melahirkan. Lubang di tanah itu, selanjutnya akan dimanfaatkan oleh anjing kintamani sebagai tempat untuk mengasuh anaknya.

Anjing kintamani memiliki tinggi antara 40 cm sampai 55 cm. Mayoritas warna rambut dari anjing ini adalah putih dengan warna kemerahan pada beberapa bagian tubuhnya. Selain itu, anjing ini juga memiliki kaki panjang dengan tumit tanpa tajir.

Tertarik untuk mengadopsi dan memelihara anjing asli Bali ini?