Ayam Betutu Pak Man, Pilihan Kuliner Khas Bali yang Dijamin Kehalalannya

Ayam Betutu Pak Man

via Lyta Amp Family

Mencicipi kuliner ayam betutu jadi aktivitas wajib ketika berlibur ke Bali. Namun, kalau Anda ragu dengan kehalalannya, bisa memilih berkunjung ke Ayam Betutu Pak Man. Di sini, para pengunjung bisa mendapatkan menu olahan ayam khas Bali yang disajikan dengan jaminan halal. Apalagi, warung tradisional ini telah mendapatkan sertifikasi halal MUI.

Dengan adanya sertifikat halal MUI tersebut, traveler muslim bisa mencicipi kuliner ayam betutu khas Bali yang lezat tanpa perlu khawatir. Perlu diketahui, ayam memang bukan bahan makanan yang diharamkan untuk umat Islam. Namun, ketika menu tersebut diolah oleh masyarakat Bali yang dalam kesehariannya juga terbiasa memakan daging babi atau bahan-bahan yang haram menurut Islam, tentu bisa muncul cerita lain, kan?

Ayam Betutu Pak Man 2 » Ayam Betutu Pak Man, Pilihan Kuliner Khas Bali yang Dijamin Kehalalannya

via Ninda Hardi

Suasana Sederhana di Rumah Makan Ayam Betutu Pak Man

Memasuki area bagian dalam warung tradisional ini, Anda akan mendapati suasana yang begitu khas pedesaan. Penampilan warung ini didominasi oleh bahan bambu yang terlihat begitu eksotis berwarna kekuningan. Meski sederhana, suasana di warung makan ini tetap terlihat elegan. Apalagi, pihak pengelola selalu menjaga kebersihannya.

Ayam Betutu Pak Man 3 » Ayam Betutu Pak Man, Pilihan Kuliner Khas Bali yang Dijamin Kehalalannya

via Ninda Hardi

Ruangan makan di Rumah Makan Ayam Betutu Pak Man juga memiliki kapasitas yang cukup besar. Setiap meja, bisa ditempati oleh empat orang. Meja-meja tersebut dilengkapi dengan kursi kayu yang sederhana dan meja berukuran tidak terlalu besar. Meja ini pun cukup untuk menjadi tempat menyantap ayam betutu khas Bali bersama seluruh anggota keluarga.

baca juga: Sate Lilit Khas Bali, Kuliner Pulau Dewata yang Menjadi Favorit Wisatawan

Pilihan Menu di Rumah Makan Ayam Betutu Pak Man

Dikenal sebagai Rumah Makan Ayam Betutu Pak Man, tidak heran kalau warung ini menyediakan menu utama berupa ayam betutu. Ayam ini biasa disajikan dalam kondisi utuh. Ayam biasanya dibersihkan bagian dalamnya, kemudian dibalur menggunakan bumbu genep dan selanjutnya dicampur menggunakan minyak kelapa. Pemakaian minak kelapa ini begitu khas Bali, dan kerap dijumpai dalam beragam kuliner khas Pulau Dewata.

Ayam Betutu Pak Man 1 1024x768 » Ayam Betutu Pak Man, Pilihan Kuliner Khas Bali yang Dijamin Kehalalannya

via Lyta Amp Family

Selanjutnya, bumbu akan dicampur dengan daun singkong dan selanjutnya dimasukkan ke bagian dalam perut ayam. Ketika bumbu telah merata pada seluruh tubuh, ayam kemudian diikat sehingga bumbunya tidak keluar. Biasanya, ayam pun akan direbus selama beberapa jam dengan tujuan bumbu bisa meresap ke dalam daging ayam. Setelah direbus, proses pemasakan masih belum berhenti, tapi harus dibakar terlebih dahulu. Alternatif lain, Anda juga bisa mencicipi ayam betutu yang digoreng.

Dengan proses pemasakan yang cukup lama dan rumit, tidak heran kalau banyak orang yang enggan membuat kuliner yang satu ini. Sebagai gantinya, bisa menyantapnya secara langsung ketika berkunjung ke warung seperti Rumah Makan Ayam Betutu Pak Man ini. Apalagi, di sini wisatawan juga bisa menjumpai beberapa kuliner khas Bali lainnya, termasuk di antaranya adalah sate lilit ataupun plecing kangkung.

Mengenai harganya, Rumah Makan Ayam Betutu Pak Man mematok banderol ayam betutu dengan tarif tidak terlalu mahal. Dengan mengeluarkan uang sekitar Rp100 ribu, Anda bersama anggota keluarga sudah bisa menyantap ayam betutu sampai puas di tempat ini. Sebagai pelengkap, biasanya ayam betutu akan disajikan bersama dengan sambal matah.

Cara Menuju Lokasi Rumah Makan Ayam Betutu Pak Man

Lokasi dari rumah makan ini cukup gampang dijangkau, beralamat di Jl. Kubu Anyar Nomor 72x, Kuta. Lokasi tersebut bisa dengan mudah dijangkau dari Bandara Internasional Ngurah Rai. Anda hanya cukup berkendara sekitar 10 menit setelah menjejakkan kaki di bandara. Oleh karena itu, tak heran kalau Anda bisa secara langsung mampir ke sini setelah sampai ke bandara.