Ayam Keren Khas Bali, Kuliner Mewah yang Menjadi Sajian Khusus Raja Bangli di Masa Lalu


Olahan menu ayam bisa ditemukan dalam berbagai bentuk ketika Anda berkunjung ke Bali. Ayam betutu memang menjadi jenis makanan yang paling terkenal. Namun, betutu bukanlah satu-satunya makanan olahan ayam yang enak. Kalau ingin mencicipi kuliner yang mewah di zaman dulu, Anda perlu mencoba masakan yang disebut ayam keren khas Bali.

Ayam Keren Khas Bali
via Masbroo

Nama makanan ini memang sangat unik, ayam keren. Masyarakat Bali, menyebut makanan ini dengan sebutan be keren. Cara pembuatan ayam keren hampir mirip dengan ayam betutu. Hanya saja, ayam keren merupakan kuliner yang spesial di Bali. Alasannya, karena makanan ini dikenal sebagai sajian yang secara khusus diberikan kepada raja-raja Bangli di masa lalu.

Perbedaan Cara Membuat Ayam Keren dengan Ayam Betutu Khas Bali

Seperti yang telah disebutkan, proses pembuatan ayam betutu memang tak jauh berbeda dibandingkan dengan ayam keren. Bahkan, cara memasak ayam keren, butuh waktu yang sangat lama. Anda tidak bisa meminta makanan ini tersaji dalam waktu singkat. Seperti halnya ketika membuat betutu, waktu memasak ayam keren memakan waktu hingga 12 jam.

baca juga: Bali Elephant Camp Plaga, Pengalaman Tak Terlupakan Bermain-main dengan Gajah

Ayam Keren Khas Bali
via Youtube

Cara pembuatan ayam keren biasanya menggunakan seekor ayam yang dipotong dalam kondisi utuh. Selanjutnya, ayam tersebut perlu dibersihkan dan kemudian dilumuri dengan minyak kelapa. Selain ayam, Anda juga bisa pula mencoba untuk membuat masakan keren ini dengan bahan utama berupa daging bebek.

Selanjutnya, Anda perlu menyiapkan berbagai bahan untuk membuat bumbu. Bumbu-bumbu tersebut cukup mudah didapatkan, di antaranya adalah bawang putih, bawang merah, asam, garam, serta rempah-rempkah khas Bali. Semua bumbu tersebut dihaluskan dan kemudian dicampur menjadi satu.

baca juga: Wisata Gratis Menyaksikan Proses Pembuatan Cokelat di Sorga Chocolate Karangasem

Setelah itu, bumbu bisa anda balurkan pada ayam yang sudah siap. Tahap berikutnya, Anda perlu membungkus ayam tersebut menggunakan pelepah daun pinang. Cara memasaknya juga tidak bisa dimasak dengan kompor. Metode memasak yang dipakai adalah slow cook dengan cara menggunakan bara api yang berasal dari sekam. Selain sekam, Anda juga bisa memanfaatkan serabut kelapa.

Ayam Keren Khas Bali yang Menjadi Kuliner Langka

Cara pembuatan ayam be keren khas Bangli ini memang tidak terlalu sulit. Hanya saja, proses yang diperlukan untuk membuatnya sangat panjang. Oleh karena itu, Anda bakal cukup kesulitan dalam menjumpai makanan ini. Kalau ingin menikmati santapan makanan berupa ayam be keren, Anda perlu berkunjung secara langsung ke Kabupaten Bangli yang merupakan tempat asal makanan ini.

baca juga: Wisata Paragliding Bukit Riug, Aktivitas Menantang Menikmati Keindahan Pantai Pandawa dari Ketinggian

Di sini, Ada beberapa lokasi warung yang sudah lama dikenal dan masih berupaya untuk memproduksi ayam be keren khas Bangli. Anda dapat memilih untuk berkunjung ke warung ayam keren yang terletak di Jl. Serma Semanggi Nomor 3, Bangli. Selain itu, bisa pula mempertimbangkan untuk berkunjung ke rumah Ibu Agung Sugantini yang berasal dari Puri Kelodan Bangli.

Harga ayam be keren khas Bali yang unik dan langka ini tidak terlalu mahal. Anda dapat membawa pulang satu ekor masakan ayam be keren cukup dengan mengeluarkan biaya sekitar Rp100 ribu. Bahan yang digunakan untuk membuatnya juga membuat makanan ini cocok bagi wisatawan muslim yang ingin menikmati makanan halal di Bali. Harga yang cukup murah untuk kuliner ayam dengan durasi memasak sangat lama, kan?


Like it? Share with your friends!

Imam Baihaki