Babi Genyol Khas Bali, Kuliner Tradisional yang Selalu Hadir saat Perayaan Galungan

Babi Genyol Khas Bali

via Bali Go Live

Babi guling menjadi jenis makanan tradisional berbahan babi yang begitu terkenal di Bali. Namun, tahukah Anda bahwa ada deretan kuliner babi lainnya yang tak kalah lezat dimiliki oleh masyarakat Pulau Bali. Contohnya adalah babi genyol khas Bali. Menariknya, makanan ini dulunya dikenal sebagai jenis kuliner yang selalu ada dalam setiap perayaan Hari Raya Galungan.

Babi genyol khas Bali juga kerap disebut dengan nama be genyol. Makanan ini biasanya dibuat dengan menggunakan bahan utama berupa daging serta kulit babi. Tak lupa, pembuatan babi genyol Bali juga disertai dengan lemak babi dalam jumlah yang begitu banyak. Pemrosesannya sendiri dilakukan dengan cara digoreng.

Babi Genyol Khas Bali 3 » Babi Genyol Khas Bali, Kuliner Tradisional yang Selalu Hadir saat Perayaan Galungan

via Tokopedia

Babi Genyol Khas Bali yang Selalu Hadir saat Perayaan Galungan

Ada alasan tersendiri kenapa babi genyol khas Bali menjadi jenis makanan yang kerap dijumpai saat masyarakat Bali mengadakan perayaan Galungan. Seperti umumnya perayaan hari raya, ketika mendekati momen Hari Raya Galungan, masyarakat Bali berbondong-bondong akan menyediakan makanan dalam jumlah besar. Pada momen ini, Anda akan mendapati begitu banyak masyarakat Bali yang berbondong-bondong memotong babi.

Babi Genyol Khas Bali 2 » Babi Genyol Khas Bali, Kuliner Tradisional yang Selalu Hadir saat Perayaan Galungan

via Bali Puspa News

Pada situasi seperti itu, tidak heran kalalu masyarakat Bali memiliki stok persediaan daging babi dalam jumlah begitu banyak. Oleh karena itu, masyarakat Hindu Bali kemudian berusaha mengolah daging babi dalam beragam jenis masakan. Nah, babi genyol khas Bali merupakan jenis olahan yang kerap dipilih ketika menghadapi momen seperti itu.

Ada begitu banyak alasan kenapa masyarakat Bali lebih memilih mengolah daging babi menjadi masakan babi genyol. Salah satunya adalah karena cara pembuatan babi genyol khas Bali relatif jauh lebih mudah dibandingkan dengan jenis olahan babi lainnya. Apalagi, kalau dibandingkan dengan babi guling.

Cara Pembuatan Nasi Babi Genyol Khas Bali

Untuk membuat nasi babi genyol khas Bali yang enak, bahan utama yang diperlukan tentu saja adalah daging babi. Dalam memilih daging babi yang dipakai juga tidak sembarangan. Usahakan untuk memakai daging babi dengan lemak yang begitu banyak. Selanjutnya, daging babi yang sudah dipotong dalam ukuran kecil tersebut, dicampur dengan bumbu base genep khas Bali.

Babi Genyol Khas Bali 1 1024x768 » Babi Genyol Khas Bali, Kuliner Tradisional yang Selalu Hadir saat Perayaan Galungan

via Bali Go Live

Bumbu base genep khas Bali bisa Anda tumis terlebih dahulu sampai harum. Selanjutnya, Anda dapat memasukkan daging babi berlemak ke dalam bumbu tumis tersebut. Masak sampai warna daging babi mengalami perubahan. Selanjutnya, Anda dapat menambahkan bumbu lainnya, seperti kecap manis, merica, gula, serta garam.

Untuk proses pemasakan yang sempurna, gunakan api kecil sampai daging babi memiliki tekstur yang lunak dan empuk. Setelah itu, Anda pun bisa menyajikan babi genyol khas Bali dengan disertai nasi hangat. Sebagai pelengkap, Anda juga dapat menyertai makanan ini dengan pelengkap seperti lawar ataupun sambal matah.

Warung Nasi Babi Genyol Khas Bali yang Enak

Nah, kalau Anda enggan memasak sendiri, tak ada salahnya untuk mencari warung yang menawarkan menu tradisional Bali ini secara lezat. Pilihan terbaiknya adalah Nasi Be Genyol Men Pera. Di sini, Anda bisa mencicipi babi genyol khas Bali dengan rasa yang terbaik. Tekstur daging babi akan terasa begitu kenyal, layaknya jelly.

Harga seporsi nasi babi genyol di Be Genyol Men Pera juga tidak mahal. Anda dapat menikmati makanan ini cukup dengan mengeluarkan biaya hanya Rp15 ribu rupiah. Lokasi warung ini bisa Anda temukan di alamat Jl. Raya Denpasar Singaraja, Banjar Werdhi Bhuana, Mengwi.