Bali Art Center Denpasar, Pilihan Tepat Menelusuri Budaya Kesenian Unik Khas Bali

Bali Art Centre Denpasar

Bali Art Center Denpasar atau Taman Budaya Bali merupakan bangunan yang ditujukan sebagai tempat pelestraian budaya serta pengembangan pusat kesenian Bali. Sebuah taman budaya yang digagas oleh mantan gubernur pertama, yaitu Ida Bagus Mantra. Beliau merupakan seorang pemimpin yang begitu peduli dengan nilai-nilai budaya.

Bali Art Center Denpasar juga merupakan salah satu tempat wisata yang menjadi destinasi wisata oleh para wisatawan. Anda yang berkunjung ke Art Centre akan banyak mengetahui mengenai kebudayaan serta kesenian, sehingga selain anda dapat bersenang-senang anda dapat menambah pengetahuan anda.

Bali Art Centre Denpasar adalah komplek bangunan yang memiliki luas kurang lebih 5 hektar. Dengan gaya arsitektur tradisional Bali, bangunan-bangunan yang ada disini begitu kokoh dan indah. Dilengkapi juga dengan taman-taman yang tertata rapi dan juga terdapat sebuah anak sungai yang berada di area taman.

Komplek bangunan yang ada di Bali Art Center Denpasar terbagi menjadi beberapa, seperti komplek bangunan suci, yang meliput Pura Taman Beji, Bale Selonding, Bale Pepaosan, dan lainnya. Kemudian terdapat komplek bangunan tenang, yang meliputi Perpustakaan Widya Kusuma, tempat ini merupakan tempat menyimpan buku-buku tentang sejarah Bali.

baca juga: Menikmati Keindahan Kesenian Jegog, Seni Gamelan Khas Jembrana

Komplek bangunan setengah ramai, meliputi Studio Patung, Gedung Pameran Mahudara, Gedung Kriya, Wisma Seni dan Wantilan, tempat ini adalah aula tempat pameran seni Bali. Dan selanjutnya adalah komplek bangunan ramai yang meliputi, Panggung terbuka Ardha Candra dan Panggung tertutup Ksirarnawa, keduanya ini berada di selatan sungai.

Pesta Kesenian Bali di Bali Art Center Denpasar

Sebuah acara tahunan yang rutin diselenggarakan di Bali Art Centre Denpasar adalah Pesta Kesenian Bali atau PKB. Biasanya diadakan pada pertengahan Juni – Juli. Waktu-waktu tersebut sering bertepatan dengan liburan sekolah. Jadi anda dapat memanfaatkan waktu liburan untuk menikmati serunya Pesta Kesenian Bali.

baca juga: Puri Anyar Kerambitan, Sajikan Pertunjukan Beragam Kesenian Tradisional Bali

Pada saat ada even PKB akan terdapat berbagai pagelaran seni pada setiap harinya. Anda dapat menyaksikan beragam pagelaran seperti Joged Bung-bung, Tari Bondres, kreasi baru, wayang, seni tabuh dan masih banyak lagi tergantung pada Duta seni setiap Kabupaten Balii yang akan mementaskan. Tidak hanya dari Bali, terdapat juga duta luar hingga mancanegara.

Selain pertunjukan seni, terdapat juga berbagai pameran seni seperti seni pahat, seni lukis, kain batik, kerajinan emas dan perak, serta berbagai kerajinan dan kearifan lokal dengan harga yang lebih murah serta terjangkau.

Beragam keseruan dapat anda saksikan di Art Centre Bali ini. Bagi anda yang ingin menikmati beragam kesenian tersebut anda tidak akan dikenai biaya tiket masuk.

Lokasi Dan Jam Buka Bali Art Centre Denpasar

Bali Art Center Denpasar 1 » Bali Art Center Denpasar, Pilihan Tepat Menelusuri Budaya Kesenian Unik Khas Bali

Jam buka dari Art Centre ini adalah setiap hari Senin – Kamis pukul 08.00 – 14.00 WITA, untuk hari Jumat – Minggu buka mulai pukul 08.00 – 12.00 WITA. Jika even Pesta Kesenian Bali diselenggarakan tempat ini tidak pernah tutup dan akan buka hingga pukul 22.00 WITA. Untuk hari libur nasional Art Centre akan tutup.

Bagi anda yang tertarik untuk datang ke Bali Art Centre Denpasar ini, langsung saja anda menuju lokasinya di Jalan Nusa Indah Denpasar Bali, tepat di tengah – tengah kota Denpasar. Lokasinya cukup mudah untuk dijangkau apabila anda dari kawasan Kuta, Sanur, maupun Tanjung Benoa. Apabila dari bandara Ngurah Rai maka akan menempuh perjalanan sekitar 45 menit hingga 1 jam.

gambar via Rental Mobil Bali