Bali Elephant Camp Plaga, Pengalaman Tak Terlupakan Bermain-main dengan Gajah

Bali Elephant Camp Plaga

Bermain-main dengan gajah yang dikenal sebagai salah satu mamalia terbesar bisa jadi pengalaman menarik dan tak terlupakan selama di Bali. Apalagi, kalau Anda punya kesempatan untuk berinteraksi secara langsung tanpa terhalang oleh jarak. Pengalaman seperti ini bisa Anda dapatkan ketika berkunjung ke Bali Elephant Camp Plaga.

Bali Elephant Camp Plaga 1 » Bali Elephant Camp Plaga, Pengalaman Tak Terlupakan Bermain-main dengan Gajah

Bali Elephant Camp Plaga dikenal sebagai tempat wisata sekaligus pelatihan untuk para gajah. Di tempat ini, para gajah hidup secara bebas dalam kondisi tanpa disertai dengan rantai besi. Di waktu yang sama, gajah-gajah tersebut juga telah memperoleh pelatihan dari para pawang. Dengan begitu, mereka tidak akan membahayakan siapapun di sekitarnya.

baca juga: Serunya Pengalaman Naik Gajah di Taro Elephant Safari Park Ubud

Bali Elephant Camp Plaga Sebagai Upaya Perlindungan Gajah Sumatera

Pendirian tempat ini memang memiliki potensi wisata besar. Potensi wisata itu juga sudah dimanfaatkan dengan menetapkan tarif masuk kepada para wisatawan yang datang berkunjung. Di waktu yang sama, keberadaan Bali Elephant Camp juga merupakan upaya untuk melindungi eksistensi gajah sumatera di Indonesia.

Gajah-gajah yang ada di Bali Elephant Camp secara langsung didatangkan dari Way Kambas dan Pekanbaru. Di sini, para gajah tersebut diperlakukan dengan baik. Mereka memang dimanfaatkan untuk aktivitas wisata. Hanya saja, kegiatan para gajah dibatasi agar tidak terlalu berlebihan.

baca juga: The Chedi Club Tanah Gajah Ubud, Vila Mewah untuk Liburan Keluarga Nyaman di Bali

Bali Elephant Camp Plaga 3 » Bali Elephant Camp Plaga, Pengalaman Tak Terlupakan Bermain-main dengan Gajah

Ketika gajah tersebut sakit, pihak pengelola Bali Elephant Camp menyediakan tenaga dokter hewan berpengalaman. Selain itu, para dokter tersebut juga memastikan bahwa tidak ada gajah yang mengalami obesitas di sini. Selain itu, Bali Elephant Camp juga memiliki perlakuan khusus untuk gajah-gajah yang hamil. Tak heran kalau Anda dapat pula menjumpai keberadaan gajah kecil yang lucu di sini.

Aktivitas Wisata di Bali Elephant Camp Plaga

Ketika berkunjung ke tempat ini, aktivitas utama yang bisa Anda lakukan tentu saja adalah berinteraksi secara langsung dengan para gajah sumatera. Tak ketinggalan, Anda juga dapat melakukan aktivitas trekking menaiki gajah berkeliling area Bali Elephant Camp.

Bali Elephant Camp Plaga 4 » Bali Elephant Camp Plaga, Pengalaman Tak Terlupakan Bermain-main dengan Gajah

Selama beraktivitas di area Bali Elephant Camp Plaga, Anda juga akan disuguhkan dengan pemandangan alami yang begitu menenangkan. Apalagi, Anda dapat menjumpai keberadaan Sungai Ayung di kawasan ini. Keberadaan sungai ini memang terlihat begitu spesial, karena dikenal sebagai salah satu sungai terpanjang yang ada di Pulau Bali.

baca juga: Pura Goa Gajah Ubud, Pura Tertua dengan Desain Arsitektur yang Mengagumkan

Biaya dan Lokasi Bali Elephant Camp Plaga

Untuk mencoba aktivitas seru bermain-main dengan para gajah, Anda perlu mengeluarkan uang dalam jumlah yang cukup besar. Tiket masuk untuk anak-anak, dipatok dengan harga berkisar di angka Rp600 ribuan. Sementara itu, tiket untuk orang dewasa mencapai angka Rp1,1 jutaan. Kalau mau, Anda juga dapat menggunakan paket tiket masuk keluarga.

Bali Elephant Camp Plaga bisa Anda jumpai di Desa Carangsari di Kecamatan Sangeh. Meski begitu, Anda tidak perlu datang secara langsung ke lokasi pusat pelatihan gajah ini. Ketika Anda memesan tiket masuk secara online, tersedia fasilitas antar jemput dari beberapa lokasi di Pulau Bali, termasuk di antaranya adalah di Ubud, Sanur, Seminyak, Kuta, dan Legian.

Ketika berpartisipasi dalam kegiatan ini, Anda tidak hanya bisa bersenang-senang. Anda juga memiliki peran langsung dalam menjaga kelangsungan gajah sumatera yang ada di Bali.

Foto via True Bali Experience