Be Pasih Mesambel Matah, Kuliner Seafood Tradisional Bali yang Enak dan Menyegarkan

Be Pasih Mesambel Matah

Makanan pedas menjadi jenis kuliner yang paling enak disantap kalau ingin membuat tubuh jadi lebih segar. Hanya saja, catatan penting yang perlu diperhatikan, jangan sampai perut Anda mengalami hal yang tak diinginkan gara-gara makanan yang terlalu pedas. Di Bali, Anda dapat menjumpai makanan pedas dengan cukup mudah. Ada banyak variasi yang bisa dipilih. Untuk opsi kuliner seafood, be pasih mesambel matah jadi solusi yang menarik.

Ketika mendengar namanya, Anda mungkin sudah bisa mengasosiasikan makanan ini dengan sambal. Apalagi, namanya mencatut kata mesambel matah, yang tak lain adalah sambal matah. Sambal yang satu ini memang sudah sangat populer, dikenal sebagai sambal mentah yang menawarkan cita rasa pedas dan menyegerkan. Sementara itu, be pasih merupakan kata yang memiliki arti ikan laut.

Dengan perpaduan kata tersebut, Anda sudah bisa memperoleh gambaran dari kuliner tradisional Bali ini. Be pasih mesambel matah merupakan perpaduan antara ikan laut yang biasanya diolah dengan cara dibakar, dengan sambal matah khas Bali. Sebagai tambahan, biasanya ditambahkan berbagai jenis bumbu khas Bali yang membuat kuliner ini semakin terasa nikmat.

baca juga: Mencicipi Kuliner Ayam Bakar Taliwang Bedugul di Warung Makan Halal As-Siddiq

Be Pasih Mesambel Matah 2 1024x768 » Be Pasih Mesambel Matah, Kuliner Seafood Tradisional Bali yang Enak dan Menyegarkan

Bahan-Bahan Membuat Be Pasih Mesambel Matah Khas Bali

Untuk pembuatan ikan bakar dengan sambal matah khas Bali ini, caranya tidak terlalu sulit. Tidak ada patokan jenis ikan yang harus Anda gunakan. Anda bisa menggunakan berbagai jenis ikan laut. Dengan kondisi seperti ini, Anda bisa memilih jenis ikan laut sesuai dengan selera, seperti ikan kakap, ikan tengiri, ataupun ikan tongkol. Hanya saja, Anda perlu memastikan bahwa ikan tersebut dalam kondisi segar.

Be Pasih Mesambel Matah 1 » Be Pasih Mesambel Matah, Kuliner Seafood Tradisional Bali yang Enak dan Menyegarkan

Tahap pertama, Anda perlu mempersiapkan bumbu yang akan dibuat. Bahan untuk bumbu di antaranya adalah bawang merah, bawang putih, cabai merah, lengkuas, cengkeh, kunyit, kencur, ketumbar, kemiri sangrai, terasi bakar, merica hitam, serta pala. Anda bisa menghaluskan bumbu-bumbu ini dan menumisnya sampai berbau harum. Setelah harum, sisihkan.

Langkah selanjutnya, Anda perlu mencampur bahan-bahan yang digunakan untuk bumbu ikan bakar. Bahan yang diperlukan di antaranya asam jawa, merica bubuk, gula pasir, jeruk nipis, daun salam, garam, serta daun pisang. Campurkan semua bahan tersebut, oleskan pada permukaan ikan. Selanjutnya, pakai daun pisang sebagai sarana untuk membungkus ikan. Kalau sudah, langkah berikutnya adalah memanggang ikan, bisa dilakukan di oven.

baca juga: Sate Kablet Khas Bali, Kuliner Sate yang Enak dan Menyehatkan

Be Pasih Mesambel Matah 3 » Be Pasih Mesambel Matah, Kuliner Seafood Tradisional Bali yang Enak dan Menyegarkan

Tahap selanjutnya, Anda dapat memulai untuk membuat sambal matah yang bakal menjadi bahan pelengkap dari ikan bakar. Kalau mau, Anda juga bisa menambahkan sambal tomat. Dalam penyajian alias langkah terakhir, Anda tinggal membubuhkan sambal matah pada permukaan ikan bakar. Cara paling enak menyantap makanan ini adalah ketika dalam kondisi hangat.

baca juga: Rujak Kuah Pindang Bu Putu, Spesialis Kuliner Rujak Khas Bali

Lalu, bagaimana kalau ingin menikmati kuliner ini selama di Bali? Tidak terlalu sulit kalau Anda ingin menikmati kuliner berupa ikan bakar sambal matah. Makanan ini secara khusus banyak dijumpai ketika Anda tengah berada di Sanur atau Jimbaran yang terkenal dengan deretan restoran seafood bertebaran sangat banyak. Dengan berkunjung ke kedua lokasi tersebut, Anda dijamin bakal menyantap kuliner seafood yang enak dan segar dari Bali ini. Tertarik untuk mencobanya?