Berburu Sunrise Cantik di Bukit Gumang Desa Bugbug

Bukit Gumang Desa Bugbug

via @tamazhu

Wisatawan yang liburan ke Bali memang lebih banyak memilih berkunjung ke area Bali selatan yang terkenal dengan keberadaan Tanjung Benoa, Pantai Kuta, Sanur, serta berbagai destinasi menarik di Kota Denpasar. Padahal, kawasan Bali yang lain sebenarnya menawarkan pesona tak kalah memukau. Bukit Gumang Desa Bugbug yang ada di Bali timur, tepatnya di Kabupaten Karangasem, merupakan salah satu bukti keindahan alam yang bisa Anda saksikan.

Bukit Gumang Desa Bugbug 1 » Berburu Sunrise Cantik di Bukit Gumang Desa Bugbug

via @supartakris.journey

Nama Bukit Gumang memang kurang begitu dikenal sebagai destinasi tempat liburan oleh para wisatawan. Namun, Bukit Gumang secara khusus merupakan nama bukit yang dikenal luas oleh masyarakat sekitar. Alasannya, karena di sini terdapat Pura Puncak Bukit Gumang yang secara rutin melaksanakan upacara yang disebut Ngusaba Gumang yang dilakukan setiap 2 tahun sekali. Dalam setiap perhelatannya, Ngusaba Gumang selalu ramai oleh umat Hindu Bali.

Sunrise Indah dengan Pemandangan Gunung Agung dan Lombok di Bukit Gumang Desa Bugbug

Di sisi lain, Bukit Gumang merupakan wilayah yang masih terjaga keasriannya. Suasana asri yang tersebut, menjadikan Bukit Gumang sebagai tempat yang tepat untuk berburu pemandangan matahari terbit. Dari puncak Bukit Gumang, Anda punya kesempatan untuk memperoleh pemandangan yang spektakuler. Anda tidak hanya menemukan pemandangan berupa laut lepas, tetapi juga kemegahan Gunung Agung yang merupakan gunung paling megah dan tertinggi di seantero Bali.

Bukit Gumang Desa Bugbug 2 » Berburu Sunrise Cantik di Bukit Gumang Desa Bugbug

via @tamazhu

Perburuan pemandangan matahari terbit di Bukit Gumang yang ada di Desa Bugbug tidak terlallu sulit. Trekking di sini sangat cocok bagi wisatawan yang ingin menjaga kebugaran. Aktivitas trekking juga bisa dilakukan dalam waktu yang cukup singkat. Anda hanya perlu menempuh perjalanan berjalan kaki selama kurang lebih 40 menit untuk bisa sampai ke area puncak. Momen pagi hari menjadi waktu yang tepat bagi Anda untuk bisa memperoleh pemandangan terbaik Bukit Gumang.

Untuk mencoba aktivitas trekking menuju puncak Bukit Gumang, Anda tidak perlu membayar tiket masuk apapun alias gratis. Kawasan ini bukanlah area wisata. Oleh karena itu, berkunjung ke Bukit Gumang menjadi pilihan menarik bagi para wisatawan. Apalagi, sepanjang perjalanan, Anda bisa memperoleh suguhan pemandangan yang indah. Sesampainya di puncak bukit, Anda bisa menemukan keberadaan Pura Bukit Gumang.

Bukit Gumang Desa Bugbug 3 » Berburu Sunrise Cantik di Bukit Gumang Desa Bugbug

via @sugik_antara22

Saat berada di puncak, Anda tidak perlu khawatir merasa kesepian. Area puncak Bukit Gumang memiliki suasana yang masih sangat asri. Selain pura, Anda juga akan menemukan kawanan monyet liar yang menempati area hutan. Anda bisa mencoba bermain-main dengan monyet tersebut. Namun, Anda perlu waspada dengan menjaga setiap barang bawaan. Selanjutnya, jangan lupa pula untuk bersantai sambil menikmati pemandangan berupa Pulau Lombok serta Gunung Rinjani di kejauhan. Sementara itu, Gunung Agung terlihat begitu memesona di sini.

Cara Menuju Lokasi Bukit Gumang di Karangasem

Ketika Anda memilih berkunjung ke bukit ini, pastikan untuk memilih waktu yang tepat. Pemandangan matahari terbit dari Bukit Gumang terlihat paling cantik ketika memasuki musim kemarau, yang biasanya berlangsung antara Bulan April hingga Oktober. Selain itu, Anda juga perlu berangkat pagi buta untuk bisa menyaksikan pemandangan matahari terbit yang indah. Jangan lupa pula untuk membawa persediaan makanan kecil dan minuman agar tidak kelaparan selama di puncak bukit.

Bukit Gumang Desa Bugbug 4 » Berburu Sunrise Cantik di Bukit Gumang Desa Bugbug

via @sugik_antara22

Selanjutnya, Anda bisa menuju ke Bukit Gumang yang lokasinya berada tidak jauh dari Pantai Bugbug. Taman Bunga Teratai di Candidasa yang fenomenal juga berada sangat dekat dengan Bukit Gumang, berjarak hanya 10 menit perjalanan berkendara. Kalau dari Denpasar, Anda bisa melakukan perjalanan berkendara melintasi Jalan Candidasa untuk bisa sampai ke sini. Durasi perjalanan yang perlu dilakukan tidak terlalu jauh, kurang lebih 1 jam 30 menit.