Berenang Bersama Ikan Mola-Mola, Aktivitas Seru Saat Liburan ke Nusa Penida

berenang bersama ikan mola-mola

via Super Adventure

Berenang dan menghabiskan waktu liburan di tengah laut memang begitu mengasyikkan. Namun, ada aktivitas tambahan yang membuat segalanya jadi lebih menarik saat Anda berenang di Nusa Penida, Bali. Di perairan Nusa Penida, Anda berkesempatan untuk memilih aktivitas berenang bersama ikan mola-mola.

Berenang Bersama Ikan Mola Mola 2 » Berenang Bersama Ikan Mola-Mola, Aktivitas Seru Saat Liburan ke Nusa Penida

via Dive Photo Guide

Ikan mola-mola dikenal sebagai salah satu ikan yang kini begitu langka dijumpai keberadaannya di lautan. Ikan ini juga kerap disebut sebagai sunfish atau ikan matahari. Namun, saat berkunjung ke Nusa Penida, wisatawan berkesempatan untuk melakukan aktivitas berenang bersama ikan mola-mola saat datang ke Crystal Bay.

baca juga: Crystal Bay Nusa Penida, Pantai dengan Air Laut Super Bening

Ikan Mola-Mola Kerap Disebut Sebagai Ikan Paling Ramah

Mencoba aktivitas berenang bersama ikan mola-mola di Nusa Penida bisa dibilang tak terlalu sulit. Anda tidak akan kesulitan dalam menjumpai ikan ini. Sebaliknya, ikan mola-mola terkenal sebagai ikan dengan tingkat keingitahuan yang tinggi. Mereka tak jarang mendatangi para penyelam yang tengah ada di sekitarnya.

Berenang Bersama Ikan Mola Mola 1 » Berenang Bersama Ikan Mola-Mola, Aktivitas Seru Saat Liburan ke Nusa Penida

via Super Adventure

Dengan kebiasaan yang dimilikinya itu, tidak heran kalau ikan mola-mola dikenal sebagai salah satu ikan yang paling ramah di lautan. Ikan ini tidak akan merasa ketakutan saat ada penyelam yang mencoba untuk berinteraksi secara langsung. Dengan perilaku seperti itu, Anda berkesempatan untuk memperoleh foto yang unik selama berenang bersama ikan mola-mola di Nusa Penida.

baca juga: Indahnya Pantai Kelingking Secret Point Nusa Penida

Membedakan ikan mola-mola dengan ikan jenis lainnya juga begitu mudah. Apalagi, ikan mola-mola punya bentuk yang begitu khas dan jauh berbeda dibandingkan dengan ikan laut yang lain. Ikan ini memiliki bentuk tubuh yang pipih dan punya sirip yang berbentuk mirip sayap pada bagian atas dan bawah tubuhnya. Ukurannya juga begitu besar, bisa mencapai ketinggian 5 meter.

Keberadaan sayap yang disebut dengan clavus tersebut kerap membuat ikan ini terlihat seperti ikan hiu. Apalagi, ketika ikan ini mencoba untuk berenang di dekat permukaan. Pada posisi ini, tidak heran kalau Anda hanya akan melihat sirip berenang tegak di atas permukaan yang begitu mirip dengan sirip ikan hiu.

baca juga: Mata Air Guyangan Nusa Penida, Sensasi Kolam Renang Alami di Pinggir Tebing

Tips Berenang Bersama Ikan Mola-Mola di Nusa Penida

Untuk mencoba pengalaman berenang bersama ikan mola-mola di Nusa Penida, Anda dapat menemukannya dengan begitu mudah. Waktu terbaik untuk bisa menjumpai keberadaan ikan mola-mola di perairan sekitar Nusa Penida adalah pada rentang antara bulan Juli sampai bulan September. Saat itulah momen kedatangan ikan mola-mola di perairan ini.

Lokasi berenang dari ikan mola-mola juga begitu mudah dijangkau. Ikan ini bukan merupakan ikan yang terbiasa berenang di lautan dalam. Sebaliknya, ikan mola-mola adalah ikan yang kerap menghabiskan waktunya untuk berenang di dekat permukaan. Alasannya, karena ikan mola-mola cenderung mencari sinar matahari. Karena itulah ikan ini disebut dengan nama sunfish.

Tak lupa, Anda juga harus tetap berupaya untuk tidak menganggu aktivitas ikan mola-mola. Hal ini penting agar keberadaan ikan eksotis ini masih terus bisa dijumpai di perairan Nusa Penida dalam masa mendatang. Dengan begitu, akan banyak wisatawan lain yang berkesempatan untuk merasakan pengalaman menarik berenang bersama ikan mola-mola.

Selanjutnya, Anda tinggal menggunakan layanan operator jasa penyelaman di Nusa Penida. Selamat berlibur dan semoga liburannya menyenangkan, ya.