Buah Wani Khas Bali, Pilihan Oleh-Oleh Antimainstream dari Pulau Dewata

Buah wani khas Bali

via Instagram

Pulau Bali menjadi salah satu pulau di Indonesia yang memiliki tanah begitu subur dan bernutrisi tinggi. Sebagai buktinya, Anda bisa menjumpai beragam pilihan pohon serta buah yang menjadi ciri khas dari Pulau Dewata. Buah wanit khas Bali merupakan salah satunya, dan bisa Anda pilih sebagai oleh-oleh saat liburan ke Pulau Dewata.

Buah yang satu ini pun memiliki ciri yang begitu khas dan berbeda dibandingkan dengan buah lain. Menariknya lagi, buah wani khas Bali juga menawarkan rasa yang tidak kalah enak dibandingkan dengan buah asli Bali lain. Cara penyajian buah ini juga bisa dilakukan dengan berbagai cara. Anda bisa memilih untuk memakannya secara langsung atau membuat rujak.

baca juga: Tips Berburu Oleh-Oleh Pie Susu Khas Bali yang Lezat

Apa Itu Buah Wani Khas Bali?

Buah Wani Khas Bali 1 » Buah Wani Khas Bali, Pilihan Oleh-Oleh Antimainstream dari Pulau Dewata

via Flora of Singapore

Dilihat dari tampilan luarnya, buah wani khas Bali memiliki bentuk yang begitu mirip dengan buah mangga. Hal ini tentu saja cukup masuk akal, karena mangga dan buah wani termasuk dalam famili serta genus yang sama, yakni famili Anacardiaceae dan genus Mangifera.

Buah wani dikenal sebagai buah yang berasal kawasan Asia Tenggara. Persebaran buah ini dapat ditemukan di berbagai wilayah. Buah dikenal dengan nama buah binjai di Kota Medan. Di Filipina, buah ini disebut dengan nama buah baluno atau buah bayuno. Buah ini sendiri memiliki nama ilmiah Mangifera caesia.

baca juga: House of Alaia Canggu, Tempat Belajar Sekaligus Mencari Oleh-Oleh Unik dari Bali

Buah wani khas Bali juga dikenal sebagai buah yang memiliki kerabat dekat dengan buah kemang. Nama buah kemang mungkin bakal lebih familier dibandingkan buah wani. Apalagi, kemang telah disematkan pada sebuah daerah yang ada di Kota Bogor. Buah ini juga menjadi salah satu buah yang begitu mudah dijumpai di Kota Bogor.

Buah Wani Khas Bali 2 1024x1024 » Buah Wani Khas Bali, Pilihan Oleh-Oleh Antimainstream dari Pulau Dewata

via K2_Fruits

Pohon dari buah wani khas Bali biasanya tumbuh dengan begitu rimbun. Seperti halnya pohon mangga, pohon wangi biasanya memiliki batang yang lurus dan bisa tumbuh begitu tinggi mencapai 30-45 meter. Selain itu, pohon ini punya kulit kayu yang beralur serta berwarna cokelat kelabu.

Wani Ngumen Menjadi Varietas Unggul dari Buah Wani Khas Bali

Buah wani khas Bali bisa ditemukan dalam berbagai varietas. Secara total, Anda bisa menjumpai sebanyak 22 jenis buah wani yang punya keunggulan masing-masing, termasuk di antaranya adalah wani madu serta wani tembaga. Dari sekian banyak varietas, buah wangi ngumen merupakan jenis buah yang unggul.

baca juga: Kerupuk Kulit Babi, Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Bali yang Enak

Buah wani ngumen memiliki keunggulan karena di dalamnya tidak terdapat biji. Hal ini bisa didapatkan karena ukuran biji dari buah wani khas Bali ini begitu kecil. Dengan begitu, buah ini pun memiliki jumlah daging yang lebih banyak. Selain itu, buah wani ngumen dari Bali ini punya aroma khas dengan rasa manis serta enak.

Di Mana Dapat Berbelanja Buah Wani Khas Bali?

Berbeda dengan buah khas Bali yang lain, budidaya buah wani memang kurang begitu digalakkan oleh masyarakat Pulau Dewata. Meski begitu, Anda dapat menjumpai keberadaan buah dari Bali ini dengan begitu mudah di pasar-pasar tradisional di Bali. Harganya juga cukup terjangkau. Hanya saja, khusus untuk buah wani ngumen memiliki banderol 3 kali lebih tinggi dibandingkan varietas buah wani lain.