Bubur Sumsum Bali, Kuliner Manis yang Enak dan Menyehatkan

Bubur Sumsum Bali

via Grid

Nama bubur sumsum menjadi jenis makanan yang begitu familier di telinga masyarakat Indonesia. Bubur jenis ini biasanya dibuat dengan bahan utama tepung beras yang kemudian disertai dengan gula merah. Nah, masyarakat Bali juga memiliki bubur sumsum Bali yang memiliki sedikit perbedaan dibandingkan dengan bubur sumsum di Jawa.

Bubur sumsum Bali tidak hanya menjadi sekadar jajanan sehari-hari. Kuliner tradisional Bali ini juga menjadi jenis makanan yang secara khusus merupakan persembahan kepada Dewata. Persembahan bubur sumsum itu dilakukan kepada Sang Hyang Widhi yang bermanifestasi dalam Dewa Sangkara, sosok dewa penguasa tumbuhan.

Persembahan kepada Dewa Sangkara dengan menggunakan bubur sumsum Bali juga menjadi wujud prinsip kehidupan masyarakat Bali, yakni Tri Hita Karana. Pembuatan bubur sumsum, merupakan bentuk menjaga hubungan baik Ida Sang Hyang Widhi, sesama manusia yang dilakukan lewat aktivitas bertukar bubur, serta upaya menjalin hubungan baik dengan lingkungan, khususnya tumbuhan.

Bubur Sumsum Bali 1 1024x1024 » Bubur Sumsum Bali, Kuliner Manis yang Enak dan Menyehatkan

via Instagram/warungjinahbali

Bubur Sumsum Bali Hijau dan Putih

Ketika berburu kuliner bubur sumsum di Bali, Anda akan menjumpai ada 2 jenis bubur sumsum. Dua jenis bubur tersebut adalah bubur sumsum putih dan bubur sumsum hijau. Cara pembuatan keduanya sama saja. Pada bubur berwarna putih, tidak ada penambahan warna. Sementara itu, bubur sumsum hijau, dibuat dengan tambahan pewarna dari daun pandan ataupun daun suji.

baca juga: 10 Kuliner khas Bali yang Wajib untuk Kamu Cicipi saat Melancong ke Pulau Dewata

Penyajian bubur sumsum Bali tidak dilakukan sendiri. Anda akan menemukan keberadaan 4 jenis jajanan tambahan yang menemaninya. Selain bubur sumsum, Anda bisa menjumpai keberadaan cendol yang berukuran kecil, ketan hitam yang direbus sampai encer, serta kolak yang dibuat dari potongan ubi serta gula merah.

Bubur Sumsum Bali 2 » Bubur Sumsum Bali, Kuliner Manis yang Enak dan Menyehatkan

via Balebegong

Anda bisa memilih untuk menyertai semua jenis jajanan tersebut dalam satu penyajian ataupun hanya beberapa di antaranya. Dengan cara penyajian seperti itu, Anda juga akan menemukan rasa yang begitu manis pada bubur sumsum Bali. Tidak hanya itu, bubur sumsum juga memiliki kandungan gizi tinggi, karena menggunakan bahan-bahan alami.

baca juga: Bubur Injin Khas Bali, Kuliner Bubur Ketan Hitam Murah Meriah yang Enak

Cara Membuat Bubur Sumsum Bali

Untuk membuat bubur sumsum, Anda bisa menyiapkan tepung beras yang kemudian disertai dengan santan kelapa, daun pandan, serta garam. Selanjutnya, Anda juga perlu membuat saus gula merah yang dibuat dengan perpaduan antara air, gula merah, daun pandan, serta gula pasir.

Bubur Sumsum Bali 3 » Bubur Sumsum Bali, Kuliner Manis yang Enak dan Menyehatkan

via Grid

Tahap pertama, Anda bisa mencampur sebagian santan, tepung beras, serta garam. Langkah berikutnya, Anda memasak sisa santan dengan api kecil. Setelah cukup lama, Anda bisa memasukkan campuran santan dan tepung beras secara perlahan dan mengaduknya.

baca juga: Bubur Mengguh Khas Buleleng, Kuliner Tradisional Mirip Bubur Ayam dari Bali

Langkah berikutnya, Anda dapat membuat saus gula merah dengan mencampur gula merah dengan air, lalu masak dengan air kecil. Ketika sudah matang, Anda bisa menyaringnya supaya saus gula merah bisa terpisah dari ampasnya. Pada tahapan ini, Anda sudah bisa menyajikan bubur sumsum Bali secara langsung.

Kalau enggan membuatnya, bubur sumsum juga bisa ditemukan dengan harga yang murah meriah di Bali. Untuk mencicipi seporsi bubur sumsum, Anda hanya perlu mengeluarkan uang kurang lebih Rp5 ribu. Murah, kan? Rasanya juga bakal cukup berbeda dibandingkan dengan bubur sumsum di Jawa. Apalagi, cara penyajiannya juga lebih lengkap.