Bukit Cemara Karangasem yang Terkenal Sebagai Spot Asyik Menikmati Kemegahan Gunung Agung


Menikmati keindahan dan kemegahan Gunung Agung di Bali dapat dilakukan dari berbagai lokasi. Pura Agung Lempuyangan menjadi spot yang terkenal terkait pemandangan seperti ini. Namun, Anda juga bisa pula menemukan panorama Gunung Agung yang tak kalah memesonanya ketika berkunjung ke Bukit Cemara Karangasem.

Bukit Cemara Karangasem 2 » Bukit Cemara Karangasem yang Terkenal Sebagai Spot Asyik Menikmati Kemegahan Gunung Agung
instagram.com/putureza

Di kalangan para wisatawan, nama Bukit Cemara yang ada di Bali Timur memang kurang familier. Nama bukit ini kalah populer kalau dibandingkan dengan bukit lain yang sudah sangat terkenal, di antaranya adalah Bukit Campuhan atau Bukit Asah. Namun, siapa sangka kalau Bukit Cemara saat ini menjelma menjadi salah satu spot favorit para petualang yang ingin menyaksikan keindahan Gunung Agung.

Jalan Terjal dan Penuh Petualangan Menuju Bukit Cemara Karangasem

Bukit Cemara ini merupakan salah satu destinasi wisata di Bali yang sepi pengunjung. Di sini, Anda bisa menikmati pemandangan yang alami sepuasnya. Anda tidak akan terganggu dengan keramaian seperti yang biasa terjadi di lokasi wisata populer. Hanya saja, pastikan Anda tetap menjaga kebersihan tempat ini sehingga keindahannya dapat pula dinikmati oleh wisatawan lain.

Bukit Cemara Karangasem 3 » Bukit Cemara Karangasem yang Terkenal Sebagai Spot Asyik Menikmati Kemegahan Gunung Agung
instagram.com/dikapebriyanta

Alasan kenapa tempat ini sepi pengunjung dan jarang didatangi wisatawan adalah karena lokasinya yang terpencil. Untuk menuju ke tempat ini, wisatawan perlu mengeluarkan tenaga ekstra. Tidak hanya itu, lokasinya juga tidak banyak orang yang tahu. Dengan begitu, saat berkeinginan menuju ke tempat ini, Anda bakal perlu bertanya ke masyarakat lokal mengenai rute agar sampai ke lokasi.

Kondisi jalanan yang perlu dilalui untuk sampai ke Bukit Cemara juga masih berupa jalan setapak. Anda tidak bisa membawa sepeda motor atau bahkan mobil. Bisa dibilang, jalur ke Bukit Cemara tak ubahnya seperti jalur pendakian. Apalagi, kondisi jalanan masih berupa tanah dan di beberapa lokasi merupakan jalan berbatu. Tidak hanya itu, kondisi jalanan juga cukup terjal dengan tingkat kemiringan tinggi.

Fenomena Gunung Agung Berkabut yang Memukau di Bukit Cemara Bali Timur

Bukit Cemara Karangasem 1 » Bukit Cemara Karangasem yang Terkenal Sebagai Spot Asyik Menikmati Kemegahan Gunung Agung
via instagram.com/nyamprut_18

Setelah melakukan perjalanan penuh perjuangan, Anda akan memperoleh pemandangan memesona di Bukit Cemara. Apalagi, ketika memilih datang ke tempat ini pada rentang antara bulan September hingga November. Pada momen ini, Bukit Cemara punya view yang spesial, yakni berupa Gunung Agung yang diselimuti oleh kabut. Pemandangan seperti ini membuat Anda seperti tengah berlibur ke negeri atas awan.

Saat berada di tempat ini, Anda bisa berlama-lama bersantai memuaskan waktu liburan. Kalau mau, Anda juga bisa membawa tenda dan berkemah di sini. Dengan begitu, Anda bisa memperoleh pemandangan matahari terbit dan terbenam yang cantik, berhiaskan Gunung Agung. Tidak hanya itu, Anda juga bisa memperoleh suguhan pemandangan laut yang ada di kejauhan.

Hanya saja, fasilitas pendukung yang ada di sini masih sangat terbatas. Anda tidak akan menemukan keberadaan tempat makan dengan berbagai menu enak. Sebaliknya, Anda hanya bisa menjumpai keberadaan warung makan berukuran kecil yang menyediakan menu kopi, teh, serta berbagai jenis camilan. Namun, keberadaannya bisa sangat membantu dalam mengganjal isi perut.

Lokasi Bukit Cemara Bali

Bukit Cemara secara administratif menjadi bagian dari wilayah Desa Jungutan di Kecamatan Bebandem. Lokasi desa ini terpisah sekitar 16 km dari pusat Kota Karangasem. Untuk sampai ke desa ini, Anda dapat memilih untuk menyusuri jalanan menuju ke lokasi Pantai Manggis. Kalau dari pusat Kota Karangasem, Anda hanya perlu menempuh perjalanan kurang lebih 15 menit untuk sampai ke sini.


Like it? Share with your friends!

Imam Baihaki