Bumbu Base Genep, Bumbu Khas yang Menjadi Rahasia Kelezatan Kuliner Bali

bumbu base genep

Wil and Wayan's Kitchen

Mencicipi masakan tradisional Bali selama liburan ke Pulau Dewata menjadi aktivitas wajib para wisatawan. Rasanya khas dan begitu lezat. Namun, tahukah Anda bahwa apapun masakan yang dibuat, ternyata bumbu yang digunakan tetap sama. Bumbu tersebut adalah bumbu base genep yang dikenal sebagai rahasia dari kelezatan setiap masakan tradisional Bali.

Beragam jenis makanan tradisional Bali yang terkenal dibuat dengan menggunakan bumbu ini. Jenis makanan tersebut termasuk di antaranya adalah sate lilit, lawar, ayam atau bebek betutu, serta beragam jenis makanan Bali lainnya. Menariknya, penggunaan bumbu ini seolah menjadi rahasia masyarakat Bali dalam menciptakan kuliner dengan rasa yang menggugah selera.

bumbu base genep 2 1024x680 » Bumbu Base Genep, Bumbu Khas yang Menjadi Rahasia Kelezatan Kuliner Bali

via Andanyways

Bumbu Base Genep Adalah Resep Warisan Leluhur

Resep bumbu base genep menjadi salah satu bukti keluhuran budaya dari masyarakat Bali. Apalagi, bumbu ini telah ada sejak 2 ribu tahun yang lalu. Catatan mengenai penggunaan base genep dalam pembuatan resep makanan tradisional Bali tercantum dalam kitab lontar peninggalan kerajaan terdahulu.

baca juga: Pesan Be Nyawan, Kuliner Langka dari Bali dengan Bahan Utama Sarang Tawon

Selain itu, ada pula sumber lain yang mengungkapkan kalau keberadaan resep base genep yang menjadi sumber kelezatan masakan Bali ada sejak abad ke 9 Masehi. Keberadaan bumbu ini merupakan hasil akulturasi budaya antara masyarakat Bali dengan para pedagang yang berasal dari India. Hal ini terasa masuk akal, apalagi melihat begitu banyaknya rempah-rempah yang ada di dalam base genep.

Makna Filosofis di Balik Bumbu Base Genep Bali

Bumbu Base Genep tidak hanya menjadi rahasia kelezatan masakan khas Bali. Resep makanan yang satu ini juga memiliki nilai filosofi tersendiri. Di dalamnya, Anda akan mendapati sebanyak lebih dari 15 jenis bumbu serta rempah-rempah. Semuanya berpadu secara harmonis menciptakan rasa masakan yang enak di lidah.

bumbu base genep 1 » Bumbu Base Genep, Bumbu Khas yang Menjadi Rahasia Kelezatan Kuliner Bali

via Wil and Wayan’s Kitchen

Dari 15 jenis bumbu tersebut, ada 4 bumbu yang menjadi unsur utama dalam base genep. Empat unsur yang dimaksud adalah cekuh (kencur), jahe, isen atau lengkuas, serta kunyit (kunir). Tak lupa, empat unsur tersebut akan memperoleh pelengkap berupa 3 unsur tambahan yang terdiri dari 2 unsur laut serta 1 unsur pengunci.

baca juga: Lawar Kuwir Pan Sinar, Pilihan Lawar Khas Bali Halal yang Legendaris

Isen dalam budaya Bali, menjadi perwakilan arah selatan yang merupakan simbol keberadaan Dewa Brahma. Kunyit dengan warna kuning berada di arah barat dan merupakan wakil dari Dewa Mahadewa. Jahe di utara dengan warna hitam merupakan simbol Dewa Wisnu. Sementara itu, cekuh yang berwana putih adalah representasi Dewa Iswara.

Cara Membuat Bumbu Base Genep Khas Bali

Masyarakat Bali membuat bumbu base genep dengan tanpa menggunakan perhitungan timbangan. Bahkan, tidak ada skala perbandingan yang ditentukan dalam pembuatannya. Sebagai gantinya, para tetua dari masyarakat Bali membuat base genep dengan memanfaatkan jari.

Jari tengah mereka gunakan untuk lengkuas. Jari telunjuk untuk mengukur kunyit. Jari manis sebagai perhitungan jahe. Sementara itu, kelingking untuk kencur. Dari jumlah 4 unsur itu, setengahnya kemudian merupakan jumlah bawang merah. Setengah bawang merah, merupakan bagian untuk bawang putih.

Selanjutnya, setengah dari jumlah bawang putih ditujukan untuk jumlah cabai. Setengah dari cabai, ditujukan untuk kebutuhan rempah-rempah. Tak lupa, Anda juga perlu membubuhkan garam serta terasi yang merupakan unsur laut. Dengan begitu, sudah ada 10 unsur yang mewakili simbol gunung dan laut pada bumbu base genep khas Bali.