Cari Oleh-Oleh Khas Bali yang Berguna? Mukena Bali Saja!

oleh-oleh mukena Bali

Membawa oleh-oleh sudah menjadi kebiasaan bagi wisatawan yang bepergian. Oleh-oleh tersebut ditujukan kepada orang-orang tersayang yang ada di rumah, seperti saudara ataupun sahabat. Nah, kalau tengah liburan ke Bali, Anda bisa memilih banyak opsi oleh-oleh khas. Salah satunya adalah oleh-oleh mukena Bali.

Oleh Oleh Mukena Bali 2 » Cari Oleh-Oleh Khas Bali yang Berguna? Mukena Bali Saja!

via Okezone

Pertama kali mendengar oleh-oleh ini, Anda mungkin cukup bingung. Apalagi, Pulau Dewata bukanlah pulau yang mayoritas berpenduduk muslim. Sebaliknya, pulau ini dikenal sebagai pulau seribu pura. Meski begitu, toleransi umat beragama di pulau ini begitu tinggi, jadi tak heran kalau Anda juga akan menemukan oleh-oleh mukena Bali sebagai salah satu ciri khas.

Keunikan Oleh-Oleh Mukena Bali

Oleh-oleh mukena Bali menjadi jenis oleh-oleh yang bakal bermanfaat bagi penerimanya. Mereka tak hanya memakai oleh-oleh ini sekali atau dua kali, tapi bakal berguna sampai mukena ini rusak. Apalagi, mukena Bali dikenal sebagai mukena yang dibuat dari bahan berkualitas dan nyaman ketika dipakai.

baca juga: Pergi ke Pulau Dewata? Jangan Lupa Bawa Oleh-Oleh Joger Bali, Ya!

Mukena Bali juga punya ciri khas yang tak dipunyai oleh mukena biasa. Oleh-oleh mukena bali biasanya dibuat menggunakan bahan rayon dengan beragam jenis motif. Motif-motif tersebut di antaranya adalah tato, bunga, kupu-kupu, serta tumbuhan. Dengan motif tersebut, pemakaiannya bakal membuat Anda percaya diri ketika dipakai untuk salat di masjid ataupun bersama pasangan.

Mengenai pilihan warnanya, mukena bali juga bisa dijumpai dalam beragam opsi. Anda bisa menemukan mukena yang terbuat dari kain berwarna putih. Selain itu, ada pula mukena yang dibuat dengan kain berwarna. Oleh karena itu, pemilihan warnanya bisa disesuaikan dengan selera masing-masing.

baca juga: House of Alaia Canggu, Tempat Belajar Sekaligus Mencari Oleh-Oleh Unik dari Bali

Keuntungan Membeli Oleh-Oleh Mukena Bali

Ada beberapa keuntungan yang bisa diperoleh ketika Anda memilih membawa pulang oleh-oleh berupa mukena Bali, di antaranya adalah:

1. Lebih berkesan
Oleh-oleh yang satu ini memberikan kesan yang lebih dalam kepada penerimanya. Apalagi, mukena Bali memiliki karakteristik adem dan nyaman ketika dipakai.

2. Awet
Oleh-oleh mukena Bali juga termasuk jenis oleh-oleh yang cukup awet dipakai. Mukena ini bisa bertahan dalam pemakaian cukup lama.

3. Terlihat unik
Secara penampilan, mukena Bali juga memiliki ciri tersendiri dibandingkan dengan mukena lain. Penggunanya akan terlihat cantik dengan tetap memperhatikan aurat.

Tempat Berburu Oleh-Oleh Mukena Bali

Lalu, di mana Anda bisa menemukan oleh-oleh mukena Bali? Sejatinya, tak begitu sulit untuk mencari mukena ini. Anda bisa datang ke berbagai pasar tradisional atau pusat oleh-oleh yang ada di Bali. Di antaranya adalah Pasar Seni Sukawati, pusat oleh-oleh Krisna, pusat oleh-oleh Hawaii Bali ataupun pusat oleh-oleh Serimpi yang berlokasi di sekitar Joger.

baca juga: Pusat Oleh-Oleh Krisna Bali, Tempat Berburu Oleh-Oleh Khas Pulau Dewata yang Komplet

Mengenai harganya, mukena Bali bisa diperoleh dengan harga yang cukup ringan, bergantung jenis mereknya. Anda bisa menjumpai oleh-oleh khas Bali ini dengan banderol sekitar Rp60 ribu per potong. Namun, kalau ingin mukena dengan harga lebih mahal, Anda juga bisa menemukannya dengan harga mencapai ratusan ribu rupiah.

Mengenai sentra pembuatan mukena khas Bali sendiri, Anda bisa mendapatinya di beberapa lokasi di Pulau Bali. Salah satunya adalah sentra mukena Bali yang ada di Klungkung dan Karangasem. Semuanya prosesnya dilakukan dengan menggunakan tenaga terampil asli Bali. So, dijamin kualitasnya juga terjaga dengan baik. Tertarik?