Cari Oleh-Oleh saat Liburan ke Bali? Kopi Kintamani Paling Direkomendasikan!

kopi kintamani khas Bali

via Industri

Menikmati kopi di Bali menjadi aktivitas yang cukup banyak dilakukan oleh para wisatawan. Selain meminumnya secara langsung, Anda juga bisa memilih untuk membawa pulang kopi sebagai oleh-oleh. Apalagi, Bali dikenal sebagai penghasil kopi yang enak, disebut sebagai kopi kintamani.

Sesuai dengan namanya, kopi kintamani merupakan produk kopi yang secara khusus diproduksi oleh para petani kopi di wilayah Kintamani. Kopi ini merupakan varietas dari jenis kopi arabika yang disukai oleh sebagian besar para pencinta kopi.

kopi kintamani khas Bali 2 » Cari Oleh-Oleh saat Liburan ke Bali? Kopi Kintamani Paling Direkomendasikan!

via Febby Yolanda

Namun, kopi kintamani khas Bali bukanlah kopi arabica biasa. Anda akan mendapati aroma yang unik dan bisa memberikan perbedaan secara rasa antara kopi dari Kintamani dengan kopi di tempat lain. Perbedaan tersebut adalah adanya aroma buah yang bisa dijumpai pada setiap biji kopi.

Aroma Buah yang Menjadi Identitas Utama Kopi Kintamani Khas Bali

Aroma buah yang hadir pada setiap biji kopi kintamani merupakan hasil proses alami. Fenomena itu tercipta karena pada penanamannya, kopi jenis ini biasanya ditanam di lahan yang penuh dengan tanaman buah. Oleh karena itu, tidak mengherankan kalau kopi kintamani juga begitu disukai oleh wisatawan mancanegara karena keunikannya.

baca juga: Pusat Oleh-Oleh Krisna Bali, Tempat Berburu Oleh-Oleh Khas Pulau Dewata yang Komplet

Kopi Kintamani Khas Bali dengan Tingkat Keasaman Sedang

Kopi dari Kintamani Bali juga dikenal sebagai jenis kopi yang cukup ramah untuk semua orang. Alasannya, karena kopi ini memiliki tingkat keasaman yang tak terlalu tinggi. Apalagi, mengingat kopi kintamani merupakan produk varietas dari kopi arabica yang menawarkan tingkat keasaman rendah. Kondisi yang berbeda jika dirasakan dari kopi robusta.

kopi kintamani khas Bali 3 » Cari Oleh-Oleh saat Liburan ke Bali? Kopi Kintamani Paling Direkomendasikan!

via Industri

Wisatawan yang ingin merasakan kopi khas Bali ini, bisa datang secara langsung ke wilayah perkebunan kopi di Bali. Sesuai dengan namanya, Anda bisa menjumpai kebun kopi kintamani di wilayah Kintamani yang dikenal sebagai salah satu wilayah dataran tinggi di Bali.

baca juga: Joger Pabrik Kata Kata, Oleh-Oleh Dari Bali Yang Tak Lekang Jaman

Kopi jenis arabica bisa tumbuh dengan subur di wilayah dengan ketinggian mencapai 900 mdpl ini. Apalagi, tanah di sini juga merupakan jenis tanah entisel dan regusol. Curah hujan juga bukan merupakan problem ketika menanam di sini. Mengingat, kawasan Kintamani dikenal sebagai daerah yang sejuk dengan curah hujan tinggi.

Oleh-Oleh Kopi Kintamani Khas Bali

kopi kintamani khas Bali 1 » Cari Oleh-Oleh saat Liburan ke Bali? Kopi Kintamani Paling Direkomendasikan!

via Lazada

Mengenai pilihan merek kopi kintamani khas Bali, Anda dapat menjumpai opsi yang banyak di pasaran. Ada beberapa merek yang dapat Anda pertimbangkan dan telah terbukti kualitasnya. Merek-merek tersebut di antaranya adalah Ranin, Kebon Kopi, Wild Berry, Sentra Kopi, Cofee Toffee, ataupun Fry and Roast.

baca juga: Buah Manggis Bali, Oleh-Oleh Khas Pulau Dewata yang Diakui Kelezatannya di Tingkat Internasional

Para produsen kopi kintamani di Bali, biasanya melakukan pemilihan yang cermat agar menjaga kualitas dari produk. Upaya yang mereka lakukan di antaranya adalah dengan menggunakan kopi yang 100 persen berasal dari kopi kintamani yang semuanya berasal dari jenis kopi arabica.

Harga yang dipatok untuk oleh-oleh kopi kintamani khas Bali ini juga cukup beragam. Anda bisa menemukan produk yang ditawarkan dengan harga Rp70 ribuan per kantong. Pilihan sepenuhnya ada di tangan Anda. Nah, tertarik untuk membawa pulang oleh-oleh ini? Bisa sebagai variasi untuk menikmati waktu pagi atau sore hari di rumah, lho!