Danau Beratan Bedugul, Danau Eksotis yang Sekaligus Menyimpan Nuansa Religius

Danau Beratan Bedugul

via e-bali.net

Danau Beratan Bedugul merupakan sebuah danau yang berada di Bali yang dikelilingi oleh bukit dan memiliki udara sejuk. Danau Beratan berada di kawasan Bedugul yang terletak di dataran tinggi dan alamnya masih asri. Tak lupa hasil panennya yang dapat Anda jadikan oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

Danau Beratan Bedugul termasuk dari sekian banyak wisata Bali yang terkenal. Sehingga tak heran wisata Danau Beratan tak pernah sepi pengunjung, terlebih jika memasuki hari libur. Meski begitu, banyak wisatawan yang lebih kenal dengan nama Danau Bedugul daripada nama aslinya.

Danau Beratan Bedugul 1 » Danau Beratan Bedugul, Danau Eksotis yang Sekaligus Menyimpan Nuansa Religius

via balitravelexpert

Keharmonisan Umat Beragama di Danau Beratan Bedugul

Di tengah Danau Beratan Bedugul terdapat sebuah pura yakni Pura Ulun Danu yang memiliki stupa budha, menggambarkan keharmonisan umat agama hindu dan budha sejak zaman dulu. Stupa budha dan pura selalu dijaga dan mendapat pemeliharaan rutin sehingga kebersihannya terjaga. Pura Ulun Danu merupakan tempat pemujaan terhadap Sang Hyang Dewi Danu sebagai pemberi kesuburan. Akan sangat disayangkan apabila Anda tak berkunjung ke Pura Ulun Danu. Jika Anda datang di hari baik menurut kalender Bali, Anda mungkin akan bertemu rakyat Bali yang sedang melakukan ibadah ataupun upacara keagamaan disini.

Aktivitas yang Dapat Dilakukan di Danau Beratan Bedugul

Anda dapat berkeliling danau dengan menyewa perahu atau speed boat. Anda juga dapat menikmati sejuknya udara dengan berjalan kaki disekitaran tepian danau. Tak hanya itu, Anda juga dapat bermain di Kebun Raya Bedugul yang merupakan satu-satunya kebun raya di Bali. Berbagai jenis sayuran dan buah-buahan yang tumbuh subur dan dapat Anda panen sendiri. Cukup 5 menit perjalanan dari Danau Beratan, Anda sudah sampai di Kebun Raya Bedugul.

Danau Beratan Bedugul 2 » Danau Beratan Bedugul, Danau Eksotis yang Sekaligus Menyimpan Nuansa Religius

via e-bali.net

Lokasi dan Cara Menuju Lokasi Danau Beratan Bedugul

Danau Beratan terletak Jalan Raya Candi Kuning di Desa Candi Kuning, Kecamatan Baturiti, Tabanan. Anda yang datang dari bandara I Gusti Ngurah Rai dapat menempuh perjalanan dengan kendaraan sekitar 2 jam untuk menuju lokasi. Menuju Danau Beratan, Anda akan melalui jalanan berliku dan tajam serta disamping kanan dan kiri terdapat jurang. Meski begitu, Anda tak akan bosan sebab Anda akan disuguhi pemandangan sawah dan kebun sayuran. Dan uniknya, Anda juga akan melalui sebuah hotel yang terkenal angker yakni Hotel yang tak pernah selesai, Hotel P.I Bedugul.

Anda yang tidak ingin ambil resiko, dapat menggunakan jasa sewa mobil atau jasa travel untuk membantu Anda mencapai tujuan. Danau Beratan dibuka mulai pukul 08.00 hingga 18.00 WITA, memasuki area wisata Danau Beratan, Anda akan dikenai biaya masuk Rp.20.000 untuk dewasa dan Rp.15.000 untuk anak-anak.

Di sekitar area parkir terdapat berbagai kios-kios milik penduduk yang menjajakan hasil kebunnya atau oleh-oleh khas Bedugul. Hasil panen yang melimpah dan banyak dijual di kios-kios ialah strawberry. Ada beberapa warung yang menyediakan makanan ringan sebagai penggajal perut Anda yang terasa lapar. Bagi Anda yang muslim, Anda dapat menjalankan ibadah Anda tanpa harus khawatir di masjid yang disediakan dan lokasinya berada di atas danau sehingga Anda harus berjalan melalui puluhan anak tangga.

Apabila Anda datang di musim liburan, Anda harus bersiap sebab kawasan ini rentan macet. Juga Anda mungkin tak akan mendapat view indah jika cuaca sedang mendung, sebab Danau Beratan akan diselimuti kabut dan Anda tak dapat melihat keindahannya. Waktu terbaik untuk berkunjung ialah di pagi hari ketika kabut telah turun sehingga Anda dapat meilihat pemandangan indah Danau Beratan Bedugul.