Desa Munduk Singaraja, Wisata Desa Negeri Atas Awan di Bali

Desa Munduk Singaraja

via Kitamuda

Ubud telah terkenal hingga wisatawan asing akan keindahan alamnya yang masih asri. Desa Munduk Singaraja adalah desa yang wajib dikunjungi karena keindahannya. Desa ini kerap kali dijuluki desa di atas awan oleh wisatawan yang berkunjung.

Desa Munduk Singaraja baru dipromosikan sebagai desa wisata oleh Nyoman Bagiarta, seorang mantan kepala Balai Pendidikan dan Latihan Pariwisata di Denpasar pada tahun 1990. Daya tarik utama Desa Munduk ialah keindahan alamnya, di desa ini terdapat perkebunan kopi, the dan cengkeh.

Desa Munduk Singaraja 2 » Desa Munduk Singaraja, Wisata Desa Negeri Atas Awan di Bali

via Sportourism

Jika Anda datang di waktu panen, Anda akan melihat banyak warga yang memanen hasil kebun hingga pengolahan hingga menjadi produk yang siap dikonsumsi. Anda dapat melihat proses pemetikan, proses fermentasi, menjemur hingga menggoreng.

Air Terjun Melanting di Desa Munduk Singaraja

Perjalanan menuju air terjun melanting cukup melewati perkebunan warga , air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 200 meter. Air terjun ini diapit oleh tebing hijau dengan debit air yang cukup deras. Anda yang ingin menuju air terjun ini tidakdisarankan terlalu dekat dengan air terjun, sebab cukup berbahaya.

Danau Tamblingan di Desa Munduk Singaraja

Di Desa Munduk Singaraja ada pula danau cantik yakni Danau Tamblingan. Di sekitar danau terdapat banyak pura yang biasa digunakan sebagai tempat upacara adat dan keagamaan. Anda juga dapat menikmati permainan air yang disewakan oleh pengelola dengan biaya tambahan.

Anda yang berkunjung ke Desa Munduk tak hanya akan menikmati wisata alam saja, namun juga mendapat ilmu. Anda dapat belajar membuat tire dan kdape. Tire adalah kain yang digunakan sebagai hiasan upacara pernikahan, panjangnya mencapai 4 meter, berisi gambar wayang, bunga dan pepohonan.

baca juga: Danau Tamblingan, Danau Eksotis dengan Pemandangan yang Indah di Buleleng

Sedangkan kdape merupakan kain yang digunakan dari jenis beludru dan gambar yang ditempel tidak disulam, tetapi dilem dan dijahit. Dalam ruang pengantin, tire diletakan di bagian atas dinding sedangkan kdape di bawahnya.

Lokasi Desa Munduk Singaraja

Desa Munduk terletak di Keamatan Banjar, Kabupaten Buleleng, Bali. Dari pusat Denpasar kurang lebih berjarak 72 km dan dapat ditempuh kurang lebih 2 jam dengan berkendara. Sedangkan Anda yang dating ari Bandara dapat menempuh perjalanan kurang lebih 2 jam 30 menit dengan berkendara.

Cara tercepat menuju Desa Munduk cukup melalui jalur Denpasar-Singaraja mealui Bedugul. Setelah sampai puncak. Anda dapat beristirahat sejenak sebab disana terdapat banyak kedai dan warung yang menyediakan sate, bakso, dan buah strawberry.

baca juga: Air Terjun Aling-Aling Buleleng, Air Terjun Unik dan Menarik di Bali

Desa Munduk Singaraja 1 » Desa Munduk Singaraja, Wisata Desa Negeri Atas Awan di Bali

via Kitamuda

Kemudian meunju pertigaan dan menuju arah gobleg dan lurus menuju kota Singaraja. Dan kemudian terus lurus mengikuti jalan dan akan menjumpai Desa Munduk. Ada yang perlu diperhatikan ialah Anda wajib sering melihat papan jalan penunjuk agar tidak tersesat menuju lokasi yang diinginkan.

Tips Saat Berkunjung Ke Desa Munduk Singaraja

Demi menjaga kelestarian alam Desa Munduk, setiap pengunjung wajib menjaga kelestarian alam seperti tidak membuang sampah sembarangan dan selalu mentatai aturan yang ada.

Disarankan menggunakan sepeda motor sebab jalan yang akan Anda lalui menuju desa banyak jalannan menanjak dan berkelok-kelok khas perbukitan.

Apabila Anda tidak tahu jalan menuju Desa Munduk lebih baik sering bertanya kepada masyarakat yang Anda temui. Atau Anda yang tak ingin repot dapat menggunakan jasa tour guide untuk mengantar Anda ke lokasi.