Desa Purbakala Batukaang Kintamani, Keunikan Sejarah Peradaban Masa Lalu ada di Desa Ini

Desa Purbakala Batukaang Kintamani

Desa Purbakala Batukaang Kintamani adalah salah satu desa yang ada di Pulau Bali yang dijadikan salah satu destinasi wisata oleh para wisatawan, baik wisatawan lokal ataupun mancanegara. Daya tarik dari Desa Batukaang ini mampu menarik perhatian dari para wisatawan.

Desa Purbakala Batukaang Kintamani ini selain memiliki alam yang indah, juga memiliki keragaman budaya. Desa Batukaang memili keadaan alam yang sangat asri. Letaknya berada di ketinggian sekitar 1.150 meter di atas permukaan laut, menyebabkan hawa yang ada di desa ini menjadi terasa sejuk.

Desa Purbakala Batukaang Kintamani 1 » Desa Purbakala Batukaang Kintamani, Keunikan Sejarah Peradaban Masa Lalu ada di Desa Ini

via Batukaang

Pemandangan alam yang ada di Desa Batukaang begitu memepesona. Anda dapat menyaksikan pemandangan gunung, tumbuh-tumbuhan hijau, dan yang menarik lagi adalah pemandangan dari peerkebunan kopi yang membentang luas. Di kawasan desa ini memang dikenal dengan kesuburan alam pegunungan.

Sesuatu yang menarik akan ada di Desa Batukaang ketika tumbuhan kopi tersebut sudah mulai berbunga. Anda akan dapat mencium aroma wangi semerbak yang semakin menambah kesejukan di desa ini.

baca juga: Berkunjung ke Desa Adat Penglipuran Bali, Desa Terbaik Sedunia

Sejarah Singkat Desa Purbakala Batukaang Kintamani

Nama Batukaang dari desa ini memiliki arti yaitu suatu tempat yang berada di ketinggian di sebelah perbukitan berbatu. Desa Batukaang bukan hanya memiliki kekayaan alam saja, melainkan terdapat suatu hal yang membuat siapapun yang datng ke desa ini terpana, yaitu terdapatnya peninggalan purbakala berupa arca-arca yang berjumlah kurang lebih 188 buah.

Arca-arca tersebut hingga kini masih dikeramatkan oleh para penduduk setempat, dan benda peninggalan tersebut disimpan di beberapa pura, seperti Pura Puseh Batan Tiing, Pura Pusering Jagat, Pura Paseh Sangambu, Pura Sangambu, dan Pura Puncak Sari.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh Dinas Kebudayaan Provinsi Bali, menyatakan bahwa peninggalan-peninggalan tersebut berasal dari zaman purbakala di Desa Batukaang yang menganut sistem kepercayaan, dan merupakan sebuah perpaduan antara kepercayaan Megalitik yaitu kepercayaan yang tertuju pada pemujaan kepada roh nenek moyang dengan pemujaan kepada para dewa yang merupakan manifestasi Sang Hyang Widhi Wasa (Tuhan yang Maha Kuasa).

baca juga: Wisata Religi Bali: Pura Luhur Rambut Siwi Jembrana

Setelah pengaruh agama Hindu masuk, barulah mulai berdiri bangunan suci, seperti pura, candi, meru, dan banyak lainnya. Di Desa Batukaang ini seni budaya tumbuh dan berkembang. Kebudayaan yang ada merupakan diwariskan secara turun temurun oleh penduduk Desa Batukaang.

Seni budaya yang ada di desa ini masih berhubungan erat serta terkait dengan kegiatan upacara keagamaan sebagai bentuk rasa bakti dan juga puji syukur kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa. Penduduk Desa Batukaang mengungkapakan rasa bakti itu melalui seni tari, yaitu Tari Pendet dan Tari Rejang.

Lokasi Desa Purbakala Batukaang Kintamani

Desa Batukaang ini berada di wilayah Kecamatan Kintamani, Kabupaten Daerah Tingkat II Bangli. Apabila anda menuju ke desa ini dari kota Denpasar, maka anda aka menempuh jarak sekitar 60 kilometer. Dan jika anda menempuhnya dari kota Bangli, maka akan menempuh perjalan sejauh sekitar 35 kilometer atau bila dari Kecamatan Kintamani berkjarak sekitar 18 kilometer.

Menghabiskan masa liburan anda disini, pastinya akan terasa menyenangkan. Suasananya yang damai tidak sepadat di kota dijamin membuat pikiran anda menjadi lebih tenang. Terlebih lagi udara yang sejuk dan segar tidak banyak polusi, dijamin anda akan merasa betah disini. Anda dapat merencanakan liburan di Desa Purbakala Batukaang Kintamani ini bersama dengan kawan-kawan atau bisa juga dengan keluarga anda.