Desa Toyapakeh Nusa Penida, Desa Wisata yang Memiliki Ikan Purba Terbesar

Desa Toyapakeh Nusa Penida

Salah satu kawasan wisata yang ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara ialah Desa Toyapakeh Nusa Penida. Desa yang terletak di sepanjang pantai ini memiliki keindahan alam yang masih terjaga dan asri.

Wisata bahari adalah poin utama daya tarik Desa Toyapakeh Nusa Penida. Termasuk titik penyelaman dengan ikan purba terbesar yang masih hidup, yakni ikan mola-mola. Ikan ini hanya dapat dijumpai pada bulan Juli hingga Nopember. So, pastikan anda berkunjung di saat yang tepat.

Desa Toyapakeh Nusa Penida 3 » Desa Toyapakeh Nusa Penida, Desa Wisata yang Memiliki Ikan Purba Terbesar

via Toyapakeh

Sejarah Desa Toyapakeh Nusa Penida

Asal usul Desa Toyapakeh berasal dari dua suku kata yaitu “toya” dan “pakeh” yang artinya “toya” yang artinya air dan “pakeh” artinya asin. Menurut sejarah pendirian Desa Toyapakeh oleh orang-orang pendatang dalam rengka silaturahmi semasa kerajaan klungkung. Jadi, keberadaan suku bangsa yang ada di Desa Kampung Toyapakeh mayoritas suku Jawa, Banjarmasin, Bugis dan Bali. Sedangkan agama mayoritas di desa ini adalah Islam.

baca juga: Wisata ala Pedesaaan di Terasering Sawah Tegalalang Ubud

Desa Toyapakeh Nusa Penida 2 » Desa Toyapakeh Nusa Penida, Desa Wisata yang Memiliki Ikan Purba Terbesar

via Balibeach

Daya Tarik Desa Toyapakeh Nusa Penida

Desa Toyapakeh ini memiliki geografis yang sangat strategis, sehingga banyak sekali poin atau spot yang menarik untuk dikunjungi wisatawan. Antara lain:

1. Pemandangan Pantai

Pantai Toyapakeh memiliki pemandangan pantai yang tidak kalah dengan pantai lainnya. Anda dapat menikmati hembusan angin, pasir putih dan ombak yang cukup tinggi. Di sekitar pantai juga terdapat lapangan voli untuk bermain voli pantai.

baca juga: Menelusuri Wisata Budaya Bali di Desa Adat Tenganan Pegringsingan

2. Candi Buddha Bawah Laut

Di titik penyelaman yang ada di Toyapakeh ini, Anda akan menemukan candi Buddha yang berada di bawah laut dengan puluhan patung. Candi ini merupakan proyek pemeliharaan terumbu karang.

3. Pertanian Rumput Laut

Hampir sebagian warga Desa Toyapakeh adalah seorang nelayan, selain menangkap ikan, warga juga membudidayakan rumput laut. Pemandangan seperti ini tentu akan jarang Anda temui di perkotaan.

4. Biota Laut khas Perairan Bali

Laut Toyapakeh memiliki titik lokasi penyelaman dengan pemandangan biota laut yang khas. Selain terumbu karang berwarna-warni, ada pula jenis ikan khas perairan Bali seperti ikan blue trigger, ikan giant trevally dan ikan mola-mola.

Fasilitas Desa Toyapakeh Nusa Penida

Desa Toyapakeh Nusa Penida memiliki beberapa hotel dan guest house dengan harga sewa ratusan ribu saja per malamnya. Ada pula toko souvenir dengan berbagai macam benda yang cocok untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Ada tempat pembudidayaan ikan yang cocok untuk anak Anda. Disini Anda akan diajarkan berbagai macam ikan sekaligus cara merawatnya.

baca juga: Melihat Keunikan Tradisi Perang Pandan Mekare-kare di Desa Tenganan

Lokasi Dan Akses Menuju Toyapakeh Nusa Penida

Desa Toyapakeh terletak di pantai barat Pulau Nusa Penida, di selat Badung yang membelah Pulau Bali dengan Pulau Nusa Penida. Desa Toyapakeh ini berbatasan dengan Pulau Nusa Ceningan dan dipisahkan oleh laut. Untuk dapat menuju Desa Toyapakeh Nusa Penida, Anda dapat menggunakan transportasi laut.

Dengan speedboat memerlukan waktu sekitar 30 menit dengan harga yang lebih mahal. Sedangkan jika Anda mencari transportasi laut yang lebih murah dapat memilih kapal ferri. Atau Anda yang memiliki budget lebih dapat memilih naik kapal pesiar Quicksilver Cruise dengan budget Rp. 400.000.

Lebih seru lagi, jika Anda datang berkunjung beramai-ramai bersama teman ataupun keluarga. So, pastikan Anda berkunjung ke Desa Toyapakeh ketika berlibur.