Desa Wisata Dukuh Penaban, Pilihan Tempat Liburan Baru dengan Aktivitas Unik

Desa Wisata Dukuh Penaban

via Indonesia Developement Forum

Liburan ke Bali memang seolah tidak ada habisnya. Anda selalu bisa menemukan tempat wisata menarik dan baru di pulau dengan seribu pura ini. Nah, bagi Anda yang tertarik untuk menikmati keindahan alam serta budaya masyarakat Bali, ada satu destinasi baru yang dapat dipertimbangkan, yakni Desa Wisata Dukuh Penaban.

Desa Wisata Dukuh Penaban 1 » Desa Wisata Dukuh Penaban, Pilihan Tempat Liburan   Baru dengan Aktivitas Unik

via Bali Express

Desa Dukuh Penaban merupakan sebuah desa wisata yang pengembangannya baru dilakukan oleh masyarakat setempat. Pengukuhan desa ini sebagai desa wisata juga baru dilakukan pada tahun 2017. Pada acara pengukuhan tersebut, masyarakat setempat menampilkan tarian sakral yang disebut dengan Tari Kupu-Kupu Kuning.

Tarian ini merupakan salah satu jenis tari tradisional Bali yang memiliki makna penting. Biasanya, pementasan Tari Kupu-Kupu Kuning dilakukan oleh para pria dan dipentaskan pada piodalan. Gerakan tarian juga begitu beda dibandingkan dengan tarian lain, menggunakan pakaian serba kuning, kipas, serta keris.

baca juga: Pulau Peninsula Nusa Dua, Pulau Kecil yang Jadi Lokasi Menarik untuk Jogging di Bali

Daya Tarik Wisata Desa Dukuh Penaban Karangasem

Seperti yang dijelaskan, Anda bakal mendapati pemandangan yang indah selama liburan ke Desa Dukuh Penaban di Karangasem. Di waktu yang sama, budaya turun temurun yang masih terjaga juga menjadi daya tarik yang tak kalah uniknya dibandingkan dengan desa wisata lainnya di Bali.

Mengenai aktivitas menikmati keindahan alam, ada beberapa kegiatan yang dapat dilakukan. Di tempat ini, Anda bisa mencoba petualangan dengan melintasi jalur trekking alami, dengan sawah luas. Pengalaman trekking menjadi lebih menantang kalau Anda meneruskan perjalanan menuju ke puncak Bukit Jongkok.

Desa Wisata Dukuh Penaban 2 » Desa Wisata Dukuh Penaban, Pilihan Tempat Liburan   Baru dengan Aktivitas Unik

via Indonesia Developement Forum

Puncak Bukit Bongkok di Karangasem bakal menawarkan pemandangan spesial kepada setiap wisatawan. Dari atas bukit ini, Anda bisa menyaksikan secara langsung pantai serta laut yang ada di sekitar Karangasem. Tidak ketinggalan, pemandangan berupa Gunung Agung juga menjadi hiburan lain selama di sini.

baca juga: Wisata Menyaksikan Patung Budha Unik di Bali, Ini Pilihan Tempatnya!

Selanjutnya, Anda dapat menghabiskan waktu dengan berkunjung ke Museum Lontar. Kalau mau, para wisatawan dapat pula mempelajari seni membaca lontar yang merupakan salah satu tradisi di masa lalu. Kalau perlu, Anda juga dapat belajar mengenai cara membuat surat lontar.

Sebagai tambahan, ada pula aktivitas kuliner unik selama berada di Desa Wisata Dukuh Penaban. Para wisatawan bisa mencicipi lawar yang berbeda dibandingkan dengan lawar di tempat lain, namanya lawar don jepun. Lawar ini dibuat dengan bahan utama daun kamboja.

Pengembangan desa wisata ini merupakan salah satu upaya dari pemerintah setempat untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Di waktu yang sama, pengadaan desa wisata ini juga menjadi bukti bahwa budaya Bali begitu kaya. Menariknya lagi, masyarakat setempat juga memiliki andil secara langsung dalam menjaga kelestarian budayanya.

Lawar don jepun yang menjadi kuliner unik di Desa Dukuh Penaban tidak hanya enak. Makanan khas yang satu ini juga punya nilai sejarah penting. Apalagi, eksistensinya memiliki hubungan penting dengan pembangunan Pura Puseh Dukuh Penaban yang berlangsung pada tahun 1658.

Pada proses pembangunannya itu, warga desa berbondong-bondong melakukan pembangunan pura secara gotong royong. Dalam proses pembangunannya, mereka pun turut membawa menu berupa nasi serta lawar don jepun.

Lokasi Desa Wisata Dukuh Penaban

Desa yang termasuk sebagai desa adat ini bisa Anda temukan berada di wilayah Kecamatan Karangasem, Kabupaten Karangasem. Anda bisa memilih berkunjung kapanpun pada durasi antara pukul 8 pagi sampai 5 sore waktu setempat.