Dewi Sri Arak Bali, Pelopor Brem Khas Bali Sejak Tahun 1968

brem produk Dewi Sri Arak Bali

Brem serta arak Bali menjadi salah satu jenis minuman yang sangat khas dengan budaya Bali. Keberadaannya tidak hanya sebagai minuman penghangat badan, tetapi juga sebagai bagian dari sarana upacara keagamaan. Selain itu, arak Bali dikenal pula sebagai salah satu oleh-oleh yang menarik. Dari sekian banyak pilihan, Dewi Sri Arak Bali menjadi merek arak Bali yang sudah sangat terkenal.

Popularitas Dewi Sri sebagai produk arak Bali berkualitas memang sudah sejak dulu. Bahkan, bisa dibilang kalau Dewi Sri merupakan salah satu produk arak Bali yang legendaris. Apalagi, keberadaan Dewi Sri sudah sejak dulu.

Dewi Sri Arak Bali 2 1024x679 » Dewi Sri Arak Bali, Pelopor Brem Khas Bali Sejak Tahun 1968

Tercatat produsen arak Bali ini telah memulai aktivitas produksinya sejak tahun 1968. Menariknya lagi, mereka juga dikenal sebagai pelopor produsen arak Bali yang terdaftar secara resmi di BPOM Kementerian Kesehatan RI.

Sejarah Dewi Sri Arak Bali

Tradisi minum arak sudah lama dikenal oleh masyarakat Bali. Biasanya, arak serta brem Bali dibuat dari fermentasi beras. Hanya saja, tak jarang produk arak yang dihasilkan ternyata sangat berbahaya bagi siapapun yang meminumnya. Bahkan, bisa-bisa nyawa melayang hanya karena menikmati seteguk arak Bali. Hal ini kemudian membuat I.B. Gotama berinisiatif untuk mendirikan pabrik arak dan brem Bali yang profesional.

Dewi Sri Arak Bali 1 1024x675 » Dewi Sri Arak Bali, Pelopor Brem Khas Bali Sejak Tahun 1968

Lokasi pabrik saat itu sengaja ditempatkan di Sanur, yang merupakan tempat tinggal dari Gotama. Dalam proses produksinya, Gotama menerapkan standar operasi yang jelas dan harus diikuti dengan cermat. Nama Dewi Sri kemudian digunakannya sebagai nama merek. Penggunaan nama ini merupakan salah satu bentuk penghormatan kepada Dewi Sri yang dikenal sebagai nama Dewi Kesuburan dan kemakmuran dalam kepercayaan agama Hindu.

Proses penyulingan arak Bali di Dewi Sri dilakukan secara hati-hati. Proses penyulingan ini bertujuan untuk melepaskan kandungan gula yang ada dalam beras dan menciptakan alkohol. Proses penyulingan dilakukan dengan menggunakan logam tembaga Spanyol. Penggunaan logam ini membantu dalam menghilangkan senyawa sulfur yang tercipta secara natural pada proses distilasi.

Cara Menikmati Dewi Sri Arak Bali

Seperti halnya minuman beralkohol yang berasal dari barat, minuman beralkohol dari Bali ini juga bisa dinikmati dalam berbagai cara. Kalau ingin praktis, Anda dapat mencoba meminumnya secara langsung. Selain itu, terkadang ada pula masyarakat Bali yang terbiasa untuk menikmati minuman ini dengan mencampurkan soda.

Namun, kalau Anda ingin menikmati minuman ini dengan cara berbeda, ada beberapa metode yang bisa dipertimbangkan, yakni:

1. Arak attack
Bisa dibilang, arak attack merupakan versi tradisional dari cocktail. Anda bisa membuat minuman ini dengan mencampurkan arak Dewi Sri dengan air tonik, jus, serta lemon. Hasilnya, minuman bakal memiliki rasa manis yang bercampur dengan asam.

2. Arak madu
Minuman arak yang satu ini bisa Anda buat dengan cukup mudah. Bahan-bahan yang diperlukan hanya berupa perasan jeruk nipis, madu, air, serta arak. Meski begitu, minuman yang satu ini sering disukai ketika Anda berkunjung ke kafe dan bar di Bali.

3 Arak mojito
Arak mojito menjadi jenis cocktail tradisional lain yang bisa Anda buat dengan arak Bali. Bahannya adalah air soda, gula aren, perasan jeruk nipis, daun mint, serta arak.

Di Mana Tempat Membeli Dewi Sri Arak Bali?

Kalau Anda menginginkan untuk membeli arak Bali merek Dewi Sri, caranya sangat mudah. Ada banyak tempat yang bisa Anda pertimbangkan. Karena arak ini merupakan produk legal yang terdaftar di BPOM, Anda tidak perlu sembunyi-sembunyi dalam membelinya. Kalau mau, Anda bisa membelinya secara online lewat marketplace. Selain itu, ada pula persediaan arak bali yang bisa diperoleh dari pusat oleh-oleh seperti Krisna.