Eksotisme Burung Bangau Putih di Desa Petulu Ubud

Desa Petulu Ubud

via Mongabay

Para wisatawan yang ingin menyaksikan pemandangan alami di Bali, kerap memilih Ubud sebagai destinasi. Apalagi, Ubud juga memberi kesempatan kepada para wisatawan untuk menyaksikan sekumpulan burung eksotis bangau putih berkeliaran secara bebas. Untuk menemukan pemandangan seperti itu, Anda dapat memilih berkunjung ke Desa Petulu Ubud.

Desa Petulu Ubud 1 » Eksotisme Burung Bangau Putih di Desa Petulu Ubud

via Mongabay

Pemandangan alami dengan pepohonan rindang terlihat semakin cantik berkat keberadaan burung-burung cantik tersebut. Mereka yang datang ke sini dapat menyaksikan burung-burung tersebut sepuasnya. Para burung itu merupakan burung liar, bukan burung yang ditempatkan di kandang. Menariknya lagi, rombongan burung bangau ini selalu menyediakan waktunya untuk datang ke Desa Petulu Ubud.

Kepercayaan Masyarakat di Desa Petulu Ubud Terkait Keberadaan Burung Kokokan

Masyarakat Desa Petulu memiliki kepercayaan tersendiri terkait keberadaan gerombolan burung bangau putih yang sering datang ke desanya. Mereka menganggap bahwa burung-burung itu bukanlah burung biasa. Menurut kepercayaan warga setempat, para burung tersebut merupakan jiwa-jiwa yang hilang akibat peristiwa pembantaian anti-komunis yang berlangsung pada tahun 1965.

Desa Petulu Ubud 2 » Eksotisme Burung Bangau Putih di Desa Petulu Ubud

via Mongabay

Korban pembantaian warga sebagai bentuk dari gerakan anti-komunis di Desa Petulu pada zaman dulu memang sangat banyak. Konon, hampir 5 persen warga di desa ini menjadi korban pembantaian. Hal yang cukup mengerikannya lagi, mayat-mayat yang korban dari peristwa berdarah ini tidak mendapatkan perlakuan sesuai dengan tradisi yang berlaku di masyarakat Bali.

Dengan kondisi seperti itu, energi negatif dulu sering menyelimuti Desa Petulu Bali. Masyarakat kemudian memiliki inisiatif untuk melakukan upacara pembersihan energi jahat dan negatif. Hal yang ajaib kemudian terjadi. Tak lama setelah masyarakat melaksanakan upacara pembersihan energi jahat, burung-burung bangau putih yang oleh masyarakat setempat disebut dengan burung kokokan, mulai berdatangan.

baca juga: Desa Bongkasa Pertiwi Abiansemal, Desa Wisata yang Tawarkan Beragam Aktivitas Seru di Bali

Desa Petulu Ubud 3 » Eksotisme Burung Bangau Putih di Desa Petulu Ubud

via Bali Tours Club

Mengaca pada fenomena seperti itu, masyarakat kemudian menganggap bahwa burung bangau punya peran penting bagi Desa Petulu. Keberadaan burung-burung bangau itu membuat Desa Petulu menjadi desa yang tentram dan makmur. Selain memberi perlindungan dari kedatangan roh-roh jahat, burung kokokan di Desa Petulu juga memiliki posisi sebagai pembawa berkah bagi masyarakat setempat.

baca juga: Pilihan Rute Trekking di Ubud yang Bisa Jadi Petualangan Seru di Bali

Pemandangan Khas Desa Petulu Ubud

Saat berkunjung ke Desa Petulu di kawasan Ubud, Anda harus memastikan untuk memilih waktu yang tepat. Ada pemandangan khas yang bisa Anda abadikan selama berada di sini. Pemandangan khas tersebut bukan hanya berupa burung bangau putih yang berkeliaran. Pemandangan yang dimaksud adalah momen ketika burung-burung mulai tiba saat matahari mulai terbenam.

Ribuan burung putih dengan latar belakang langit jingga, terlihat begitu fenomenal. Untuk mengabadikan momen yang khas ini, Anda perlu memastikan untuk membawa kamera berkualitas. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan oleh-oleh yang berharga selama menghabiskan waktu liburan ke Desa Petulu di Ubud.

baca juga: Alat Musik Rindik Khas Bali, Perangkat Musik Tradisional Kombinasi Angklung dan Gamelan

Kalau Anda berkunjung ke desa ini, fasilitas yang bisa ditemukan juga cukup lengkap. Anda bisa menemukan beberapa bangunan penginapan sederhana. Selain itu, jangan lupa untuk memberi donasi ke pemerintah desa yang nilainya Rp20 ribu. Dana ini dapat mereka manfaatkan untuk pengembangan Desa Petulu sebagai desa wisata sekaligus menjaga kelestarian desa.

Tertarik mendapatkan pengalaman liburan unik di desa ini? Yuk!