Es Bir Bali, Minuman Tradisional yang Menyegarkan dan Tanpa Alkohol


Minuman bir memang kerap diasosiasikan sebagai minuman beralkohol. Namun, lain halnya kalau Anda berhadapan dengan bir tradisional yang ada di Indonesia. Sebut saja bir pletok ataupun bir Jawa. Nah, Pulau Bali ternyata punya minuman bir tradisional serupa yang juga tidak disertai dengan kandungan alkohol. Minuman tersebut adalah es bir bali.

baca juga: Kura-Kura Bus Bali, Solusi Transportasi Nyaman dan Modern untuk Keliling Tempat Wisata

Karena tidak memiliki kandungan alkohol, es bir dari Bali ini menjadi minuman yang bisa dinikmati oleh siapa saja, baik anak-anak ataupun wisatawan muslim. Bahkan, tidak hanya aman karena tidak memabukkan. Minuman tradisional dari Bali ini merupakan salah satu minuman yang menyehatkan.

es bir bali

Rasa yang dimiliki oleh es bir tidak kalah segarnya dibandingkan dengan jenis minuman segar lain. Lewat minuman ini, Anda dapat merasakan kombinasi antara kelapa muda yang berpadu dengan jeruk nipis.

baca juga: Hari Raya Tumpek Wariga, Cara Religius Masyarakat Hindu Bali dalam Upaya Menjaga Lingkungan

Rasa Es Bir Bali yang Segar dan Sehat

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat es bir dari Bali sebetulnya sangat mudah. Kalau mau, Anda dapat membuatnya sendiri di rumah tanpa perlu berkunjung secara langsung ke Pulau Dewata. Rasa segar yang bisa didapatkan dari minuman ini, membuatnya sebagai pelepas dahaga yang sangat cocok ketika panas terik di siang hari.

Bahan utama yang dibutuhkan untuk membuat es bir dari Bali adalah jeruk nipis serta kelapa muda. Langkah pertama, Anda bisa membelah kelapa muda yang ada. Pisahkan air kelapa dan serut daging kelapa dan masukkan ke dalam gelas. Selanjutnya, potong jeruk nipis dalam ukuran yang tipis. Selanjutnya, Anda bisa mencampur ketiga bahan tersebut dalam satu gelas yang sama.

baca juga: Mengenal Lebih Jauh Singaraja, Kota Besar di Masa Lalu Pusat Pemerintahan Buleleng dan Soenda Ketjil

es bir bali

Untuk memunculkan rasa manis, Anda dapat menggunakan air gula. Kalau ingin cara yang berbeda, Anda bisa memilih untuk menggunakan gula jawa cair. Tidak ketinggalan, Anda perlu memasukkan es batu yang sebelumnya sudah tersedia. Untuk meningkatkan rasa segar dari es bir ini, Anda dapat menambahkan perasan air jeruk nipis ke dalamnya.

Berburu Es Bir Khas Bali yang Segar di Tempat Aslinya

Kalau ingin mencicipi kesegaran minuman ini di tempat aslinya, Anda tidak akan menemukan kesulitan besar. Deretan penjual es bir dapat ditemukan dengan sangat mudah. Apalagi, Bali dengan suasana yang panas, menawarkan kondisi yang tepat bagi para wisatawan untuk bisa merasakan kesegaran dari es bir.

Ditambah lagi, bahan-bahan yang digunakan untuk membuat es bir tradisional Bali ini merupakan bahan alami. Seperti yang diketahui, air kelapa muda punya khasiat untuk menetralisir racun-racun yang ada di dalam tubuh. Sementara itu, perasan jeruk nipis punya khasiat kesehatan yang sangat besar.

Kebiasaan mengonsumsi perasan jeruk nipis, dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Perasan jeruk nipis juga sangat bermanfaat bagi Anda yang tengah menjalankan diet. Tidak ketinggalan, kandungan jeruk nipis pada es bir juga berguna bagi para penderita diabetes dan jantung. Bahkan, kandungan yang sama juga punya peran besar dalam membantu proses peremajaan kulit.

Itulah informasi terkait pilihan minuman segar yang biasa dinikmati oleh warga Bali. Anda dapat pula memperoleh manfaat serupa dengan mencoba kesegarannya di tengah panasnya Pulau Bali saat berlibur. Selamat menikmati, ya!


Like it? Share with your friends!

Imam Baihaki