Es Daluman Khas Bali, Minuman Tradisional Mirip dengan Es Cincau

Es Daluman Khas Bali

via Yuga Travel Bali

Cincau menjadi jenis minuman yang dikenal luas oleh masyarakat Indonesia. Minuman ini dibuat dengan bahan utama perasan daun cincau yang berwarna kehijauan. Rasa minuman ini menyegarkan, dan cocok diminum saat suasana tengah panas-panasnya. Nah, saat di Bali, Anda bisa menjumpai minuman yang mirip dengan es cincau, namanya es daluman khas Bali.

Es Daluman Khas Bali 1 1024x682 » Es Daluman Khas Bali, Minuman Tradisional Mirip dengan Es Cincau

via Yuga Travel Bali

Es daluman memang memiliki tampilan serta rasa yang tak jauh berbeda dibandingkan dengan es cincau. Apalagi, es daluman memang sebutan untuk es cincau oleh masyarakat Bali. Bahan baku untuk pembuatan es daluman didapatkan dari daun tumbuhan yang memiliki nama latin Cyclea Barbata Miers. Selain memiliki rasa segar, es daluman punya khasiat tinggi untuk kesehatan.

Cara Membuat Es Daluman Khas Bali

Untuk proses pembuatan es daluman, bahan utama yang diperlukan tentunya adalah daluman atau cincau. Anda dapat membeli cincau hijau secara langsung di pasar tradisional. Selanjutnya, cincau hijau tersebut dibersihkan dan potong dalam ukuran yang kecil, lalu sisihkan.

baca juga: Mencicipi Kuliner Ayam Bakar Taliwang Bedugul di Warung Makan Halal As-Siddiq

Es Daluman Khas Bali 2 » Es Daluman Khas Bali, Minuman Tradisional Mirip dengan Es Cincau

via IDN Times

Selain itu, Anda juga perlu mempersiapkan bahan lain berupa kolang-kaling, santan cair, gula aren atau gula jawa, serta es batu. Hal yang perlu diperhatikan adalah cara pembuatan santan yang agak berbeda dibandingkan dengan santan di tempat lain. Santan cair khas Bali dibuat dari kelapa bakar.

baca juga: Teh Beras Merah Khas Jatiluwih, Minuman Tradisional dari Bali yang Kaya Manfaat

Setelah itu, Anda bisa mencampurnya menjadi satu. Biasanya, cincau ditambahkan terlebih dulu ke dalam gelas. Selanjutnya, Anda perlu memasukkan kolang-kaling. Terkadang, Anda bisa menjumpai es daluman dengan disertai kolang-kaling, ada pula yang tidak. Langkah selanjutnya, Anda bisa memasukkan santan cair dan kemudian disertai dengan gula jawa.

Khasiat Kesehatan Es Daluman Khas Bali

Ketika Anda meminum es daluman, ada beberapa khasiat untuk kesehatan yang bisa didapatkan. Kebiasaan meminum es daluman bermanfaat dalam menyembuhkan gejala panas dalam. Panas dalam yang kerap membuat tenggorokan terasa tidak nyaman, biasanya muncul karena masalah pencernaan. Selain itu, es daluman juga berguna dalam menurunkan tekanan darah serta sebagai bahan anti racun.

baca juga: Kulineran Enak di Sari Organik Pulu Mujung Warung Kintamani Sambil Menyaksikan Keindahan Gunung Batur

Dengan khasiat kesehatan seperti itu, konsumsi es daluman dari Bali menjadi pilihan tepat ketika liburan ke Bali. Apalagi, di tengah panasnya Pulau Bali, es daluman menjadi minuman yang terasa menyegarkan. Apalagi, kalau Anda memilih es daluman yang didapatkan dari bahan alami yang tidak berbahaya bagi tubuh.

Untuk menikmati kesegara dari es daluman saat liburan ke Bali juga sangat mudah. Anda bisa menjumpai pedagang es daluman di pinggir jalan dengan sangat gampang. Hanya saja, Anda perlu memperhatikan higienitas tempat yang berjualan. Jangan sampai tempat tersebut ternyata menyediakan es daluman yang tak higienis. Apalagi, sampai menggunakan bahan-bahan yang tidak alami dan berbahaya bagi tubuh.

Sebagai alternatif, ada pula beberapa merek minuman es daluman yang ditawarkan dalam bentuk kemasan. Selain itu, Anda juga bisa memilih untuk memesan es daluman ketika singgah ke warung makan yang terkenal. Menyantap kuliner tradisional khas Bali dengan disertai es daluman, menjadi pengalaman bersantap yang sangat menarik.

Nah, itulah informasi mengenai jenis minuman tradisional khas Bali yang menyegarkan. Semoga informasi ini bermanfaat, ya.