Es Kolak Ancruk Khas Singaraja, Minuman dari Buleleng yang Menyegarkan

Es Kolak Ancruk Khas Singaraja

via Gita Madhusvara

Berada di wilayah paling utara di Pulau Bali, Buleleng merupakan kabupaten dengan kekayaan alam melimpah. Di sini, wisatawan dapat menjumpai destinasi wisata dalam berbagai bentuk, baik pantai, air terjun, dan lain-lain. Sebagai tambahan, Anda juga harus memastikan untuk mencicipi es kolak ancruk khas Singaraja yang begitu menyegarkan.

Untuk mendapatkan minuman khas Buleleng, Anda tak perlu bingung. Di Kota Singaraja yang merupakan Ibu Kota Kabupaten Buleleng, Anda dapat menjumpai beragam tempat yang menawarkan es kolak ancruk khas Singaraja. Menariknya lagi, saat ini kuliner khas Singaraja ini juga bisa dijumpai di berbagai kota lainnya di Bali.

baca juga: Pura Dalem Jagaraga Singaraja, Pura Unik dengan Relief Kehidupan Rakyat Bali di Zaman Kolonial

Es Kolak Ancruk Khas Singaraja 2 1024x1024 » Es Kolak Ancruk Khas Singaraja, Minuman dari Buleleng yang Menyegarkan

via Gita Madhusvara

Berburu Es Kolak Ancruk Khas Singaraja

Sebagai minuman yang begitu digemari di Buleleng, Anda dapat menemukan beragam tempat yang menawarkan es kolak ancruk. Bahkan, tak jarang, penjual es kolak ancruk menawarkan dagangannya di gerobak pinggir jalan. Sebagai opsi tambahan, tersedia pula warung atau tempat makan yang menyediakan minuman ini.

baca juga: Museum Gedong Kirtya Singaraja, Menyaksikan Koleksi Lontar Bali dengan Nilai Sejarah Tinggi

Di tengah panasnya Kota Singaraja, rasa segar dari es kolak ancruk menjadi pelepas dahaga yang begitu melegakan. Apalagi, penyajiannya disertai dengan es yang menjadi sarana untuk mendinginkan tubuh di suasana panas. Nah, hal yang lebih menarik lagi, minuman ini dibuat dengan bahan-bahan yang melimpah.

Es Kolak Ancruk Khas Singaraja 1 » Es Kolak Ancruk Khas Singaraja, Minuman dari Buleleng yang Menyegarkan

via YouTube

Es kolak ancruk memang cukup unik, bahkan bagi masyarakat Bali sekalipun. Biasanya, es khas Buleleng ini dibuat dengan mencampurkan berbagai jenis bahan, termasuk di antaranya adalah bubur sumsum, agar-agar, kolak, kolang-kaling, ancruk, kuah santan, serta yang terakhir adalah sirup untuk pemanis.

Dari bahan-bahan tersebut, Anda mungkin sudah mengenal semuanya, kecuali ancruk. Nah, ancruk ini merupakan bola-bola kecil berwarna-warni yang dimasukkan dalam minuman ini. Ancruk dibuat dengan bahan utama berupa tepung ketan yang kemudian dibentuk menjadi bola dan direbus.

Karena dibuat dengan bahan-bahan yang notabene halal, minuman khas Singaraja ini aman untuk para traveler muslim. Bahkan, bisa dibilang, es kolak ancruk khas Singaraja ini hampir selalu hadir di setiap perkampungan Islam yang ada di Kota Singaraja.

baca juga: Siobak Babi Khe Lok, Kuliner Khas Singaraja Perpaduan Unsur Bali dan Tiongkok

Ingin Membuat Es Kolak Ancruk Khas Singaraja Sendiri?

Nah, kalau Anda tidak dalam kondisi berlibur ke Singaraja, bisa saja membuat minuman ini sendiri. Hanya saja, tahapan yang diperlukan untuk membuat es kolak ancruk cukup ribet. Apalagi, Anda harus membuat ancruk, bubur sumsum, dan kemudian kolak.

Ancruk dibuat dengan mencampurkan tepung ketan dengan air panas dan diuleni sampai kalis. Selanjutnya, bentuk bulatan dan direbus sampai ancruk mengambang. Selanjutnya, bubur sumsum dibuat dengan campuran antara tepung beras, santan cair, serta daun pandan. Belum cukup sampai di situ, Anda juga harus membuat kolak. Kolak dibuat dengan bahan di antaranya adalah pisang raja matang, gula pasir, santan, serta daun pandan.

Setelah semua bahan tersebut siap, Anda tinggal mencampurnya, dan menambahkan sirup. Selanjutnya, suasana panas siang hari, bisa sedikit terasa lebih menyegarkan dengan kehadiran es dari Pulau Bali ini. Dengan tahapan pembuatan yang cukup memakan waktu, lebih baik Anda menyempatkan waktu untukk mencicipi minuman ini selagi berlibur ke Singaraja. Apalagi, harganya juga bakal tak terlalu mahal, kok!