Es Kuwut Khas Bali, Minuman Pencuci Mulut yang Menyegarkan

es kuwut khas Bali

via Buku Resep

Nama es kuwut khas Bali memang kurang begitu familier. Namun, ketika berada di Bali, Anda wajib mencoba minum minuman ini. Apalagi, di tengah suasana panas tepi pantai Bali, Anda bisa merasa minuman yang begitu menyegarkan. Bahkan, kesegaran yang didapatkan dari es kuwut melebihi es degan atau kelapa muda.

es kuwut khas Bali 2 » Es Kuwut Khas Bali, Minuman Pencuci Mulut yang Menyegarkan

via Cari Makan

Es kuwut sendiri merupakan jenis minuman yang kini mulai begitu banyak dijumpai di luar Pulau Bali. Minuman ini, secara khusus menjadi pilihan utama bagi masyarakat muslim yang tengah berpuasa. Kesegaran yang didapatkan dari minuman ini, membuat dahaga selama seharian bisa terlepas begitu saja.

baca juga: Jaje Uli Bali, Jajanan Tradisional yang Menjadi Pelengkap Upacara Keagamaan

Es Kuwut Khas Bali Dibuat dengan Daging Kelapa Muda

Membandingkan kesegaran dari es kuwut dengan es kelapa muda memang begitu tepat. Apalagi, kedua minuman dingin ini memang dibuat dengan bahan yang sama. Keduanya sama-sama dibuat dengan menggunakan bahan utama berupa daging kelapa muda. Hanya saja, bahan lain yang diperlukan untuk membuat es kuwut jauh lebih kompleks.

Meski begitu, cara pembuatan es kuwut terbilang cukup sederhana. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk bikin minuman dingin tradisional Bali ini juga begitu mudah. Di Bali, Anda juga bisa menemukan begitu banyak tempat makan yang menyediakan minuman berupa es kuwut khas Bali.

baca juga: Ayam Garang Asem, Kuliner Bali dengan Kuah Gurih dan Segar

es kuwut khas Bali 1 » Es Kuwut Khas Bali, Minuman Pencuci Mulut yang Menyegarkan

via Buku Resep

Selain di Bali, es kuwut kini sudah menyebar ke berbagai kota di Indonesia. Anda bisa menemukan penjual es kuwut dengan harga yang murah meriah di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Bogor, Bekasi, ataupun Tangerang. Harga dari es kuwut khas Bali juga begitu murah meriah. Anda bisa menikmati rasa segar es ini cukup dengan mengeluarkan uang Rp8 ribu.

Cara Membuat Es Kuwut Khas Bali

Namun, kalau Anda ingin mencoba berkreasi sendiri, membuat es kuwut tidaklah sulit. Bahan-bahan yang diperlukan untuk pembuatan es ini di antaranya adalah:

1. Satu buah kelapa muda yang sudah diserut
2. Setengah buah melon. Anda bisa memilih untuk menyerutnya atau memotong dalam bentuk bola atau kubus.
3. Air kepala sebanyak 800 ml.
4. 2 sendok makan biji selasih.
5. Gula pasir sebanyak 150 mili liter yang dilarutkan dalam air panas.
6. Air jeruk nipis.
7. Es batu secukupnya.

baca juga: Jaje Pisang Rai, Jajanan Tradisional Khas Bali Legit dan Lembut

Setelah mempersiapkan bahan-bahan tersebut, maka tahap berikutnya adalah dengan mencampurkan air kelapa dengan biji selasih, serta es batu. Anda dapat menempatkannya ke dalam sebuah gelas. Usahakan untuk tidak mengisi gelas sampai penuh, cukup setengahnya saja.

Langkah berikutnya, Anda bisa menuangkan air kelapa sampai pada tahapan kelapa muda dan melon terlihat mengambang. Langkah selanjutnya, Anda perlu memasukkan larutan gula sesuai dengan selera. Tak ketinggalan, Anda juga perlu membubuhkan air jeruk nipis yang memberi sensasi segar dan asam.

Cara penyajian es kuwut khas Bali bisa dilakukan dengan fleksibel. Anda bisa memilih untuk menyajikannya menggunakan gelas. Namun, kalau ingin menikmati es kuwut menggunakan mangkok juga tidak ada salahnya. Pilihan ada di tangan Anda.

Minuman ini paling enak kalau Anda nimkati pada waktu siang hari. Di tengah panasnya udara Bali, meneguk es kuwut akan terasa begitu segar. So, jangan lewatkan untuk mencicipi minuman khas yang satu ini, ya!