Es Tambring Khas Bali, Minuman Menyegarkan yang Berkhasiat Menyehatkan

Es Tambling Khas Bali

via Berita Agar

Banyak makanan enak yang bisa Anda temukan selagi berlibur ke Bali. Di waktu yang sama, masyarakat Bali juga memiliki beragam olahan minuman yang tidak kalah variatif. Banyak minuman tradisional yang bisa Anda cicipi selagi liburan ke pulau surga ini, salah satunya adalah es tambring khas Bali.

Es Tambring Khas Bali 1 » Es Tambring Khas Bali, Minuman Menyegarkan yang Berkhasiat Menyehatkan

via Babe

Es tambring menjadi jenis minuman tradisional yang sangat cocok ketika Anda ingin merasakan kesegaran di tengah suasana panas Pulau Bali. Apalagi, konsumsi minuman yang satu ini tidak hanya bisa membuat Anda merasa lebih segar. Di waktu yang sama, es tambring ternyata juga dibuat dengan bahan-bahan alami yang berkhasiat untuk kesehatan.

baca juga: Kedai Kopi M Aboe Talib Tabanan, Warung Kopi Legendaris Sejak Tahun 1940

Manfaat Es Tambring Khas Bali untuk Kesehatan

Ada banyak khasiat kesehatan yang bisa Anda dapatkan ketika meminum minuman tradisional Bali ini. Manfaat tersebut di antaranya adalah:

1. Meredakan gejala panas dalam

Khasiat meredakan gejala panas dalam bisa didapatkan karena es tambring memiliki kandungan berupa asam jawa. Panas dalam merupakan salah satu gangguan yang kerap muncul sebagai tanda bahwa tubuh mengalami gangguan. Biasanya, panas dalam merupakan imbas terjadinya gangguan sistem pencernaan. Nah, konsumsi asam jawa, berguna untuk meringankan gangguan tersebut.

baca juga: Laklak Biu Men Bayu, Kuliner Tradisional Khas Penebel yang Selalu Diburu Wisatawan

2. Meningkatkan sistem kekebalan dan pencernaan dalam tubuh

Keberadaan asam jawa yang ada pada es tambring juga baik dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Apalagi, asam jawa dalam es tambring disertai dengan air kelapa yang bisa memulihkan permasalahan pada sistem pencernaan. Di waktu yang sama, sakit kepala juga bisa terasa lebih ringan karena konsumsi air kelapa dalam es tambring.

3. Menurunkan kolesterol dan meningkatkan kesehatan jantung

Daging kelapa dalam es tambring khas Bali memiliki peran penting untuk bisa menurunkan kandungan kolesterol dalam tubuh. Bahan yang satu ini punya peran membantu proses pemecahan lemak tubuh. Di waktu yang sama, konsumsi daging kelapa yang sesuai aturan, bisa pula melindungi dan meningkatkan kesehatan jantung.

baca juga: Sate Mujair Khas Bangli, Kuliner Tradisional Unik yang Kini Mulai Langka di Bali

4. Sumber protein

Hal yang menarik dari bahan-bahan yang dipakai untuk pembuatan es tambring adalah penggunaan putih telur. Biasanya, putih telur dalam es tambring dalam kondisi mentah. Keberadaan putih telur, memberikan asupan protein tinggi ketika Anda minum es tambring.

Harga Es Tambling Khas Bali

Dengan khasiat kesehatan yang sangat besar, Anda akan merasakan manfaat berlipat ketika minum es tambling. Minuman ini memiliki rasa gurih yang berpadu dengan manis. Di dalamnya, Anda bisa menjumpai larutan gula jawa sebagai pemanis alami yang disertai dengan air kelapa. Selain itu, potongan daging kelapa serta putih telur ayam kampung juga membuat minuman dingin ini terasa spesial.

Penggunaan gula jawa memang menjadi standar dari cara pembuatan es tambring. Namun, tak menutup kemungkinan Anda juga bisa menjumpai es tambring yang dibuat dengan pemanis berupa gula pasir. Hanya saja, khasiat dari es tambring yang disertai dengan gula pasir, tidak setinggi seperti gula jawa.

Mengenai harganya, es tambling bisa didapatkan dengan uang yang tak terlalu banyak. Minuman segar ini bisa Anda temukan dengan mudah di pinggir jalan. Cukup dengan uang Rp10 ribu, Anda bisa menikmati kesegaran dari segelas es tambling yang punya khasiat kesehatan begitu tinggi. Tertarik?