Fakta Unik Dua Gunung Api di Bali, Gunung Batur dan Gunung Agung

Gunung Batur dan Gunung Agung

via Klook

Keindahan Pulau Bali menjadi fakta yang tak terbantahkan di mata wisatawan domestik dan internasional. Pulau ini berulang kali dinobatkan sebagai salah satu destinasi wisata terbaik dunia. Selain memiliki banyak pantai indah, Bali juga punya pemandangan dataran tinggi yang sangat memukau. Apalagi, Bali memiliki dua gunung cantik, Gunung Batur dan Gunung Agung.

Kedua gunung ini memang memiliki popularitas tinggi di mata para wisatawan. Keberadaan Danau Batur di kaki Gunung Batur menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Sementara itu, banyak pula wisatawan yang berlomba-lomba untuk berburu foto dengan latar belakang Gunung Agung yang megah.

Berbicara terkait keberadaan Gunung Batur dan Gunung Agung, kedua gunung ini ternyata punya fakta yang sangat menarik. Kalau Anda penasaran, berikut ini adalah 5 fakta yang bisa memenuhi rasa ingin tahu tersebut.

Gunung Batur dan Gunung Agung 1 1024x576 » Fakta Unik Dua Gunung Api di Bali, Gunung Batur dan Gunung Agung

via Baligo

1. Gunung Batur disebut sebagai ‘ibu’ dari Gunung Agung

Banyak orang yang tidak tahu bahwa Gunung Agung serta Gunung Batur memiliki hubungan yang sangat dekat. Bahkan, Gunung Batur yang kerap disebut sebagai salah satu gunung purba di Bali, merupakan ‘ibu’ dari Gunung Agung. Meski, dari tingkat ketinggiannya, Gunung Agung dikenal sebagai gunung tertinggi di Bali.

Kemunculan Gunung Agung tak bisa lepas dari letusan besar yang terjadi ribuan tahun lalu di Gunung Batur. Akibat letusan tersebut, muncullah Gunung Agung. Karena itu, tak heran kalau kedua ini berada pada lempengan yang sama. Dengan begitu, status aktivitas kedua gunung ini juga kerap saling berhubungan.

2. Gunung Agung dan Gunung Batur sebagai lingga buana di Bali

Gunung Agung memiliki status sebagai gunung paling penting yang memiliki nilai spiritual tinggi bagi masyarakat Bali. Gunung ini, konon dipercaya sebagai tempat tinggal para dewa. Namun, tahukah Anda kalau Gunung Agung serta Gunung Batur dipercaya sebagai lingga alam atau lingga buana oleh masyarakat Bali?

Gunung Batur dan Gunung Agung 2 1024x768 » Fakta Unik Dua Gunung Api di Bali, Gunung Batur dan Gunung Agung

via Vokamo

Mereka menganggap bahwa Gunung Agung merupakan perwujudan dari purusha (laki-laki). Sementara itu, wujud pradhana (perempuan) menjadi representasi dari Gunung Batur. Sinergi yang terjadi antara kedua gunung ini, berdampak positif pada kesejahteraan kepada masyarakat Bali.

3. Kaldera Gunung Batur Tercipta 23 tahun lalu

Keberadaan Kaldera Gunung Batur merupakan salah satu faktor yang membuat gunung ini begitu terkenal. Apalagi, kaldera ini telah berusia ribuan tahun dan dikenal sebagai salah satu kaldera terbesar dunia. Para peneliti percaya kalau proses pembentukan kaldera di Gunung Batur ini telah berlangsung sejak 23 ribu tahun lalu. Pembentukannya terjadi karena kekosongan kantung magma pada Gunung Batur.

4. Kedua gunung masih berstatus aktif

Gunung Batur dan Gunung Agung 3 » Fakta Unik Dua Gunung Api di Bali, Gunung Batur dan Gunung Agung

via Klook

Gunung Batur serta Gunung Agung sama-sama dikenal sebagai gunung api yang masih aktif. Beberapa waktu terakhir, pemerintah mengumumkan status waspada pada Gunung Agung, seiring dengan peningkatan aktivitas vulkanik di dalamnya. Sementara itu, Gunung Batur dalam beberapa tahun terakhir masih beristirahat. Sejak tahun 1804 sampai tahun 2005, telah terjadi sebanyak 26 letusan, terakhir kali berlangsung pada tahun 2000. Sementara itu, letusan paling hebat berlangsung pada rentang 2 Agustus sampai 21 September 1926.

5. Gunung Agung dan Gunung Batur memberi berkah tanah subur bagi masyarakat Bali

Gunung Agung dan Gunung Batur memang memberikan risiko berbahaya bagi masyarakat ketika terjadi letusan. Namun, kedua gunung ini di waktu yang sama juga menjadi berkah tersendiri kepada masyarakat Bali. Keberadaannya membuat tanah di sekitar gunung dikenal sebagai tanah yang subur. Oleh karena itu, banyak lahan pertanian serta perkebunan yang berkembang di sekitar dua gunung api ini.