Fakta Unik Jalan Tol Bali Mandara, Jalan Pertama di Pulau Dewata Bali

Jalan Tol Bali Mandara

Akses transportasi menjadi faktor penting yang bisa memberikan kemajuan pada industri sebuah daerah, termasuk industri pariwisata di Bali. Oleh karena itu, pemerintah melakukan berbagai upaya untuk kelancaran sarana transportasi di Bali. Salah satu upaya yang sudah dilakukan dan terbukti cukup efektif dalam mengurai kemacetan di Bali adalah dengan mendirikan Jalan Tol Bali Mandara.

Bali Mandara dikenal sebagai jalan tol pertama yang berdiri di Bali. Proses peresmiannya dilakukan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 23 September 2013. Saat ini, keberadaan Bali Mandara sangat krusial dalam mendorong kelancaran transportasi para wisatawan yang ingin melakukan liburan ke Bali.

Jalan Tol Bali Mandara 1 » Fakta Unik Jalan Tol Bali Mandara, Jalan Pertama di Pulau Dewata Bali

Terkait eksistensi Bali Mandara, ada beberapa fakta unik yang sangat menarik untuk diketahui. Jalan tol ini menghubungkan 3 wilayah yang terkenal sebagai destinasi wisata populer, yakni Nusa Dua, Tanjung Benoa, serta Bandara Internasional Ngurah Rai di Kuta. Ingin tahu apa saja fakta unik dari jalan tol ini? Yuk simak artikel ini lebih lanjut.

Berdesain Unik, Bali Mandara Adalah Jalan Tol Terapung Pertama di Indonesia, Lho!

Keunikan pertama yang bisa Anda temukan dari Bali Mandara adalah pada desain arsitekturnya. Jalan tol yang memiliki panjang mencapai 12,7 km ini menggunakan desain mengapung di atas permukaan laut. Selain itu, desain jalan tol ini juga dilakukan dengan mempertimbangkan semua pengguna jalan.

Jalan Tol Bali Mandara 2 » Fakta Unik Jalan Tol Bali Mandara, Jalan Pertama di Pulau Dewata Bali

Sebagai buktinya, Bali Mandara disertai dengan jalur untuk sepeda motor yang bisa dijumpai pada sisi kiri dan kanan. Tarif yang perlu dikeluarkan oleh para pengguna sepeda motor yang ingin melintas pun murah, hanya Rp4.500. Sementara itu, tarif untuk mobil, disesuaikan dengan ukuran seperti halnya jalan tol lain.

baca juga: Shuttle Bus Komotra, Pilihan Transportasi Wisata Khas Bali

Jalan Tol Bali Mandara Sepenuhnya Hasil Kreasi Anak Bangsa

Hal yang menarik selanjutnya dari keberada Bali Mandara adalah keberadaannya yang menjadi bukti kemandirian rakyat Indonesia. Proses pembangunan jalan tol ini sepenuhnya merupakan hasil kreasi anak bangsa. Material serta teknologi yang digunakan bukan berasal dari tenaga asing. Ditambah lagi, dana pembangunan jalan tol ini sama sekali tidak melibatkan suntikan dana APBN. Sebagai gantinya, dana didapatkan dari sindikasi antara bank BUMN dengan Jasa Marga.

Proses Pembangunan Bali Mandara yang Sangat Singkat

Melihat desain arsitektur yang unik dan canggih dari Bali Mandara, Anda mungkin menganggap bangunan ini butuh waktu pembangunan yang sangat lama. Namun, siapa sangka kalau proses pembangunan tol yang mengapung di atas permukaan laut ini ternyata sangat singkat. Proses pembangunannya dimulai dari bulan Maret 2012 dan berakhir pada Mei 2013.

baca juga: Fakta Unik Dua Gunung Api di Bali, Gunung Batur dan Gunung Agung

Waktu pembangunan yang singkat tak membuat kualitas bangunan dari Tol Bali Mandara sangat buruk. Sebaliknya, bangunan tol ini tak kalah jika dibandingkan dengan bangunan lain. Apalagi, bangunan ini masih tetap bisa berdiri kokoh di tengah hantaman ombak kencang yang ada di lautan.

Hanya saja, pembangunan jalan tol pertama Bali ini memang memberikan pengorbanan. Korban dari pembangunannya adalah hilangnya beberapa area hutan mangrove yang memiliki peran penting dalam mengatasi abrasi. Sebagai gantinya, pihak pengelola telah melakukan penanaman lebih dari 16 ribu pohon bakau setelah proses pembangunan selesai.

Itulah fakta unik yang bisa Anda ketahui dari keberadaan Bali Mandara yang kini menyediakan solusi transportasi lancar. Keberadaannya menjadi alternatif bagi Anda yang ingin menikmati keindahan pemandangan di Bali.