Fakta Unik Kelakuan Monyet di Uluwatu, Mencuri Barang untuk Ditukar Makanan

Kelakuan Monyet di Uluwatu

via Tribunnews

Keberadaan monyet di tempat wisata di Bali memang kerap menjadi hiburan tersendiri bagi para wisatawan. Terkadang, monyet tersebut terlihat menggemaskan. Namun, tak jarang pula monyet-monyet itu melakukan tindakan usil seperti mencuri barang milik para wisatawan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa kelakuan monyet di Uluwatu ternyata merupakan tindakan yang terstruktur.

Fakta tersebut diungkapkan oleh primatologis yang berasal dari Universitas Liege, Belgia bernama Fany Brocotne. Seperti dikutip dari Detik Travel, Fany melakukan penelitian mengenai kelakuan monyet di Uluwatu. Dari hasil penelitiannya, terungkap bahwa para monyet tersebut memang punya kebiasaan mencuri. Mereka mencuri beragam jenis barang, mulai dari topi, pena, dan lain-lain.

Kelakuan Monyet di Uluwatu 2 » Fakta Unik Kelakuan Monyet di Uluwatu, Mencuri Barang untuk Ditukar Makanan

via Tribunnews

Pengalaman menghadapi kelakuan monyet di Uluwatu yang mengesalkan itu juga dihadapi oleh Fany. Bahkan, dia mengaku kalau para monyet tersebut juga berupaya untuk mencuri data hasil penelitiannya. Untung saja, dia berusaha keras untuk mempertahankannya. Di waktu yang sama, dia mengungkapkan kalau aktivitas pencurian oleh para monyet di Uluwatu ternyata begitu banyak.

Kelompok Pencuri Barang Turis Menjadi Kelakuan Monyet di Uluwatu

Fany melakukan pengamatan terhadap 4 kelompok monyet yang setiap hari ada di kawasan Pura Uluwatu. Dari pengamatan tersebut, dia menjumpai bahwa ada 2 kelompok yang secara khusus melakukan aktivitas pencurian secara rutin. Menariknya lagi, dia mendapati bahwa barang-barang yang dicuri oleh para monyet kemudian dikumpulkan kepada pawang dengan imbalan makanan.

Peneliti mancanegara ini juga mengungkapkan kalau kelakuan monyet di Uluwatu yang begitu mengesalkan itu ternyata seolah sudah menjadi tradisi. Dari hasil pengamatannya, kawanan monyet tersebut seolah mewariskan kemampuan mencuri kepada anggota kawanan yang masih muda. Alhasil, tak mengherankan kalau saat ini begitu banyak kelompok monyet pencuri yang ada di sekitar Pura Uluwatu.

Kelakuan Monyet di Uluwatu 3 » Fakta Unik Kelakuan Monyet di Uluwatu, Mencuri Barang untuk Ditukar Makanan

via Tribunnews

Meski begitu, Fany mengungkapkan kalau kelakuan monyet di Uluwatu ini bukan untuk keperluan pribadi. Mereka kerap melakukannya untuk kepentingan kelompok. Apalagi, kawanan monyet tersebut mengalami permasalahan dalam memenuhi kebutuhan makan. Menghadapi kondisi seperti itu, mereka pun mau tidak mau melakukan pencurian yang kemudian ditukar dengan makanan. Jenis makanan yang kerap mereka dapatkan dari barang yang telah ditukar umumnya adalah pisang.

baca juga: Pura Bukit Sari Bali, Pura Tengah Hutan dengan Ratusan Monyet Menghiasinya

Kelakuan Monyet di Uluwatu Bukti Kepintarannya

Penelitian yang dilakukan oleh Fany ini juga mengungkapkan fakta yang mengejutkan dari para monyet. Kelakuan mereka yang berupaya untuk bertahan hidup dengan cara mencuri dan menukarkannya dengan makanan, menjadi bukti bahwa monyet punya tingkat intelejensi yang sangat tinggi. Tingkat kepintaran yang mereka miliki, memberikan kemampuan dalam meniru aktivitas yang kerap dilihatnya.

Kelakuan Monyet di Uluwatu 1 1024x683 » Fakta Unik Kelakuan Monyet di Uluwatu, Mencuri Barang untuk Ditukar Makanan

via Bali Terkini

Kelakuan monyet di Uluwatu ini tentu saja sangat meresahkan bagi para wisatawan, baik lokal ataupun mancanegara. Keberadaan mereka tentu saja sangat menganggu kenyamanan para pengunjung. Apalagi, kalau sampai monyet tersebut melakukan pencurian yang berdampak pada kerugian secara finansial.

baca juga: Monkey Forest Ubud, Tempat Wisata Wajib Dikunjungi di Bali

Oleh karena itu, bagi Anda para wisatawan yang ingin berlibur ke tempat wisata di Bali yang penuh dengan monyet ekor panjang, pastikan untuk berhati-hati. Anda boleh saja terkesima dengan tingkah lucu para monyet. Namun, Anda harus memastikan untuk tetap waspada dan menjaga barang-barang bawaan. Jangan sampai barang bawaan tersebut dicuri oleh monyet untuk kemudian mereka tukar dengan pisang.