Festival Layang-Layang Bali, Suasana Seru Penuh Kreativitas Masyarakat Bali

festival layang-layang bali

via Tirto

Di Bali juga sering sekali terdapat pertunjukan drama atau festival-festival. Festival Layang-Layang Bali merupakan salah satunya, dan merupakan festival yang populer. Festival Layang-Layang kerap diadakan di tepian pantaiyang memiliki angin cuku kuat sehingga dapat menerbangkan layang-layang.

Festival layang-layang Bali juga memiliki filosofi dimana layang-layang merupakan permaianan sejak warga Bali kanak-kanak hingga perwujudan rasa terima kasih kepada dewa. Ada beberapa poin yang menjadi penilaian, mulai dari kreatifitas hingga bentuk layang-layang.

festival layang layang bali 3 1024x559 » Festival Layang-Layang Bali, Suasana Seru Penuh Kreativitas Masyarakat Bali

via Katalogwisata

Asal Usul Festival Layang-Layang Bali

Bermain layang-layang sendiri juga merupakan salah satu kebiasaan warga Bali sejak dulu, mulai dari kalangan anak-anak, remaja, orang dewasa, laki-laki dan wanita menggemari permainan layangan ini. Menurut kepercayaan agama Hindu juga meyakini terdapat mitologi seorang yang bernama Rareangon yaitu penjelmaan dari Dewa Siwa sedang menggembalakan kerbaunya di tengah sawah. Rareangon sendiri dipercaya sebagai pelindung sawah saat terjadinya hama wereng, jadi permainan layangan ini juga menjadi bentuk persembahan dari warga Bali.

baca juga: Donkey Skatepark Legian, Alternatif Mengisi Liburan dengan Kegiatan Skateboard

Waktu Pelaksanaan Festival Layang-Layang Bali

Apabila anda sedang berlibur di sekitar bulan Juli, biasanya anda akan menjumpai festival ini. Festival layang-layang Bali atau Bali Kite Festival adalah acara tahunan yang digelar di saat musim kemarau. Saat musim kemarau ini angin berhembus dengan bagus, langit pun cerah sehingga sangat cocok digunakan untuk menerbangkan layangan.

festival layang layang bali 1 1024x579 » Festival Layang-Layang Bali, Suasana Seru Penuh Kreativitas Masyarakat Bali

via Tirto

Lokasi Pelaksanaan Festival Layang-Layang Bali

Festival layang-layang ini merupakan festival internasional yang dilaksanakan di daerah Pantai Padang Galak, Sanur, Bali. Berbagai bentuk layangan dalam ukuran raksasa yaitu lebar 4 meter dan panjang 10 meter dikompetisikan dan diterbangkan. Para peserta berkompetisi dalam bentuk tim. Di setiap tim akan terdapat orang-orang yang menerbangkan layangan dan ada yang memainkan gamelan serta pembawa bendera.

baca juga: Bali Putra Villa Ubud, Pilihan Penginapan Ekonomis dengan Fasilitas yang Lengkap

Festival Layang-Layang Bali Jadi Ajang Kreativitas Warga

Beragam layang-layang tradisional Bali diterbangkan seperti, Babean yaitu layangan berbentuk ikan, Janggan yaitu memiliki bentuk burung, pecukan yaitu berbentuk daun. Layang-layang babean merupakan layang-layang dengan ukuran terbesar, kemudian Janggan memiliki ekor dari kain dengan panjang dapat melebihi 100 meter.

Ukuran layang-layang dalam festival ini memang benar-benar menakjubkan. Layang-layang ini juga dapat menghasilkan dengungan suara atau disebut dengan guwang, dimana suara tersebut dihasilkan dari getaran pada tali busurnya. Selain terdapat layangan tradisional terdapat juga layang-layang kreasi baru seperti layang-layang yang menggambarkan dewa-dewa Hindu, berbentuk 3D seperti mobil ikut berkompetisi.

baca juga: Kuta Carnival Bali, Festival Yang Dinantikan Turis Lokal Dan Asing

festival layang layang bali 2 » Festival Layang-Layang Bali, Suasana Seru Penuh Kreativitas Masyarakat Bali

via Sportourism

Tidak hanya kreativitas dalam mendesain layang-layang saja, dalam kompetisi ini cara setiap tim menerbangkan layang-layangnya juga dinilai, lalu seberapa lama layangan akan bertahan terbang. Untuk menerbangkan layangan dalam setiap tim terdapat 10 orang atau lebih tergantung seberapa besar layang-layang.

Saat melihat Festival Layang-Layang Bali ini, anda akan melihat berwarna-warni dan berbagai macam bentuk layang-layang menghiasi langit Sanur. Alunan musik gamelan pun mengiringi setiap gerakan layangan yang sedang melayang-layang di udara. Anda dapat mengabadikan berbagai keindahan layangan melalui sebuah foto.

Siapapun yang datang pasti akan dibuat kagum oleh eloknya layang-layang yang ada di Festival Layang-layang Bali. Festival Layang-layang berakhir ketika sore menjelang, dimana angin sudah tidak berhembus kencang. Benar-benar merupakan festival yang megah dan menakjubkan.