Festival Tahunan Bali

Selain pariwisata, pemerintah Bali kerap kali membuat festival tahunan untuk menarik wisatawan datang berkunjung. Tak hanya untuk menarik minat wisatawan saja tetapi juga melestarikan budaya dan adat setempat.

Kini festival tahunan Bali menjadi salah satu objek wisata dan wajib dinantikan bagi Anda yang ingin merasakan cara liburan berbeda. Bali telah lama menjadi menjadi tuan rumah festival lokal maupun internasional, sehingga sayang jika Anda melewatkannya.

Festival Tahunan Bali 1 » Festival Tahunan Bali Yang Wajib Dinantikan

via Genpi

Berikut festival tahunan Bali yang patut Anda nantikan.

1. Pesta Kesenian Bali

Pesta Kesenian Bali merupakan festival tahunan yang paling ditunggu masyarakat Bali dan wisatawan. Berbagai jenis kesenian sepertu tari, musik, kerajinan tangan dan lain-lain ditampilkan. Jenis kesenian yang ditampilkan pun tak hanya khas Bali namun seluruh nusantara.

Setiap tahunnya Pesta Kesenian Bali memiliki tema berbeda. Festival tahunan ini diadakan dari tanggal 11 Juni sampai 9 Juli setiap tahunnya.

2. Festival Layang-Layang

Festival yang satu ini termasuk festival skala internasional, bagaimana tidak acara ini selalu diikuti oleh peserta dari internasional Kite Flying Club. Berbagai ukuran, style dan warna dari layang-layang akan menghiasi langit biru.

baca juga: Festival Layang-Layang Bali, Suasana Seru Penuh Kreativitas Masyarakat Bali

Festival ini diadakan ketika musim angin yakni sekitar bulan Juli, Agustus bahkan hingga Oktober. Khusus tahun ini, Festival Layang Layang diadakan bulan Juli hingga Oktober di Pantai Padanggalak, Sanur, Bali.

3. Kuta Karnival

Kuta Karnival merupakan agenda tahunan pemerintah sejak tahun 2003 pasca bom bali yang menyurutkan kunjungan wisatawan. Festival ini diadakan di sepanjang Pantai Kuta dan diadakan setiap bulan Oktober.

baca juga: Kuta Carnival Bali, Festival Yang Dinantikan Turis Lokal Dan Asing

Kuta Karnival dimeriahkan oleh banyak program acara seperti Bali art, fashion carnival, food festival, dan masih banyak lagi. Featival ini adalah featival yang paling ditunggu wisatawan lokal maupun internasional.

4. Denpasar Festival

Festival yang satu ini sangat menarik sebab digelar jelang pergantian tahun setiap tahunnya yakni dari 28 hingga 31 Desember, kegiatan ini berlangsung di areal Jalan Gajah Mada hingga titik nol kilometer Kota Denpasar di perempatan Patung Catur Muka.

Denfest menampilkan ragam seni budaya, ragam tekstil, kuliner, dan lain-lain. Ada baiknya jika Anda datang ketika malam hari sebab jalanan akan tampak lebih indah dengan hiasan lampu-lampu.

5. Festival Ogoh Ogoh

Sebelum hari Nyepi ada festival ogoh-ogoh. Festival ini adalah festival yang memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Festival ini diadakan saat sore hari menjelang matahari terbenam.

Ogoh-ogoh sendiri merupakan boneka yang sedemikian rupa dan menjadi simbol unsur-unsur negatif. Pada puncak acara, patung ogoh-ogoh dibakar dan memiliki tujuan spiritual agar unsur-unsur negatif menjauh dan tidak mengganggu kegiatan hari Nyepi nanti.

6. Bali International Film Festival

Bali International Film Festival atau sering disebut Balinale ini berlangsung pada bulan September. Festival ini tak hanya diperuntukkan bagi sineas perfilman saja, namun juga untuk wisatawan.

Penyelenggara menghadirkan berbagau film panjang, pendek, fiksi dan dokumenter untuk ditonton bersama oleh wisatawan.

7. Sanur Village Festival

Sanur Village Festival kerap diadakan pada bulan Agustus di Masionette Area, Inna Grand Bali Beach Hotel, Sanur, Bali. Festival ini menyuguhkan Sanur run, sanur kreatif expo, food heritage, fun games dan maaih banyak lainnya.

Apabila Anda tertarik dengan festival tahunan Bali diatas sehingga Anda dapat mengosongkan jadwal sesuai festival yang Anda minati. Jangan sampai ketinggalan kemeriahan dan keseruan festival tahunan Bali.