Goa Maria Air Sanih Singaraja, Wisata Rohani Umat Katolik di Bali


Memiliki reputasi sebagai destinasi pulau seribu pura, Bali tidak hanya memiliki wisata religi untuk umat Hindu. Anda juga bisa menemukan wisata rohani yang ditujukan untuk umat Katolik. Salah satu lokasi yang dapat Anda kunjungi adalah Goa Maria Air Sanih Singaraja atau yang kerap disebut dengan Gomas Singaraja. Lokasi wisata ini berada tidak jauh dari Yeh Sanih yang merupakan salah satu destinasi wisata cukup populer di Singaraja.

Goa Maria Air Sanih Singaraja
via ariputri_photo

Sesuai dengan namanya, Goa Maria Air Sanih merupakan wisata rohani yang menjadi lokasi ziarah para umat Katolik. Di sini, Anda bisa menemukan gua yang di dalamnya terdapat patung Bunda Maria. Bagi wisatawan yang beragama Katolik, Gua Maria memiliki peran penting, sebagai tempat yang bisa dikunjungi untuk napak tilas dalam memperingati kisah Yesus Kristus yang meninggalkan jalan penuh dosa menuju jalan yang dituntun Tuhan.

Ada Apa Saja di Goa Maria Air Sanih Singaraja?

Goa Maria Air Sanih menawarkan suasana wisata rohani yang benar-benar menyejukkan hati. Di sini, Anda akan menyaksikan keberadaan gua yang dikelilingi area rindang. Anda juga akan menemukan keberadaan taman doa yang sejuk, sehingga nyaman untuk digunakan sebagai lokasi berdoa. Sebagai tambahan, terdapat rute jalan salib yang merupakan tempat untuk mengenang kisah Yesus Kristus ketika menuju Bukit Golgota.

Goa Maria Air Sanih Singaraja
via dhieliciouz

Rute jalan salib yang ada di Goa Maria Air Sanih juga sengaja ditempatkan di ara yang rindang, di antara perkebunan buah dan pepohonan besar. Dengan begitu, rute jalan salib di sini bisa menawarkan tempat yang tepat untuk merefleksikan diri sendiri tanpa terganggu oleh ketidaknyamanan dari teriknya sinar matahari. Dengan kenyamanan seperti itu, tempat ini juga bisa menjadi lokasi kunjungan yang cukup tepat ketika Anda mengajak si kecil.

Fasilitas pendukung yang ada di Goa Maria Air Sanih juga cukup lengkap. Anda akan menemukan keberadaan petugas yang secara rutin menjaga area Goa Maria. Selain itu, Anda dapat pula memanfaatkan fasilitas penginapan kalau ingin bermalam. Tidak ketinggalan, tersedia kamar mandi dengan tingkat kebersihan yang baik serta toko suvenir.

Sejarah Goa Maria Air Sanih di Bali

Keberadaan Goa Maria Air Sanih sebenarnya tidak terlalu lama. Eksistensi gua ini tidak lepas dari keinginan Romo Willy M Batuah CDD yang memiliki ketertarikan dengan Wisata Air Sanih. Oleh karena itu, beliau kemudian membeli tanah seluas 3 hektare di area sekitar Air Sanih, berjarak kurang lebih 1,7 km. Selanjutnya, Romo Willy punya keinginan agar area tersebut bisa dijadikan sebagai lokasi berdoa.

Goa Maria Air Sanih Singaraja
via christ_anindita

Wisata Yeh Sanih memang secara khusus menjadi salah satu tempat wisata unik di Bali. Di tempat ini, Anda akan menjumpai mata air tawar yang lokasinya berada di tepi pantai. Mata air ini punya keunikan dengan adanya aliran air yang menuju ke lautan.

Hanya saja, pendirian tempat berdoa di area sekitar Wisata Air Sanih membutuhkan waktu yang cukup panjang. Upaya ini baru terwujud pada tanggal 23 Oktober 2005 dengan berdirinya Goa Maria Air Sanih. Pada proses pembuatannya, terdapat patung Bunda Maria yang merupakan hasil karya dari mendiang Stefanus Bambang Triadji yang dikenal sebagai seniman spesialis patung. Goa ini kemudian memperoleh pemberkatan dari Mgr. DR Benyamin Yosef Bria Pr.

Cara Menuju Goa Maria Air Sanih

Tempat wisata rohani Katolik ini dapat Anda temukan Dusun Yeh Sanih yang ada di Desa Bukti, Kecamatan Kubu Tambahan, Buleleng. Kalau dari Denpasar, Anda perlu menempuh perjalanan sejauh 92 km untuk sampai ke tempat ini. Anda dapat menjangkau tempat ini dari Denpasar dengan menggunakan jalur menuju Sangeh dan Pelaga dengan perjalanan berkendara sekitar 3 jam. Selain itu, lokasinya juga dekat dengan Pantai Lovina, hanya terpisahkan jarak sekitar 20 km.


Like it? Share with your friends!

Imam Baihaki