Gua Jepang Klungkung, Wisata Bersejarah Murah Meriah yang Unik di Bali

Gua Jepang Klungkung

Di Bali terdapat tempat bersejarah peninggalan Jepang yang menarik perhatian, yaitu Gua Jepang Klungkung. Pada jaman dahulu, tempat ini dibangun oleh Jepang dengan tujuan sebagai tempat untuk perlindungan melawan musuh oleh tentara Jepang. Di Indonesia sendiri sebenarnya terdapat beberapa gua Jepang dan salah satunya yang ada di Bali, yaitu di daerah Klungkung.

Lokasi gua Jepang ini berada di pinggir jalan raya utama yang menghubungkan anatara Kabupaten Klungkung dan Gianyar, dibuat pada dinding tebing yang cukup tinggi. Tebingnya memiliki bentuk melengkung mengikuti kontur pinggir jalan. Gua Jepang Klungkung dibangun sekitar tahun 1941 – 1942, pada awal kekuasaan Jepang.

Gua Jepang Klungkung 2 » Gua Jepang Klungkung, Wisata Bersejarah Murah Meriah yang Unik di Bali

Panorama Gua Jepang Klungkung

Gua Jepang Klungkung memiliki lubang sebanyak 16. Enam belas lubang-lubang tersebut berjejer sepanjang kurang lebih 200 meter di kaki tebing. 14 lubang gua saling berhubungan dan dihunbungkan oleh sebuah lorong yang memanjang dari utara ke selatan. Untuk 2 lubang lainnya letaknya terpisah pada bagian ujung kanan dan kiri berdiri sendiri. Lubang-lubang gua tersebut memiliki kedalaman sekitar 4 meter dengan ketinggian kurang lebih 2 meter.

Gua Jepang ini terlihat seperti tidak ada penjaganya, namun keadaan di dalam gua terjaga kebersihannya. Memang tidak begitu banyak wisatawan berkunjung disini, kebanyakan yang berkunjung juga adalah wisatawan asing. Hal ini dikarenakan Gua Jepang tersebut memiliki aura yang cukup mistis. Suasana di dalam goa pun gelap dan terasa lembab.

baca juga: Istana Tampak Siring, Destinasi Wisata Sejarah Eksotis di Bali

Karena dulunya gua ini juga dijadikan sebagai tempat untuk pembantaian tentara Jepang oleh tentara sekutu. Banyak tentara Jepang terbunuh di dalam sini. Maka dari itulah sering sekali muncul kejadian-kejadian aneh di sekitar gua.

Namun, terlepas dari itu, keadaan di sekitar gua ini cukup indah. Area sekitar gua yang dekat dengan jalan raya cocok dijadikan sebagai tempat berisitirahat. Anda dapat mampir kesini untuk beristirahat sambil berfoto-foto. Banyak tanaman hijau tumbuh di seberang jalan maupun di atas tebing, membuat suasana disekitarnya terasa sejuk dan teduh.

baca juga: Monumen Bom Bali (Monumen Ground Zero), Wisata Bersejarah Mengingat Peristiwa Bom Bali

Selain itu di dekat Gua Jepang Klungkung, tepatnya di sebuah taman hijau yang terawat dengan baik di ujung deretan gua Jepang Klungkung dekat dengan jembatan, terdapat patung gajah besar yang di atas punggungnya terdapat patung rusa kecil berwarna merah dengan bintik-bintik putih. Di sekitar kawasan ini juga terdapat pura kecil yang digunakan untuk tempat sembahyang.

Bagi anda yang ingin melihat-lihat gua Jepang Klungkung, anda tidak akan dikenai biaya tiket masuk alias gratis. Anda dapat bebas melihat-lihat gua Jepang tersebut.

Lokasi Gua Jepang Klungkung

Untuk anda yang penasaran dengan Gua Jepang Klungkung ini, anda dapat langung datang ke lokasinya, yaitu di Banjar Koripan, Desa Banjarangkan, Kecamatan Banjarangkan, Klungkung, Bali.

Letaknya kurang lebih 4,5 kilometer sebelah barat Kota Semarapura, Klungkung. Apabila dari kota Denpasar jaraknya kurang lebih 30 kilometer melalui By Pass Ida Bagus Mantra atau membutuhkan waktu perjalanan sekitar 50 menit berkendara.

baca juga: Taman Gili Kerta Gosa, Tempat Wisata Bersejarah Peninggalan Kerajaan Klungkung

Lokasi Gua Jepang Klungkung ini dekat atau searah dengan beberapa objek wisata lainnya, seperti Taman Nusa Gianyar, Museum Gunarsa, Waterboom Bukit Jati, dan Kertha Gosa. Anda dapat datang ke Gua Jepang ini bersama dengan teman-teman ataupun keluarga anda.

gambar via Situs Budaya