Ikan Pictured Dragonet, Jenis Ikan Eksotis dari Bali yang Kini Makin Langka

Ikan Pictured Dragonet

via Ocean Docs

Kekayaan alam yang dimiliki Bali, terutama kekayaan alam bawah lautnya sungguh sangat melimpah. Apalagi, perairan di Bali memiliki terumbu karang luas yang menjadi rumah bagi beragam jenis makhluk laut ekostis. Salah satunya adalah ikan pictured dragonet yang merupakan salah satu ikan eksotis Bali.

Ikan ini memiliki nama latin Synchiropus picturatus. Penampilannya hampir mirip dengan Synchiropus splendidus atau mandarinfish. Hanya saja, tampilan dari ikan dragonet khas Bali yang satu ini terlihat lebih eksotis dengan motif yang lebih berwarna. Sayangnya, ikan yang juga kerap disebut sebagai western dragonet kini mulai langka di Bali.

ikan pictured dragonet 1 » Ikan Pictured Dragonet, Jenis Ikan Eksotis dari Bali yang Kini Makin Langka

via Mongabay

Keunikan Ikan Pictured Dragonet

Ikan laut yang satu ini memiliki tubuh yang terlihat begitu unik. Ukurannya tidak terlalu besar. Namun, motif di sepanjang tubuhnya menjadikan ikan ini sebagai ikan laut yang istimewa. Anda akan menjumpai motif yang berwarna-warni membuat ikan ini terlihat begitu mencolok.

baca juga: Gili Tepekong Padang Bai, Pengalaman Menikmati Alam Bawah Laut Tercantik di Bali

Ikan pictured dragonet memang punya kesamaan motif dengan ikan dragonet lain. Hanya saja, bentuk motif pada kedua jenis ikan dragonet ini punya perbedaan mencolok. Pada ikan dragonet mandarinfish, pola yang kerap muncul di permukaan tubuhnya berupa motif garis-garis. Lain halnya dengan pictured dragonet yang memiliki pola warna-warni berbentuk bulat.

Habitat Asli Ikan Pictured Dragonet Unik di Bali

Eksistensi ikan western dragonet kerap membuat para penyelam begitu tertarik untuk memotretnya secara langsung. Ikan ini biasanya bisa ditemukan di area terumbu karang yang sudah mati. Mereka memanfaatkan terumbu karang tersebut sebagai sarana perlindungan dari predator yang bisa datang kapan saja dan di mana saja.

ikan pictured dragonet 3 » Ikan Pictured Dragonet, Jenis Ikan Eksotis dari Bali yang Kini Makin Langka

via Alamy

Pictured dragonet ini juga kerap dijumpai tengah berenang secara berpasangan. Tidak ada informasi yang jelas mengenai waktu musim kawin dari ikan laut yang bisa dijumpai di perairan Bali ini. Hanya saja, menurut pengamatan para peneliti dan penyelam, ikan ini kerap terlihat sedang bereproduksi ketika suhu air laut dalam kondisi rendah.

baca juga: Gili Selang Karangasem, Destinasi Wisata Terbaru dengan Pemandangan Memukau

Kalau Anda ingin menyaksikan secara langsung keberadaan ikan pictured dragonet, pastikan untuk memilih waktu penyelaman yang tepat. Pictured dragonet paling sering dijumpai ketika pagi hari saat matahari baru terbit. Selain itu, Anda juga berkesempatan untuk menyaksikan keunikan ikan ini ketika matahari terbenam.

ikan pictured dragonet 2 1024x576 » Ikan Pictured Dragonet, Jenis Ikan Eksotis dari Bali yang Kini Makin Langka

via Ocean Docs

Hal yang perlu diperhatikan, ikan ini memang lebih menyukai perairan dengan suhu yang rendah. Meski begitu, ikan ini merupakan jenis ikan yang hidup di area perairan tropis. Sebagai buktinya, ikan pictured dragonet banyak dijumpai di perairan sekitar Bali serta beberapa kawasan di Australia.

baca juga: Gili Mimpang Padangbai, Tempat Diving Favorit untuk Memperoleh Kesempatan Bertemu Ikan Mola-Mola

Ikan Pictured Dragonet Sebagai Daya Tarik Wisatawan Asing ke Bali

Keberadaan ikan pictured dragonet tidak hanya menjadi bukti kekayaan alam laut yang dimiliki Bali. Ikan eksotis ini juga bisa dimanfaatkan sebagai sarana untuk menarik kedatangan wisatawan asing, utamanya para diver.

Hanya saja, pengetahuan yang rendah mengenai potensi keunikan dan eksotisme ikan ini membuatnya banyak diacuhkan oleh pemerintah setempat. Padahal, kalau eksistensinya dijaga, bisa dipastikan banyak orang yang tertarik untuk melihat ikan ini dan berbondong-bondong melakukan aktivitas penyelaman di perairan Bali. Anda juga pun pasti bakal terpesona oleh keunikan ikan ini.