Ingin Liburan Berkunjung ke Pura Terkenal di Bali? Perhatikan Aturannya Terlebih Dulu, ya!

tips liburan ke pura di Bali

Pantai bukan satu-satunya daya tarik dari Pulau Bali. Pulau ini juga terkenal sebagai pulau dengan banyak pura yang cantik. Beberapa pura yang sering dikunjungi wisatawan di Bali antara lain adalah Pura Ulun Danu Beratan, Pura Besakih, ataupun Pura Luhur Uluwatu. Kesempatan berkunjung ke pura-pura tersebut menjadi momen menarik untuk berburu foto yang cantik.

tips liburan ke pura di Bali 1 1024x768 » Ingin Liburan Berkunjung ke Pura Terkenal di Bali? Perhatikan Aturannya Terlebih Dulu, ya!

via @danny_natthapon

Namun, ada hal yang harus Anda perhatikan ketika memutuskan untuk liburan ke pura di Bali. Apalagi, pura yang terkenal. Hal tersebut tidak lain adalah terkait masalah kesopanan. Jangan sampai pengalaman liburan berkunjung ke pura menjadi momen buruk yang mengganggu kegiatan bersenang-senang di Bali.

Tips Liburan ke Pura di Bali

Ada 4 hal penting yang perlu diperhatikan ketika ingin masuk ke area pura di Bali. Apa saja hal penting tersebut? Berikut ini adalah hal-hal yang harus diperhatikan:

1. Patuhi aturan yang ada
Hal pertama yang perlu diperhatikan ketika masuk ke area pura di Bali adalah dengan memperhatikan aturan. Pastikan untuk membaca terlebih dahulu aturan yang tengah berlaku di masing-masing pura. Apalagi, posisi Anda yang ingin masuk ke pura itu adalah sebagai seorang tamu, bukan beribadah.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk terlebih dahulu bertanya kepada orang yang berada di pura terkait masalah aturan. Pastikan bahwa Anda memperoleh izin untuk memasuki area pura. Umumnya, terdapat penjaga khusus yang ditempatkan di pintu masuk setiap pura.

Kalau memang tidak ada petugas di pintu masuk, coba cari peraturan tertulis yang mungkin saja terpampang di salah satu bagian bangunan. Kalau ada, baca aturan tersebut secara menyeluruh. Aturan ini terkait beragam hal, mulai dari cara pengambilan foto, pakaian, dan sebagainya.

2. Jangan ganggu pengunjung yang tengah beribadah
Sekali lagi, Anda datang sebagai tamu. Sementara itu, ada pula orang lain yang datang ke pura dengan tujuan untuk beribadah. Apalagi, pura merupakan bangunan yang didirikan dengan fungsi utama sebagai tempat ibadah. Oleh karena itu, pastikan kedatangan Anda tidak mengganggu pengunjung lain yang tengah melakukan prosesi ibadah.

Hal yang sering terjadi adalah, ketika wisatawan dengan seenaknya melintasi bagian depan seorang pengunjung yang tengah beribadah. Hal seperti ini bisa mengganggu kekhusyukan mereka. Oleh karena itu, alih-alih lewat di bagian depan, pastikan untuk memilih jalur di deretan terbelakang.

3. Wanita yang tengah datang bulan tak boleh masuk pura
Kalau Anda adalah seorang wanita, pastikan tengah dalam kondisi tidak datang bulan atau menstruasi. Demikian pula dengan teman sesama wisatawan yang ada dalam satu rombongan. Perlu diketahui, setiap pura yang ada di Bali, secara umum melarang kunjungan bagi wanita yang tengah dalam kondisi cuntaka alias menstruasi.

tips liburan ke pura di Bali 2 1024x1024 » Ingin Liburan Berkunjung ke Pura Terkenal di Bali? Perhatikan Aturannya Terlebih Dulu, ya!

via @verenilicious

Selain itu, ada pula larangan yang ditujukan bagi wanita yang baru melahirkan, dalam suasana berkabung, atau bayi yang belum menjalani upacara 3 bulanan. Hanya saja, aturan ini tidak berlaku bagi laki-laki. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui adanya aturan ini ketika ingin memasuki pura-pura di Bali.

4. Kenakan pakaian yang sopan
Masyarakat Bali memang tidak terlalu mempermasalahkan ketika ada bule yang berpakaian minim di tengah jalan. Namun, lain halnya ketika pakaian tersebut digunakan saat berkunjung ke pura yang notabene adalah tempat ibadah. Bisa-bisa, ada petugas yang langsung mengusirnya.

Bagaimana kriteria pakaian yang sopan? Pastikan untukt tidak menggunakan celana atau rok pendek. Kalau tengah mengenakan rok pendek atau celana pendek, pertimbangkan untuk menyewa kain atau sarung yang biasa ditemukan di area sekitar pura. Selain itu, ketika masuk ke area pura, Anda juga biasanya diharuskan untuk melepas alas kaki.

Dengan mengikuti 4 tips tersebut, Anda bisa melakukan aktivitas serta menjelajahi beragam bagian pura secara menyeluruh. Secara khusus, aktivitas yang banyak dilakukan ketika tengah berada di dalam pura adalah berburu foto yang menarik.