Ingin Membeli Oleh-Oleh Lukisan Seniman Bali? Ini Tips yang Perlu Diperhatikan

Lukisan Seniman Bali

Membawa pulang oleh-oleh dari liburan ke Bali menjadi kebiasaan sebagian besar wisatawan. Pilihan oleh-oleh tersebut bisa beragam. Nah, kalau Anda ingin mencari buah tangan yang spesial, kenapa tidak mempertimbangkan untuk membawa oleh-oleh berupa lukisan seniman Bali?

Untuk membawa pulang oleh-oleh ini, Anda bisa menemukan beragam pilihan galeri yang bisa dikunjungi. Kalau ingin memperoleh opsi yang banyak, pertimbangkan untuk menuju ke wilayah Ubud yang sudah lama dikenal sebagai pusatnya kesenian khas Bali. Namun, Anda juga bisa memilih untuk berkunjung ke galeri seni lain yang ada di luar Ubud.

Rekomendasi Galeri Lukisan Seniman Bali

Kalau bingun dengan galeri mana saja yang sebaiknya dikunjungi, berikut ini 5 rekomendasi galeri lukisan seniman Bali yang bisa Anda pertimbangkan:

1. Oxel Art Painting

Lukisan Seniman Bali 1 » Ingin Membeli Oleh-Oleh Lukisan Seniman Bali? Ini Tips yang Perlu Diperhatikan
Galeri seni lukisan yang satu ini menawarkan konsep seni yang unik. Lokasinya juga bisa mudah ditemukan di alamat Jl. Basangkasa Nomor 19, Kuta. Anda bisa mampir ke galeri seni yang satu ini ketika melakukan perjalanan kembali ke bandara.

Pilihan jenis lukisan yang bisa Anda temukan di sini juga cukup beragam. Anda bisa mendapatkan lukisan dengan nuansa ceria menggunakan beragam warna yang mencolok. Namun, ada pula lukisan yang sengaja dibentuk dengan menampilkan nuansa yang gelap. Secara umum, model lukisan yang bisa Anda temukan di sini menggunakan konsep tradisional.

2. Reservo Art Gallery

Lukisan Seniman Bali 2 » Ingin Membeli Oleh-Oleh Lukisan Seniman Bali? Ini Tips yang Perlu Diperhatikan
Pilihan galeri seni lukis berikutnya adalah Reservo Art Gallery. Lokasi galeri seni lukis yang satu ini tak jauh dari Oxel Art Painting, yakni di alamat Jl. Raya Basangkasa Bali. Hanya saja, konsep lukisan yang bisa ditemukan di tempat ini berbeda 180 derajat dengan di Oxel.

baca juga: House of Alaia Canggu, Tempat Belajar Sekaligus Mencari Oleh-Oleh Unik dari Bali

Lukisan yang dipajang di tempat ini, umumnya menampilkan kesan yang aneh, unik, dengan sentuhan wacky pop art. Selain itu, lukisan yang dipajang juga menjadi refleksi kontemplatif dari seniman yang membuatnya, termasuk lewat penggunaan teknik melukis.

3. Adipati Soeryo Art Gallery

Lukisan Seniman Bali 3 » Ingin Membeli Oleh-Oleh Lukisan Seniman Bali? Ini Tips yang Perlu Diperhatikan
Adipati Soeryo Art Gallery menjadi tempat yang tepat kalau ingin mencari lukisan dengan ciri tradisional Bali yang kental. Bahkan, nuansa ruangan yang dimiliki oleh galeri ini juga tak ubahnya seperti sebuah museum. Kalau Anda adalah tipe orang yang menyukai seni, bisa mencoba untuk menghabiskan waktu liburan berkeliling ke sini.

4. Nyoman Jendra

Lukisan Seniman Bali 4 » Ingin Membeli Oleh-Oleh Lukisan Seniman Bali? Ini Tips yang Perlu Diperhatikan
Terakhir, Anda bisa menyempatkan waktuuntuk datang ke galeri pribadi milik pelukis Nyoman Jendra. Galeri ini bisa Anda temukan dengan berkunjung ke alamatnya yang berada di Jl. Raya Nyuh KUning, Pengosekan, Ubud. Karya lukisan yang bisa dijumpai di sini merupakan hasil lukisan dari Nyoman Jendra sendiri serta beberapa anggota keluarga yang memperoleh ilmu darinya.

Tips Saat Membeli Oleh-Oleh Lukisan Seniman Bali

Setelah menentukan galeri yang akan dikunjungi, Anda juga harus memperhatikan beberapa hal sebelum membeli lukisan, di antaranya:

baca juga: Pergi ke Pulau Dewata? Jangan Lupa Bawa Oleh-Oleh Joger Bali, Ya!

1. Pastikan untuk mengetahui material yang digunakan pada lukisan. Hal ini berkaitan erat dengan perawatan serta daya tahan dari lukisan tersebut.

2. Bahan lukisan yang kerap digunakan oleh para seniman bali adalah kain calico atau kanvas. Ketika Anda memutuskan untuk membeli, lukisan tersebut akan digulung untuk memberi kemudahan transportasi.

2. Cara mengetahui bahan yang dipakai bisa dilihat pada bagian belakangnya. Ketika tidak melihat lukisan dari belakang, bisa dipastikan kalau lukisan itu dibuat dari kanvas, bukan calico.

gambar via Tripcanvas Indonesia