Ingin Mencari Tempat Nongkrong Asyik di Bali? Yuk Ketahui Beda Cafe dan Bistro Dulu!

perbedaan bistro dan cafe

Deretan lokasi nongkrong yang asyik dan nyaman saat ini banyak bertebaran di Bali. Tempat-tempat tersebut pun kerap membubuhkan istilah tertentu pada namanya. Istilah yang cukup sering didengar di antaranya adalah bistro dan cafe. Meski istilah itu sering didengar dan diketahui, tetapi tidak semua orang mengetahui perbedaannya. Tak menutup kemungkinan, Anda adalah salah satunya.

perbedaan bistro dan cafe 1 » Ingin Mencari Tempat Nongkrong Asyik di Bali? Yuk Ketahui Beda Cafe dan Bistro Dulu!

Cafe merupakan tempat bersantai yang tak ubahnya seperti sebuah kedai kopi. Di sini, Anda akan menemukan sajian utama berupa deretan kopi yang disertai dengan sajian makanan ringan. Namun, lain halnya dengan bistro. Istilah bistro berasal dari Prancis, yang memiliki arti restoran kecil. Biasanya, Anda akan menemukan sajian minuman anggur yang mengandung alkohol di sebuah bistro.

Perbedaan Bistro dengan Cafe di Bali

perbedaan bistro dan cafe 2 1024x682 » Ingin Mencari Tempat Nongkrong Asyik di Bali? Yuk Ketahui Beda Cafe dan Bistro Dulu!

Dari pengertian, kedua jenis lokasi nongkrong ini sudah memiliki perbedaan mencolok. Selain itu, Anda juga akan menemukan perbedaan lain yang bisa dikenali. Perbedaan-perbedaan tersebut di antaranya adalah:

1. Sajian menu
Menu yang disediakan oleh cafe, biasanya tidak mengalami perubahan. Artinya, kalaupun Anda datang pada pagi, siang, ataupun malam hari, sajian yang bisa dipesan tetap. Demikian pula kalau Anda datang pada hari yang lain. Namun, kondisi seperti ini bakal tidak akan dijumpai ketika Anda datang ke sebuah bistro.

baca juga: 9/11 Cafe & Concept Store Denpasar yang Menawarkan Suasana Unik ala Scandinavian Style

Bistro hadir dengan variasi menu yang jauh lebih banyak. Mereka menawarkan menu yang berbeda untuk setiap kesempatan melakukan kunjungan. Menu di pagi hari, tidak akan sama dengan menu di siang atau malam hari. Pada sebuah bistro, biasanya Anda akan menjumpai informasi mengenai menu-menu yang bisa dipesan.

2. Jenis makanan yang disajian
Perbedaan selanjutnya juga bisa Anda lihat pada menu yang mereka sajikan. Cafe kerap memilih untuk menawarkan menu yang proses pembuatannya cukup sederhana dan tidak terlalu lama. Contohnya, Anda akan menemukan sajian berupa sup, sandwich, roti bakar, dan lain-lain.

Namun, pada sebuah bistro di Bali, variasi menu yang bisa didapatkan lebih banyak, sesuai dengan waktu kedatangan. Tidak hanya itu, terkadang cara pembuatannya juga lebih kompleks kalau dibandingkan dengan menu di cafe.

3. Kehadiran chef
Dalam sebuah cafe, Anda tidak akan menemukan sosok seorang chef yang punya spesialisasi menu tertentu. Bahkan, hampir semua orang bisa berperan sebagai tukang masak. Lain halnya dengan di sebuah bistro. Anda akan menjumpai keberadaan sosok chef yang punya keahlian pada menu tertentu. Sebagai contoh, bistro Italia bakal memiliki chef yang ahli dalam memasak kuliner Italia.

baca juga: 5 Restoran Mewah dan Kekinian di Bali yang Menjadi Pilihan Tempat Bersantap Artis Luar Negeri

4. Jam operasional
Perbedaan bistro dan cafe juga bisa Anda ketahui dari jam operasionalnya. Cafe biasanya memilih untuk buka sepanjang hari. Namun, lain halnya dengan bistro. Sebuah bistro, biasanya buka dalam dua sesi. Sesi pertama dilakukan pada siang hari lalu tutup beberapa saat. Sesi kedua, mereka akan kembali menyediakan layanannya ketika sudah memasuki waktu malam. Tidak hanya itu, bistro juga biasanya tidak akan memberi pelayanan 7 hari dalam seminggu, bakal ada salah satu hari libur.

Nah, itulah 4 perbedaan yang bisa Anda jadikan landasan dalam mencari tempat bersantai yang tepat selama liburan di Bali. Anda bisa menemukan bistro atau cafe yang sama-sama menawarkan kenyamanan dalam bersantai. Namun, kalau Anda ingin sekaligus menikmati sajian yang enak dan bikin kenyang, bistro tentu lebih menjadi rekomendasi.