Ini Patung Misterius yang Pernah Dibuat Di Bali, Berani Berkunjung?

patung misterius di Bali

Hal yang berbau mistis tak pernah sepi peminat, bahkan tempat yang dianggap mistis kerap banyak mengundang pengunjung yang penasaran akan keangkerannya, begitu pula di Bali. Bali yang terkenal sebagai penghasil kaya seni berupa patung juga tak lepas dari budaya mistisnya.

Banyak pengrajin Bali yang memiliki kreatifitas unik dan membuat berbagai bentuk patung yang terlihat “menyeramkan” dan justru banyak peminatnya. Berikut beberapa patung yang memiliki cerita mistis dibaliknya, berani berkunjung?

1. Patung Bayi Raksasa Sakah

patung misterius di Bali 1 1024x768 » Ini Patung Misterius yang Pernah Dibuat Di Bali, Berani Berkunjung?

via Masbroo Magazine

Patung bayi raksasa ini terletak di simpang tiga Jalan Raya Sakah, Desa Batuan Kaler, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Sukawati, Gianyar, Bali. Bagi warga Bali, sudah tak asing dengan patung bayi raksasa ini sebab sudah hampir 20 tahunan tak ada yang boleh mengungkapkan sejarah didirikannya patung yang terkenal angker ini.

Namun, kini salah satu pencetus dan donatur atas patung bayi raksasa ini mengungkapkannya di hari baik dan dengan persiapannya yang matang. Dibuatnya patung bayi raksasa ini merupakan ide dari Bupati Gianyar Cokorda Darana pada tahun 1989 yang ingin membuat patung di persimpangan.

baca juga: Pohon Bunut Bolong, Pohon Raksasa Unik yang Menyimpan Sisi Magis Misterius

Patung bayi ini merupakan sebuah simbol Hyang Siwa Budha. Dimana perwujudannya seorang bayi, namun sudah pintar dengan sastra. Namun, cerita mistis tak lepas dari patung ini dimana banyak orang yang sering mendengar suara tangisan bayi terutama pada bulan purnama atau kepala bayi yang terlihat mengawasi orang yang melewati persimpangan ini.

2. Patung Polisi di Pura Dalem

patung misterius di Bali 2 » Ini Patung Misterius yang Pernah Dibuat Di Bali, Berani Berkunjung?

via Tribunnews

Mengenakan topi, baju dan celana panjang polisi, di lengan kiri bertuliskan Polda Bali dan di lengan kanan terdapat tulisan Sabhara. Itulah patung yang terbuat dari padas yang terletak di depan pintu masuk Pura Dalem, Banjar Jasri, Bali. Patung polisi ini memiliki kumis lebat, jambangnya pun dipahat sampai melewati dagu.

Sementara di dalam Pura juga terdapat patung jaksa lengkap dengan seragamnya. Ada banyak warga Banjar Jasri yang akan mengikuti tes polisi, jaksa, dan hakim yang berdoa disini. Begitu pula polisi yang sedang mengejar buronan berdoa disini dengan harapan segera menemukannya.

baca juga: Menelisik Misteri Relief Yeh Pulu Gianyar di Pulau Dewata

Cerita mistis yang kerap terjadi di Pura Dalem ini ialah setiap tengah malam, patung polisi ini sering menyetop pengendara yang lewat. Pengendara yang melewati pura ini melihat ada razia gabungan dan ketika pengendara berhenti dan mengedipkan mata, polisi-polisi itu menghilang.

3. Patung Leak Di Pura

patung misterius di Bali 3 » Ini Patung Misterius yang Pernah Dibuat Di Bali, Berani Berkunjung?

via Detik Travel

Terletak di daerah Tabanan, Bali. Di arah timur Pantai Yeh Gangga terdpat sebuah bukit yang diatasnya berdiri sebuah pura. Tangga menuju pura ini terdapat dua patung menyeramkan, berambut panjang, kuku panjang, taring, dan lidah yang panjang persis seperti penggambaran Leak.

Memasuki pura, di dalamnya juga terdapat banyak patung unik dan menyeramkan lainnya. Dan nyatanya, banyak warga yang tidak tahu nama pura tersebut dan fungsi dari patung-patung tersebut. Semuanya masih menjadi misteri hingga sekarang.

baca juga: Pura Bukit Sari Bali, Pura Tengah Hutan dengan Ratusan Monyet Menghiasinya

Patung kadang dibuat untuk menyimbolkan sesuatu, namun kadang juga hanya berfungsi sebagai pajangan atau hiasan untuk mempercantik sebuah hunian ataupun jalanan. Meski patung di atas terkenal angker, masih banyak wisatawan yang tertarik dengan lokasi dan cerita dibaliknya. Bagaimana? Apakah Anda tertarik berkunjung?