Jaja Godoh, Camilan Pisang Goreng Tradisional Khas Bali

Jaja Godoh

via Makanan enax

Wisata kuliner di Bali tidak hanya bisa Anda lakukan dengan berburu makanan berat. Selain itu, Anda dapat pula mencicipi berbagai camilan atau makanan ringan yang bisa mengisi perut saat bersantai. Pilihan camilan ringan yang dapat Anda temukan di Bali sangat variatif. Salah satu jajanan tradisional yang bisa Anda cicipi tersebut adalah jaja godoh.

Godoh merupakan jenis kuliner yang dibuat dengan bahan utama berupa pisang. Jajanan ini bisa dibilang merupakan pisang goreng versi masyarakat Bali. Masyarakat Bali terbiasa menikmati jajanan tradisional ini kapan saja. Tidak hanya ketika pagi atau sore hari. Godoh khas Bali juga menjadi jenis makanan ringan yang enak ketika bersantai.

jaja godoh 2 » Jaja Godoh, Camilan Pisang Goreng Tradisional Khas Bali

via Makanan enax

Cara Membuat Jaja Godoh Gedang Khas Bali

Bisa dibilang, cara pembuatan godoh khas Bali tidak terlalu sulit. Jenis pisang yang biasa digunakan untuk membuat camilan tradisional ini adalah pisang kepok. Meski begitu, jenis pisang yang dipakai untuk membuat godoh Bali bisa disesuaikan dengan selera. Anda dapat pula memilih untuk membuat godoh yang dibuat dari jenis pisang raja. Untuk persiapan, pisang tersebut dipotong sesuai dengan selera.

baca juga: Jaja Kaliadrem Bali, Jajanan Tradisional Sepanjang Masa Pelengkap Sesaji Galungan

Langkah selanjutnya, Anda perlu menyediakan bahan yang dipakai untuk tepung. Tepung ini berfungsi untuk melumuri bagian terluar pisang. Bahan yang dibutuhkan untuk tepung ini di antaranya adalah tepung beras, tepung terigu, garam, gula pasir, air kapur sirih, garam, serta air putih. Tidak ketinggalan, Anda juga memerlukan bahan untuk membuat unti, yang terdiri dari kelapa parut, gula merah, gula pasir, garam, daun pandan, serta air.

jaja godoh 1 » Jaja Godoh, Camilan Pisang Goreng Tradisional Khas Bali

via Telusuri Indonesia

Setelah semua bahan dipersiapkan, maka Anda terlebih dahulu mencampur semua jenis bahan yang diperlukan untuk membuat tepung. Adonan tepung kemudian perlu diaduk sampai rata. Selanjutnya, Anda dapat memasukkan pisang satu per satu. Pastikan pisang sudah terlumuri oleh adonan tepung dengan rata. Langkah berikutnya, ambil pisang lalu goreng hingga memiliki warna kecokelatan.

baca juga: Laklak Men Gabrug Denpasar, Sajikan Jajanan Tradisional Khas Bali Fresh From The Oven

Ketika semua pisang sudah matang, maka tahap berikutnya adalah mempersiapkan penyajian. Unti yang sudah dipersiapkan, digunakan sebagai bahan untuk topping. Pisang yang sudah matang, bisa Anda taruh pada sebuah piring. Selanjutnya, Anda dapat memulai membuat unti sehingga terbentuk saus gula merah yang berwarna kemerahan. Saus tersebut disiramkan setelah terlebih dahulu menaburkan parutan kelapa.

Di Mana Anda Bisa Mencicipi Godoh Gedang Khas Bali?

Tidak terlalu sulit bagi Anda untuk bisa mencicipi pisang goreng tradisional ini. Meski berlabel sebagai jajanan tradisional, godoh menjadi makanan yang disukai oleh hampir sebagian besar masyarakat Bali. Oleh karena itu, Anda tidak akan kesulitan untuk mendapatkannya. Anda bisa memilih untuk bersantap godoh di warung pinggir jalan, restoran hotel, ataupun kafe.

baca juga: Jaje Uli Bali, Jajanan Tradisional yang Menjadi Pelengkap Upacara Keagamaan

Hanya saja, biasanya terdapat perbedaan ketika Anda menyantapnya di warung tradisional dengan kafe atau restoran. Cara penyajian di kafe serta restoran, biasanya terlihat lebih menarik. Tak jarang, pihak kafe atau restoran membubuhkan tambahan topping sehingga membuat jajanan tradisional ini memiliki penampilan yang lebih menggugah selera.

Keberadaan jajanan tradisional ini membuktikan kalau Bali menawarkan banyak makanan enak. Anda tidak perlu berburu kuliner kekinian yang terkadang lebih mementingkan penampilan daripada rasa.