Jaje Pisang Rai, Jajanan Tradisional Khas Bali Legit dan Lembut

Jaje Pisang Rai

via Klungkung 24 Jam

Buah pisang memiliki makna yang begitu mendalam bagi masyarakat Bali. Mereka pun menjadikan buah yang satu ini sebagai jenis sesajen yang tak bisa terlewatkan. Selain sebagai sesajen, buah pisang juga diolah dalam beragam jenis kuliner enak oleh masyarakat Bali. Salah satunya adalah jaje pisang rai.

Jaje pisang rai menjadi jenis kuliner yang sudah berkembang cukup lama. Cara pembuatan jajanan tradisional Bali ini tidak begitu sulit. Hanya saja, untuk bahan-bahan yang digunakan, tidak boleh memakai sembarang jenis pisang. Pisang yang dipilih untuk membuata pisang rai adalah jenis pisang tanduk yang telah berusia tua.

Jaje Pisang Rai 1 1024x1024 » Jaje Pisang Rai, Jajanan Tradisional Khas Bali Legit dan Lembut

via Dapur Bunda Fajar

Ada alasan khusus kenapa jaje pisang rai dibuat dengan bahan utama berupa pisang tanduk yang telah berusia tua. Pisang dalam kondisi yang seperti ini, bisa menghasilkan rasa yang begitu manis. Selanjutnya, rasa pisang yang manis juga membuat pisang rai yang dihasilkan bisa terasa lebih lezat. Tidak hanya legit, tetapi juga begitu lembut.

Jaje Pisang Rai Cocok untuk Santapan Pagi Hari

Jaje pisang rai bisa dengan mudah ditemukan di Pulau Dewata Bali. Anda dapat mencoba untuk berburu kuliner tradisional Bali ini ketika pagi hari. Cara untuk mendapatkannya juga begitu mudah. Cukup dengan berkunjung ke pasar-pasar tradisional yang ada di Bali. Cara paling enak untuk menikmati sajian pisang rai adalah dengan disertai kopi ataupun teh manis hangat.

baca juga: 10 Kuliner khas Bali yang Wajib untuk Kamu Cicipi saat Melancong ke Pulau Dewata

Jaje Pisang Rai 2 » Jaje Pisang Rai, Jajanan Tradisional Khas Bali Legit dan Lembut

via Klungkung 24 Jam

Pisang rai ini juga memiliki tampilan yang begitu berbeda dibandingkan dengan jajanan olahan pisang lain. Cara pembuatannya bukan dengan metode penggorengan. Anda terlebih dahulu harus menyiapkan adonan yang dipakai untuk membungkus potongan pisang tanduk. Selanjutnya, pisang yang telah dibungkus dengan adonan, dapat dimasak dengan cara direbus ataupun dikukus.

baca juga: Jenis Makanan Khas yang Wajib Hadir Dalam Perayaan Kuningan dan Galungan di Bali

Untuk metode perebusan, proses pembuatannya hampir mirip dengan klepon. Anda dapat menyiapkan air mendidih dan memasukkan jaje pisang rai satu demi satu. Pisang rai yang telah matang akan naik ke permukaan. Anda pun bisa mengambil serta meniriskannya.

Mengenai cara penyajiannya, pisang rai khas Bali kerap disertai dengan parutan kelapa di bagian atas. Kalau mau, Anda juga bisa menyertai pisang rai dengan gula merah pada bagian atasnya. Hasilnya, pisang rai memiliki rasa yang begitu manis alami.

baca juga: Pasar Malam Gianyar, Lokasi Tepat untuk Berburu Kuliner Tradisional Khas Bali

Cara Membuat Jaje Pisang Rai Khas Bali

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat jaje pisang rai khas Bali tidak terlalu banyak. Anda bisa menyiapkan pisang tanduk sebagai bahan utama. Kalau tidak ada, ada pula jenis pisang alternatif seperti, pisang raja serta pisang kepok. Hanya saja, Anda harus memastikan bahwa pisang tersebut masak pohon, ya!

Sementara itu, adonan dibuat dengan campuran antara tepung terigu serta tepung beras. Kalau mau, Anda juga bisa mempercantik tampilan adonan dengan air daun pandan sehingga membuatnya memiliki tampilan hijau cantik yang alami. Lalu, bungkus potongan pisang dengan adonan dan rebus sampai mengapung.

Setelah ditiriskan, Anda tinggal menyediakan parutan kelapa serta gula merah di bagian atasnya. Namun, bagi Anda yang enggan makanan terlalu manis, bisa pula untuk memilih tidak memakai gula merah. Dijamin, tetap enak kok!