Jembatan Gantung Kuno Lembar, Jembatan Layang Tua Peninggalan Belanda yang Begitu Kokoh di Lombok

Jembatan Gantung Kuno Lembar

via Instagram Irsyadrobbani31

Pulau Lombok yang menjadi tetangga dari Pulau Bali memang punya banyak pesona yang besar. Pesona wisata tersebut pun tidak kalah jika dibandingkan dengan Bali. Anda dapat menjumpai deretan tempat wisata menarik selama berkunjung ke pulau seribu masjid ini. Salah satunya adalah melihat secara langsung keberadaan Jembatan Gantung Kuno Lembar.

Jembatan Gantung Kuno Lembar 3 » Jembatan Gantung Kuno Lembar, Jembatan Layang Tua Peninggalan Belanda yang Begitu Kokoh di Lombok

via Lombok Post

Jembatan Gantung Kuno ini dikenal sebagai bangunan peninggalan Belanda. Keberadaannya bisa ditelusuri hingga tahun 1932. Meski usianya sudah lebih tua dibandingkan dengan usia Negara Republik Indonesia, bangunan jembatan ini masih begitu kokoh. Keberadaannya pun menjadi daya tarik wisata tersendiri bagi para pelancong.

Sejarah Jembatan Gantung Kuno Lembar

Bagi masyarakat Lombok, keberadaan Jembatan Gantung Kuno Lembar memang punya arti tersendiri. Di satu sisi, keberadaannya seolah menjadi saksi kekejaman pasukan Belanda yang ada di Lombok. Apalagi, rakyat Lombok dipaksa oleh Belanda untuk kerja siang malam menyelesaikan jembatan besi ini selama kurang lebih 2 tahun. Bahkan, ada korban jiwa selama proses pembuatan jembatan ini.

baca juga: Pantai Kuta Tak Hanya Ada di Bali, Lombok Juga Punya Lho!

Banyak tokoh masyarakat Lombok yang mengerti betul mengenai asal mula jembatan ini. Berdasarkan pengakuan mereka, Jembatan Gantung Kuno Lembar dibuat dengan mendatangkan besi yang secara khusus dibeli dari Australia. Selain itu, tenaga ahli yang digunakan, merupakan sosok tenaga ahli yang berasal dari Pulau Jawa.

Di sisi lain, jembatan ini juga memberi manfaat besar bagi masyarakat Lombok. Keberadaan Jembatan Gantung Kuno Lembar mampu menghubungkan wilayah yang terpencil, termasuk di antaranya adalah Gunung Malang, Penarukan, dan Peseng. Apalagi, di bagian bawah jembatan, terdapat saluran air yang berguna untuk mengairi sawah milik warga.

Berburu Foto Instagramable di Jembatan Gantung Kuno Lembar

Selain memiliki nilai sejarah yang begitu bermakna, keberadaan Jembatan Gantung Kuno Lembar kini jadi daya tarik tersendiri di mata wisatawan. Bahkan, mereka yang datang ke tempat ini umumnya adalah para kawula muda. Mereka berkeinginan untuk melihat secara langsung kemegahan bangunan jembatan yang dibuat oleh Belanda.

Jembatan Gantung Kuno Lembar 2 » Jembatan Gantung Kuno Lembar, Jembatan Layang Tua Peninggalan Belanda yang Begitu Kokoh di Lombok

via Instagram Kristinakomala

Selama berada di area jembatan, wisatawan memang tak bisa melakukan banyak aktivitas. Kegiatan utama yang dapat dilakukan di sini adalah berburu foto yang cantik. Anda dapat mencari foto dengan latar belakang jembatan yang klasik ini. Selain itu, memperoleh foto udara menggunakan drone di atas jembatan juga tidak kalah menariknya.

Jembatan Gantung Kuno Lembar 1 » Jembatan Gantung Kuno Lembar, Jembatan Layang Tua Peninggalan Belanda yang Begitu Kokoh di Lombok

via Instagram Irsyadrobbani31

Masyarakat sekitar juga masih tetap menggunakan jembatan ini. Hanya saja, fungsinya sudah tidak seperti dulu. Kendaraan yang boleh melintasi jembatan ini hanya sepeda motor. Sebagai tambahan, tak sedikit kawula muda setempat yang menghabiskan waktu untuk nongkrong di area sekitar jembatan. Apalagi, suasana di sekitar Jembatan Gantung Kuno Lembar terasa begitu alami.

baca juga: Liburan ke Nusa Penida Lanjut ke Lombok, Bagaimana Caranya?

Lokasi Jembatan Gantung Kuno Lembar

Kalau Anda tertarik untuk berkunjung ke tempat ini, bisa datang secara langsung ke lokasinya yang berada di Dusun Nyurlembang Desa Jembatan Gantung, Kecamatan Lembar. Jembatan ini terletak di atas Sungai Gerung dan menghubungkan Dusun Nyurlembang dengan Dusun Kelebut yang menjadi bagian dari wilayah Desa Kebun Ayu, Kecamatan Gerung.

Karena tempat ini merupakan area publik, Anda tak perlu khawatir mengenai tiket masuk. Saat berkunjung ke jembatan Gantung Kuno ini, Anda bisa berburu foto instagramable sepuasnya tanpa harus membayar tiket masuk. Asyik, kan?