Jembatan Kuning Nusa Ceningan, Ikon Wisata Sekaligus Transportasi Utama Nusa Lembongan-Ceningan

Jembatan Kuning Nusa Ceningan

via The Nusa Penida

Jembatan Kuning Nusa Ceningan bukanlah sebuah jembatan biasa. Jembatan yang menjadi penghubung antara Pulau Nusa Ceningan dengan Nusa Lembongan ini memiliki makna lebih dari itu. Selain jadi sarana transportasi utama menuju Nusa Ceningan, jembatan ini juga menjadi ikon wisata di sana.

Sesuai dengan namanya, Jembatan Kuning Nusa Ceningan memiliki warna dominan kuning. Keberadaannya sudah sangat lama, didirikan pada tahun 1996. Sempat mengalami kecelakaan dan roboh ke laut pada tahun 2016. Namun, jembatan tersebut kini telah berdiri kembali dan menjadi sarana transportasi masyarakat setempat.

Setelah proses renovasi, Jembatan Kuning Nusa Ceningan memiliki akses yang terbatas. Jembatan ini tak bisa dilewati oleh semua jenis kendaraan darat. Perlu diketahui, jembatan ini memiliki lebar hanya 1,8 meter. Oleh karena itu, hanya kendaraan roda 2 yang diperbolehkan melintasi jembatan ini, baik sepeda motor atau sepeda.

Jembatan Kuning Nusa Ceningan 2 » Jembatan Kuning Nusa Ceningan, Ikon Wisata Sekaligus Transportasi Utama Nusa Lembongan-Ceningan

via The Nusa Penida

Antre Melintasi Jembatan Kuning Nusa Ceningan

Bagi wisatawan yang ingin melintasi Jembatan Kuning Nusa Ceningan juga harus bersabar. Setiap harinya, jembatan ini memang selalu penuh oleh pengunjung. Tidak heran kalau para wisatawan harus rela antre.

Urutan antrean di jembatan ini diprioritaskan bagi para pejalan kaki. Karena ukuran jembatan yang sempit, mau tidak mau, para wisatawan pun harus bertindak tertib selama berada di sini. Apalagi, bagian bawah jembatan hanya terbuat dari kayu.

Selagi di atas jembatan Anda bisa menyaksikan pemandangan yang indah. Terdapat perahu milik nelayan yang lalu lalang. Kondisi air di sekitar jembatan juga menarik untuk disaksikan, karena memiliki kondisi yang sangat jernih.

Berburu Foto Instagramable di Jembatan Kuning Nusa Ceningan

Jembatan ini juga menjadi destinasi wisata secara tersendiri bagi para wisatawan. Tak jarang, banyak pengunjung yang menghabiskan waktu cukup lama di sini. Biasanya, mereka akan menyempatkan waktu untuk berfoto sembari memperlihatkan latar belakang jembatan.

Jembatan Kuning Nusa Ceningan 1 » Jembatan Kuning Nusa Ceningan, Ikon Wisata Sekaligus Transportasi Utama Nusa Lembongan-Ceningan

via The Nusa Penida

baca juga: Pantai Blue Lagoon Nusa Ceningan, Liburan Penuh Tantangan Loncat dari Atas Tebing

Secara khusus, mereka yang menghabiskan waktu di sini adalah para kawula muda. Bahkan, secara khusus jembatan ini juga memiliki julukan sebagai Jembatan Cinta di kalangan wisatawan berusia muda. Selain itu, berfoto bersama pasangan sembari menyaksikan pemandangan matahari terbenam di sini juga menjadi aktivitas yang sangat romantis.

Dengan beragam daya tarik yang ditawarkannya itu, tidak heran kalau Jembatan Kuning menjadi pilihan destinasi wisata yang menarik. Mereka yang kerap berfoto dengan latar belakang jembatan ini pun tidak hanya wisatawan domestik, tapi juga para turis mancanegara.

baca juga: Restoran Seasalt Seminyak, Restoran Nyaman dengan Suguhan Pemandangan Matahari Terbenam Cantik

Cara Menuju Lokasi Jembatan Kuning Nusa Ceningan

Bagi wisatawan yang tertarik berkunjung ke jembatan ini juga sangat mudah. Pertama, Anda tentu saja perlu menuju ke Nusa lembongan terlebih dulu. Akses paling mudah ke Lembongan dapat dilakukan dengan naik fast boat dari Pantai sanur. Butuh waktu sekitar 30 sampai 45 menit perjalanan.

baca juga: Goa Gala-Gala Underground House Nusa Lembongan, Pilihan Wisata Seru di Bali

Selanjutnya, dari pelabuhan di Lembongan perjalanan dapat dilanjutkan dengan menggunakan sepeda menuju ke Jembatan Kuning. Jangan khawatir, di Lembongan terdapat beragam layanan penyewaan sepeda ataupun sepeda motor yang bisa Anda temukan. Kalau ingin cara yang lebih sederhana, Anda dapat memilih mengikuti tur wisata ke Nusa Ceningan.

Nah, tertarik untuk berkunjung ke jembatan cantik ini?