Jukut Ares Bali, Kuliner Tradisional dengan Bahan Utama Batang Pohon Pisang

jukut ares bali

via Kooliner

Masyarakat Bali memang terkenal memiliki kreativitas yang sangat tinggi. Mereka mampu mengolah barang yang terlihat sepele menjadi produk berguna. Kreativitas ini pun bisa dijumpai pada beragam sektor, termasuk dalam hal kuliner. Sebagai buktinya, Anda dapat mengetahui betapa kreatifnya orang Bali ketika membuat makanan bernama jukut ares Bali.

jukut ares bali 1 1024x682 » Jukut Ares Bali, Kuliner Tradisional dengan Bahan Utama Batang Pohon Pisang

via Bali Kami

Jukut ares Bali merupakan kuliner berkuah dengan rasa unik yang bisa Anda temukan di Pulau Dewata. Keunikan dari makanan yang satu ini adalah dari bahan utama yang diperlukan untuk pembuatannya. Bahan tersebut adalah pemakaian batang pohon pisang berusia muda sebagai sarana untuk sayur. Lalu, bagaimana dengan rasanya, ya? Bikin penasaran, kan?

baca juga: Sate Kakul Khas Ubud, Kuliner Tradisional Bali yang Bikin Turis Ketagihan

Jukut Ares Bali Menjadi Kuliner Penting Setiap Upacara Keagamaan

Jukut ares sendiri merupakan jenis kuliner yang begitu penting bagi masyarakat Bali. Sebagai buktinya, mereka kerap menghadirkan jukut ares dalam setiap upacara keagamaan. Penyajian jukut ares diberikan kepada setiap orang yang berpartisipasi dalam membantu upacara keagamaan.

jukut ares bali 3 1024x683 » Jukut Ares Bali, Kuliner Tradisional dengan Bahan Utama Batang Pohon Pisang

via Kooliner

Cara penyajian jukut ares juga tidak terlalu istimewa. Masyarakat Bali biasa menikmati jukut ares dengan disertai nasi. Dalam proses pembuatannya, jukut ares juga kerap disertai dengan tambahan daging dan tulang. Jenis daging dan tulang yang dipakai juga beragam. Anda dapat menemukan jukut ares dengan daging dan tulang ayam, bebek, ataupun babi.

baca juga: Mencicipi Urutan Usus Babi, Sosis Tradisional Khas Bali

Cara Membuat Jukut Ares Bali yang Enak

Untuk membuat jukut ares Bali, bahan utama yang dibutuhkan adalah batang pohon pisang yang masih berusia muda. Hanya saja, jangan memilih sembarang jenis batang pohon pisang. Jenis pisang yang sering dipilih untuk pembuatan jukut ares adalah pisang batu atau pisang kluthuk. Buah dari pohon pisang ini kerap digunakan sebagai bahan untuk membuat rujak bebek. Selain itu, Anda juga bisa mempertimbangkan memakai pohon pisang raja.

jukut ares bali 2 » Jukut Ares Bali, Kuliner Tradisional dengan Bahan Utama Batang Pohon Pisang

via Bali Kami

Selanjutnya, kupas batang pohon pisang sampai tinggal bagian batang yang berwarna putih. Untuk bumbu yang digunakan, pilih bumbu genep atau yang disebut dengan nama base genep oleh orang Bali. Bumbu ini dibuat dengan mencampurkan beragam bahan, seperti kunyit, jahe, lengkuas, bawang merah, bawang putih, cabe rawit, lada hitam, serta ketumbar yang dihaluskan.

Setelah batang pisang dibersihkan lalu ditaburi minyak kelapa serta garam. Selanjutnya, Anda bisa meremas batang pisang sampai layu dan rendam menggunakan air hangat. Setelah itu, potong batang pisang dalam ukuran kecil, dan lakukan penumisan. Selanjutnya, Anda bisa memasukkan bumbu-bumbu yang diperlukan. Setelah itu, Anda dapat memasukkan daging ayam yang sudah direbus dan aduk sampai bumbu meresap.

Ketika sudah matang, jukut ares khas Bali sudah siap untuk dinikmati. Anda pun bisa menjumpai masyarakat Bali menggunakan sayur batang pohon pisang ini dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan, bisa dibilang kalau jukut ares merupakan salah satu kuliner sayuran andalan bagi masyarakat Bali. Apalagi, kuliner ini tidak hanya nikmat dan gurih, tetapi juga memiliki kandungan nutrisi yang tinggi.

Cara penyajian jukut ares bisa dilakukan dengan beragam cara. Anda dapat saja menikmati sajian tradisional khas Bali ini secara langsung dengan ditemani nasi. Namun, kalau mau, Anda juga bisa menambahkan lauk seperti sate kakul, sate plecing, ataupun betutu. Semua itu bisa disesuaikan dengan selera masing-masing.