Kertha Gosa Klungkung, Peninggalan Bersejarah Kerajaan Klungkung di Bali

Kertha Gosa Klungkung

Kertha Gosa Klungkung menjadi satu dari sekian banyak tempat wisata bersejarah yang harus dilestarikan di Pulau Bali. Didesain dengan arsitektur khas Bali serta ukiran-ukiran menceritakan sejarah patut menjadi lokasi liburan serta belajar sejarah. Tidak heran tempat ini pun sering ramai oleh para wisatawan yang ingin mengagumi keunikannya.

Kertha Gosa Klungkung 1 1024x768 » Kertha Gosa Klungkung, Peninggalan Bersejarah Kerajaan Klungkung di Bali

via Panoramio

Sejarah Kertha Gosa Klungkung

Dahulu Kertha Gosa Klungkung ini adalah bangunan yang dijadikan sebagai tempat mengadakan diskusi untuk membahas kesejahteraan dan kemakmuran rakyat Klungkung. Hal tersebut sesuai dengan arti dari namanya “Kerta Gosa”, dimana ‘Kerta’ berarti kesejahteraan atau kemakmuran, lalu ‘Gosa’ berarti diskusi atau tempat diskusi.

baca juga: Bukit Belong Gunaksa, Bukit Keren dengan Pemandangan Alam Hijau Klungkung

Bangunan Kertha Gosa Klungkung ini dibangun pada tahun 1686 oleh pemegang kekuasaan pertama yaitu Ida I Dewa Agung Jambe dan merupakan bagian dari kompleks bangunan kerajaan Klungkung. Namun, pada masa penjajahan Belanda Kertha Gosa beralih fungsi menjadi tempat peradilan.

Kertha Gosa merupakan bangunan yang sangat kental dengan unsur tradisional Bali. Kertha Gosa memiliki dua bangunan atau yang lebih disebut dengan Bale, yatu Bale Kertagosa dan Bale Kambang. Saat anda berada di Kertha Gosa ini anda akan melihat keunikan yang jarang anda temui di tempat lain, yaitu langit-langit bale yang ditutupi oleh lukisan wayang. Lukisan-lukisan tersebut menggambarkan tentang kasus yang disidangkan serta jenis hukuman apa yang akan diterima jika melakukan kesalahan.

baca juga: Jivva Beach Club Bali, Tempat Nongkrong Asik di Tepian Pantai Lepang, Klungkung

Selain itu lukisan wayang tersebut juga menggambarkan mengenai hukum Karma Pahala atau akibat dari baik buruknya sebuah perbuatan manusia yang dilakukan selama masa hidupnya dan penjelmaan kembali ke dunia untuk menebus dosa yang pernah diperbuat.

Kertha Gosa Klungkung 2 1024x768 » Kertha Gosa Klungkung, Peninggalan Bersejarah Kerajaan Klungkung di Bali

via Dolan Dolen

Keindahan dari lukisan-lukisan yang ada di atap bale merupakan lukisan tradisional yang bergaya Kamasan. Kamasan sendiri merupakan sebuah desa di kecamatan Klungkung yang terkenal dengan cirinya berupa lukisan wayang. Biasanya lukisan Kamasan ini akan mengambil tema Ramayana atau Mahabarata dalam lukisannya.

Bale Kambang, Lokasi Upacara Tradisi Yadnya di Kertha Gosa Klungkung

Kemudian terdapat juga Bale Kambang. Bale Kambang ini dibangun ditengah-tengah kolam besar yang lebih sering disebut dengan Taman Gili. Di langit-langit bale Kambang juga terdapat lukisan. Lukisan di bale ini menceritakan epik dari Sutasoma. Melihat dari tema lukisan menunjukkan bahwa bale ini memuliki fungsi sebagai tempat untuk keluarga kerajaan melakukan ritual manusia Yadnya seperti pernikahan dan upacara potong gigi.

Keunikan serta sejarah yang dimiliki oleh Kertha Gosa ini menjadikan para turis baik lokal maupun mancanegara tertarik datang. Anda dapat menikmati keindahan bangunan Kertha Gosa hanya dengan membayar tiket masuk sebesar IDR 12.000 per orang dimana tiket tersebut sudah terrmasuk dengan sarung dan selendang, karena anda harus menggunakannya sebelum masuk. Menarik bukanberada di Kertha Gosa, anda akan berjalan-jalan sambil menggunakan atribut layakanya masyarakat Bali selain itu anda juga dapat berfoto agar ada kenangan anda selama berada di Kertha Gosa.

Lokasi Kertha Gosa Klungkung

Kertha Gosa adalah salah satu objek wisata di Bali yang terdapat di Kabupaten Klungkung tepatnya di jantung kota Semarapura ibukota Kabupaten Klungkung. Kertha Gosa menjadi salah satu objek wisata andalan kabupaten Klungkung karena keunikan serta indahnya bangunan yang dimiliki. Tertarik berkunjung ke sini, kan?