Kerupuk Kulit Babi, Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Bali yang Enak

Kerupuk Kulit Babi Khas Bali

via Mariska Tracy

Olahan babi dapat dijumpai dalam beragam bentuk di Bali. Bahkan, Anda bisa menjumpai salah satu jenis olahan babi yang dipakai sebagai oleh-oleh, yakni kerupuk kulit babi khas Bali. Kerupuk kulit ini memiliki kemiripan dengan kerupuk kulit sapi, hanya saja proses pembuatannya dilakukan memakai kulit babi.

Kerupuk kulit babi khas Bali atau biasa disebut dengan nama samcan, merupakan salah satu jenis kuliner yang begitu populer dijadikan sebagai bahan oleh-oleh. Apalagi, kerupuk kulit ini cukup gampang dibawa dan bisa tahan dalam jangka yang panjang. Selain itu, rasanya juga enak.

Kerupuk Kulit Babi Khas Bali 2 » Kerupuk Kulit Babi, Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Bali yang Enak

via Okezone

Kelebihan Kerupuk Kulit Babi Khas Bali

Lalu, apa sih yang membuat kerupuk kulit babi ini begitu berbeda dibandingkan dengan kerupuk jenis lain? Sebelum menjelaskan lebih jauh, penting diketahui, kerupuk ini tidak untuk semua orang. Khususnya, traveler muslim yang tengah liburan ke Bali. Jangan dekat-dekat deh dengan oleh-oleh khas Bali ini, sebaiknya pertimbangkan untuk membeli oleh-oleh lain.

Kerupuk Kulit Babi Khas Bali 1 1024x684 » Kerupuk Kulit Babi, Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Bali yang Enak

via Mariska Tracy

Kerupuk kulit babi khas Bali biasa digunakan sebagai cemilan ketika berada di waktu yang senggang. Secara penampilan, kerupuk ini memiliki perbedaan dibandingkan dengan kerupuk rambak dari kulit sapi. Secara warna, kerupuk kulit babi memiliki tampilan yang lebih putih dan lebih cerah. Berbeda dengan kerupuk kulit sapi yang berwarna agak kecokelatan.

baca juga: Ingin Membeli Oleh-Oleh Lukisan Seniman Bali? Ini Tips yang Perlu Diperhatikan

Tekstur kedua jenis kerupuk kulit ini juga punya perbedaan mencolok. Biasanya, kerupuk kulit sapi punya tektur yang renyah dan agak keras. Hal ini berbeda dengan kerupuk kulit babi khas Bali yang punya tekstur renyah dan cukup rapuh. Perbedaan tekstur ini bisa terjadi karena kulit babi memiliki rongga lebih banyak yang membuatnya terlihat lebih halus.

Rekomendasi Merek Kerupuk Kulit Babi Khas Bali

Anda bisa menjumpai banyak merek produk kerupuk kulit babi khas Bali ketika tengah liburan ke Pulau Dewata. Hanya saja, tak semua kerupuk yang Anda temui memiliki rasa yang sesuai dengan selera Anda. Dari sekian banyak merek, ada 2 brand yang begitu terkenal, yakni Kerupuk Kulit Babi Rejeki serta kerupuk kulit babi khas Bali merek “Babi”.

Secara khusus, Kerupuk Kulit Babi Rejeki merupakan produk yang sudah cukup lama beredar di Bali. Produsennya adalah seorang wanita Bali asli bernama Made Sudarmini yang telah menjalankan bisnis ini terhitung sejak tahun 2014. Meski begitu, wanita yang kerap disapa Bu Yuni ini sebelumnya telah berkecimpung di bisnis jual beli kulit babi sejak 1998.

Kerupuk kulit babi khas Bali merek Rejeki buatan Bu Yuni, memiliki pelanggan tak hanya dari Bali. Banyak pula para pelanggan yang datang dari berbagai kota lainnya di Indonesia, termasuk di antaranya adalah Jakarta, Kupang, serta Timor Leste. Hal ini memperlihatkan begitu besarnya reputasi kelezatan kerupuk kulit babi buatannya.

Dalam sekali pembuatan, Bu Yuni biasanya menghasilkan sekitar 5 kg kerupuk kulit babi. Kerupuk-kerupuk itu dijualnya dalam beragam jenis kemasan. Kalau dalam momen yang ramai, seperti ketika perayaan hari keagamaan Hindu di Bali, 5 kg kerupuk itu bisa habis dalam waktu singkat. Namun, tak jarang pula kerupuk membutuhkan waktu beberapa waktu baru bisa habis.

Mengenai harganya, Anda bisa menjumpai kerupuk kulit babi khas Bali dengan banderol yang cukup ramah di kantong. Pada kemasan 70 gram, Anda bisa membawa kerupuk ini dengan banderol sebesar Rp35 ribu. Sementara itu, untuk kemasan 200 gram, dipatok dengan harga Rp110 ribu.