Kolam Renang Alami Air Sanih, Pilihan Tempat Berendam yang Cantik di Tepi Pantai Lovina

Kolam Renang Alami Air Sanih

via Guntur FM

Pantai Lovina dikenal sebagai destinasi wisata terpopuler di Kabupaten Buleleng. Di pantai ini, para wisatawan berkesempatan untuk melihat tingkah lucu dan menarik para lumba-lumba di habitat aslinya. Di waktu yang sama, Anda juga bisa menjumpai aktivitas menarik lainnya, termasuk di antaranya adalah berendam di Kolam Renang Alami Air Sanih.

Kolam Renang Alami Air Sanih 2 » Kolam Renang Alami Air Sanih, Pilihan Tempat Berendam yang Cantik di Tepi Pantai Lovina

via Guntur FM

Kolam Renang Alami Air Sanih bukanlah tempat wisata baru yang bisa dijumpai di Bali. Masyarakat Buleleng, sudah mengenal keberadaan tempat ini sejak tahun 1930-an. Mereka pun kerap berkunjung ke kolam renang alami ini. Bahkan, ada mitos yang menjadi kepercayaan masyarakat setempat. Mereka percaya, siapapun yang berendam di kolam ini, bisa awet jodoh.

Kolam Renang Alami Air Sanih dengan Sumber Air Tawar Alami di Tepi Pantai Lovina

Hal yang sangat menarik di kolam ini adalah terkait lokasinya yang memang begitu dekat dengan pantai. Umumnya, sumber air yang berada di dekat pantai, memiliki air yang terasa asin karena mengandung garam. Namun, kondisi seperti itu tidak akan dijumpai di Kolam Renang Alami Air Sanih. Bahkan, air yang bisa ditemukan di kolam renang ini sepenuhnya merupakan air tawar.

baca juga: ‘Berburu’ Lumba-Lumba Liar di Pantai Lovina Bali

Kolam Renang Alami Air Sanih 1 » Kolam Renang Alami Air Sanih, Pilihan Tempat Berendam yang Cantik di Tepi Pantai Lovina

via Wisata Buleleng

Masyarakat Bali punya kepercayaan tersendiri terkait sumber air yang ada di kolam renang alami ini. Konon, air dari Kolam Alami Air Sanih, berasal dari Danau Batur. Kepercayaan tersebut diperkuat dengan cerita yang berkembang di masyarakat. Konon, pada zaman dulu ada seorang kakek yang kehilangan bebek peliharannya ketika digembalakan di Danau Batur. Tak disangka, bebek dengan tampilan yang sama, dijumpainya di Kolam Air Sanih.

Kolam Renang Alami Air Sanih Jadi Pilihan Tepat untuk Liburan Keluarga

Karena memiliki mitos awet jodoh, tak heran kalau banyak anak muda yang tengah kasmaran berkunjung ke kolam air alami ini. Di waktu yang sama, kolam ini juga memiliki daya tarik tak kalah menarik bagi wisatawan yang liburan bersama anggota keluarga.

baca juga: Puri Saron Baruna Beach Lovina, Hotel Tepi Pantai dengan Suguhan Pemandangan Memukau

Di area kolam renang alami ini, Anda bakal menemukan 2 area kolam alami yang memiliki fungsi berbeda. Satu kolam ditujukan untuk anak dengan kedalaman hanya sekitar paha orang dewasa. Sementara itu, kolam renang yang lain, secara khusus ditujukan untuk wisatawan dewasa dengan kedalaman mencapai 1,5 meter.

Sebagai tambahan, air yang berasal dari kolam alami ini juga menjadi air yang penting dalam upacara keagamaan umat Hindu Bali. Sumber air yang berada di bagian selatan kolam, kerap digunakan sebagai sarana untuk pemujaan Dewa Wisnu. Apalagi, tak jauh dari area kolam, Anda bisa menemukan pura yang secara khusus ditujukan untuk pemujaan Dewa Wisnu.

baca juga: Buda Bakery and Resto Singaraja, Pilihan Kuliner yang Enak Dekat Pantai Lovina Buleleng

Lokasi Kolam Renang Alami Air Sanih

Untuk menuju ke Yeh Sanih, caranya juga sangat mudah. Anda tinggal mengarahkan kendaraan menuju ke Pantai Lovina. Sesampainya di Pantai Lovina, Anda tinggal berjalan kaki untuk sampai ke kolam renang alami ini. Para wisatawan yang ingin berendam, juga tak perlu biaya yang mahal. Anda hanya perlu mengeluarkan uang sekitar Rp10 ribu per orang untuk bisa merasakan kesegaran berendam di kolam renang alami ini.

Dengan biaya yang murah, Anda bakal tak rugi ketika liburan ke sini.