Berbagai Macam Kopi Bali yang Khas


Bali tidak hanya dikenal luas karena keindahan alam dan keramahan penduduknya. Lebih dari itu, ada banyak sekali hal menarik di Pulau ini. Salah satunya adalah kopi Bali yang punya cita rasa khas. Lalu, apa saja jenis kopi khas Bali yang layak dicoba? Inilah pilihannya. 

Kopi Khas Bali yang Paling Banyak Dicari

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa kopi khas Bali sudah terkenal luas. Inilah beberapa macam kopi Bali yang paling banyak dicari: 

1. Kopi Kintamani 

Kopi khas Bali pertama yang banyak diminati adalah kopi Kintamani. Kopi khas Kintamani bali sudah terkenal di seluruh dunia seperti halnya keindahan alam yang dimiliki oleh Pulau Bali. Kintamani berasal dari kopi Arabika yang terkenal dengan rasa uniknya. Kopi ini juga menjadi kopi terbaik di Pulau Bali. 

Ketika mengonsumsi kopi ini berasa tidak memberatkan. Rasanya ringan dan bisa membuat siapa saja ketagihan. Apalagi jika sudah menghirup aroma uniknya. Kopi khas Kintamani memiliki tingkat keasaman yang sedang. Sehingga membuat kopi ini memiliki kualitas dan aroma yang kuat.

Bijinya tergolong besar yang dipetik secara hati-hati. Pengolahan yang tradisional membuat kopi kintamani terasa ringan dengan tingkat keasaman yang sedang dan beraroma buah. 

3. Kopi Kebon Kopi

Kopi Kintamani memiliki ciri khas rasa manis dan lembut, yang termasuk dalam varian kopi Arabika. Bertempat di Yogyakarta, Kebon Kopi merupakan tempat rumah sangrai kopi. Rumah kopi ini mengolah bermacam- macam jenis kopi dari berbagai daerah, termasuk kopi Kintamani. 

Rumah Kebon Kopi mengolah kopi mulai dari memasak (Roasting) sampai siap untuk dijual (Packaging). Sedangkan penanaman sampai tahap pencucian tetap dilakukan oleh petani masing-masing. Sehingga kesegaran kopi Bali Kintamani tetap terjaga. 

4. Kopi Wildberry

Jika ingin benar-benar mau menikmati kopi yang benar-benar fresh, bisa mencoba kopi Wildberry. Ternyata juga menyediakan kopi dari Bali, yaitu Kintamani. Wildberry hanya melayani pesanan saja. Jadi, ada pemesanan langsung dibuatkan dalam waktu 1×24 jam. Tanpa tersedia stok kopi. Sehingga terjamin kesegaran dan kualitasnya. 

Kopi pesanan biasanya tersedia dalam dua ukuran, yaitu 100 gram dan 200 gram. Kopi khas Kintamani juga tersedia dalam ukuran medium roast. Cara lain jika ingin menikmati kopi Wildberry adalah bisa memesannya melalui website resminya. 

4. Kopi Fry and Roast

Kopi Bali Kintamani memiliki rasa yang nikmat karena berasal dari kopi Arabika. Brand Fry and Roast menyediakan kopi khas Kintamani siap pakai yang berbentuk bubuk dalam kemasan 250 gram. Tidak sedikit yang menyukai rasa khas dari Kintamani ini. Rasanya yang manis buah dan aroma citrus menjadikan kopi ini berbeda dengan lainya. Coba sekali akan menjadikan pingin lagi dan lagi. Dijamin akan ketagihan rasanya. 

5. Kopi Ranin

Kopi Ranin ini berasal dari petani Sukerta di Desa Subak Kintamani Bali. Kopi Ranin dibuat dari kopi hibrida arabika alami. Memakai proses dry Huling. Biji kopi tersebut ditanam dalam ketinggian 1300 mdpl. 

Brand kopi Ranin memiliki singkatan tersendiri, yaitu Rakyat Tani Indonesia. Pelanggan bisa menikmati brand kopi ini di Rumah Kopi Ranin yang berada di Kota Bogor. Tepatnya di Jalan Kresna Raya nomor 46. Kedai tersebut memiliki ruang tersendiri untuk mengekspolari untuk merasakan berbagai macam kopi. 

Bukan hanya menjual kopi khas bali saja, namun ada pula menyediakan berbagai macam kopi dari berbagai daerah di Indonesia. Seperti kopi Wamena Papua, kopi Toraja Sulawesi, dan lain sebagainya. 

6. Kopi Sentra Kopi

Satu lagi Sentra Kopi yang sudah menyediakan kopi khas Kintamani. Bukan hanya kopi Bali saja, namun toko tersebut sudah menjadi distributor kopi dari berbagai daerah di seluruh Nusantara. Bukan hanya menjual kopi saja, Sentra Kopi juga menyediakan mesin kopi sampai berbagai macam aksesorisnya. 

Selain kopi Kintamani, ada pula kopi Bengkulu sampai kopi Toraja. Baik yang mentah maupun kopi yang sudah di roast. Tertarik untuk membelinya, segera datang di Sentra Kopi. 

Itulah 6 macam brand kopi Bali terutama berasal dari Kintamani yang bisa Anda coba. Dengan cita rasa khas dan uniknya, dijamin Anda bisa merasakan keunikan berbagai kopi ini dan menikmatinya. Jadi, saat berkunjung ke Bali jangan lupa untuk mencoba kopi-kopi ini ya! 


Like it? Share with your friends!

Jarot Triguritno
Jarot is a content writer at Kintamani. He keeps on pursuing opportunities to engage with more people through articles about travel

One Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *