Kopi Kintamani dari Bali, Kopi Unik dengan Campuran Rasa Jeruk yang Khas

Kopi Kintamani dari Bali

via Kopi Factory

Pulau Bali tidak hanya terkenal dengan wisata pantainya yang begitu indah.
Saat berkunjung ke pulau ini, Anda juga berkesempatan untuk menikmati kopi yang terkenal kelezatannya. Namanya, kopi kintamani dari Bali. Kopi ini
bahkan telah terkenal tidak hanya di kalangan pencinta kopi Indonesia,
tetapi juga telah mendunia.

Kopi Kintamani dari Bali 3 1024x682 » Kopi Kintamani dari Bali, Kopi Unik dengan Campuran Rasa Jeruk yang Khas

via Pexels/Georgi Petrov

Kopi ini disebut sebagai kopi kintamani dari Bali karena ditanam di kawasan
Kintamani. Kawasan ini sudah lama dikenal sebagai destinasi wisata populer,
dengan keberadaan Danau Batur yang cantik dan suasana pegunungan sejuk. Wilayah yang memiliki ketinggian sekitar 900 meter di atas permukaan laut (mdpl) tersebut, menjadi ekosistem yang begitu tepat untuk pengembangan kopi kintamani.

Apa Sih yang Membuat Kopi Kintamani dari Bali Begitu Spesial?

Kopi kintamani dari Bali sebenarnya tidak memiliki perbedaan dibandingkan dengan jenis kopi lain. Bahkan, kopi kintamani sebenarnya merupakan jenis kopi arabika. Oleh karena itu, kopi ini menjadi jenis minuman yang cocok untuk pencinta kopi dengan rasa yang ringan.

Kopi Kintamani dari Bali 2 » Kopi Kintamani dari Bali, Kopi Unik dengan Campuran Rasa Jeruk yang Khas

via Mongabay

Seperti diketahui, kopi arabika memiliki tingkat keasaman yang lebih rendah dibandingkan kopi robusta. Oleh karena itu, tidak heran kalau kopi arabika menjadi jenis kopi yang paling banyak disukai oleh masyarakat dunia. Bahkan, hampir 70 persen perdagangan kopi dunia didominasi oleh jenis kopi arabika.

Kembali lagi bicara terkait kopi kintamani dari Bali. Meski menjadi bagian dari jenis kopi arabika, tetapi kopi kintamani punya cita rasa yang begitu khas. Ciri khas yang tak dimiliki kopi arabika dan ada pada kopi kintamani adalah adanya tambahan rasa fruity di dalamnya.

Ketika Anda mencicipi minuman berkafeina ini, Anda akan menemukan rasa jeruk yang begitu unik. Rasa ini bukanlah tambahan yang dilakukan dengan membubuhkan zat kimia, melainkan terjadi secara alami. Rasa tersebut muncul karena sistem penanaman kopi kintamani yang ditempatkan bersebelahan dengan jeruk. Apalagi, perlu Anda ketahui, Kintamani dikenal sebagai daerah penghasil jeruk di Bali.

Cara Penyajian Terbaik Kopi Kintamani dari Bali

Kopi Kintamani dari Bali 1 » Kopi Kintamani dari Bali, Kopi Unik dengan Campuran Rasa Jeruk yang Khas

via Kopi Factory

Para penikmat kopi kintamani bisa memperoleh cita rasa terbaik dari jenis kopi ini dengan begitu mudah. Dibandingkan dengan jenis kopi lain, cara pemrosesan kopi kintamani memang terbilang jauh lebih sederhana. Anda pun tidak memerlukan peralatan mahal untuk bisa mencicipi rasa terbaiknya.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah memastikan bahwa proses roasting biji kopi dilakukan secara tradisional. Selanjutnya, ada 2 metode penyajian yang bisa Anda lakukan. Cara pertama adalah dengan membuat kopi tubruk. Cara ini begitu sederhana. Anda tinggal mencampurkan kopi, gula, serta air panas.

Cara kedua, Anda bisa menggunakan proses penyeduhan v60. Cara penyeduhan ini membuat kopi terlihat encer. Dengan begitu, rasa fruity yang ada pada kopi kintamani, bisa terasa lebih dominan di mulut.

Selain itu, ada tips penting yang bisa Anda perhatikan kalau ingin memperoleh kopi kintamani dengan rasa terbaik. Usahakan untuk memilih kopi lanang, kopi dengan satu biji. Kopi jenis ini, oleh masyarakat Bali, disebut sebagai biji kopi kintamani premium.

Nah, kalau cara pengolahannya tepat, maka Anda akan bisa memperoleh cita rasa kopi kintamani yang khas. Pada awalnya, kopi ini mungkin akan terasa pahit. Namun, tidak akan muncul rasa lengket di mulut dan tak membuat kerongkongan terasa kering. Selang beberapa waktu, mulut akan terasa manis. Itulah yang membuat banyak orang begitu menyukai kopi kintamani dari Bali. Termasuk Anda, kan?